Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruFungsi Saringan Udara pada Mobil atau Kendaraan Anda

Fungsi Saringan Udara pada Mobil atau Kendaraan Anda

Fungsi saringan udara pada mobil sangat penting Anda ketahui. Filter udara tersebut merupakan komponen yang melekat pada mesin, berfungsi melindungi masuknya udara kotor dan kemungkinan masuk ke ruang bakar. Sehingga udara yang masuk ruang pembakaran benar-benar bersih.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Mobil Tanpa Keluar Biaya Sedikitpun

Bagaimana jika tidak ada filter udara? Tentu sistem injeksi pada mobil akan tersumbat. Filter ini menjamin udara masuk untuk kelancaran kinerja dan usia panjang suatu mesin. Lalu apa fungsi filter udara ini secara menyeluruh? Simak penjelasan berikut.

Ketahui Fungsi Saringan Udara pada Mobil Anda

Filter udara ini berada di bagian atas mesin serta ditutup oleh rumah filter, sehingga terlindungi dan mencegah dari kebocoran. Filter ini menjadi hal yang sangat penting pada mobil. Fungsi lengkapnya adalah:

Menyaring Udara Masuk

Fungsi utama filter adalah menyaring udara. Tenaga mesin yang dihasilkan dibantu oleh udara. Sehingga kebersihan udara menjadi fokus utama filter.

Mulai dari debu, pasir, dan hal lainnya yang berdampak buruk bagi mesin akan disaring dan menempel pada filter tersebut. Sementara untuk tetap menjaga kinerja dari filter, perlu Anda lakukan perawatan sehingga filter dapat bekerja maksimal.

Mencegah Munculnya Kerak

Fungsi saringan udara pada mobil lain dari filter ini adalah mencegah munculnya kerak dari kotoran dalam udara maupun gerakan dari klep atau piston.

Kotoran maupun debu yang menumpuk akan mengeras. Jika dibiarkan, semakin lama akan sulit dibersihkan. Melakukan pembersihan secara rutin mampu memaksimalkan fungsinya dan terhindar dari kerak.

Menghindari Kemunculan Karat

Udara tidak sepenuhnya berisi debu dan kotoran, namun juga air. Kelembaban udara tersebut tidak boleh masuk ke dalam ruang pembakaran, karena berakibat adanya oksidasi pada mesin sekaligus memicu timbulnya karat.

Dengan adanya filter udara, maka kandungan air pada udara akan menjadi kering sehingga mencegah karat. Jika sampai terjadi karat, maka akan berbahaya bagi mesin.

Menjaga Agar Ruang Bakar Tetap Bersih

Fungsi saringan udara pada mobil untuk menjaga ruang bakar agar tetap bersih. Ruang bakar merupakan bagian sulit bersih, baik kita sendiri maupun teknisi. Maka dari itu, kualitas udara yang masuk harus terjamin kebersihannya.

Jika tidak, ruang bakar akan terganggu prosesnya dan tidak maksimal. Kualitas bahan bakar menjadi menurun. Tak hanya itu, filter ini membantu teknis lainnya.

Baca Juga : Cara Cek Kompresi Mesin Diesel, Mempengaruhi Proses Kerjanya

Apabila udara tersaring dengan baik, maka teknis lainnya juga tidak akan tersumbat. Terutama di berbagai bagian mesin. Apabila terjadi sumbatan, maka biaya perbaikan akan begitu mahal nantinya.

Menjaga Kualitas Mobil

Selanjutnya fungsi saringan udara pada mobil mampu menjaga kualitas kendaraan agar lebih tahan lama dan awet. Terutama jika Anda rutin melakukan perawatan, maka komponen mobil akan lebih terjaga dan kondisinya bagus.

Komponen yang terjaga juga akan menjaga kualitas komponen lainnya semakin baik. Penyaring udara memfilter partikel hingga yang paling terkecil, sehingga tidak masuk ke bagian lainnya.

Kapan waktu pembersihannya? Tentu bisa dilakukan kapan saja, namun sangat dianjurkan membersihkannya di musim kemarau. Musim ini memungkinkan jumlah debu dan kotoran terlalu banyak.

Performa Ruang Mesin Meningkat

Selain fungsi saringan udara pada mobil di atas, filter udara mampu menjaga performa ruang mesin. Sehingga performanya semakin meningkat.

Ruang mesin menjadi penting untuk kendaraan. Jika terjaga dan terawat dengan baik, maka saat Anda berkendara akan merasakan nyaman. Hal ini karena mesin kendaraan dalam kondisi yang baik dan bersih.

Karena ruang mesin yang kotor, maka mesin tidak menghasilkan tenaga maksimal. Lakukan pengecekan sesering mungkin untuk melakukan perawatan terbaik untuk mesin Anda.

Selain itu, juga menjaga komponen lainnya agar tidak mengalami kerusakan. Fungsi saringan udara pada mobil membuat semua bagian mobil akan terlindungi jika penyaring bekerja maksimal.

Anda perlu melakukan pembersihan pada filter udara tersebut dengan menyemprotkan kompresor ke dalamnya. Hal ini dilakukan jika kotorannya tidak terlalu banyak.

Namun jika debu sudah menumpuk, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru. Takutnya jika tidak Anda ganti, justru membuat kerusakan pada komponen lainnya.

Fungsi saringan udara pada mobil ini sangat mendukung performa mesin. Maka dari itu, Anda harus selalu melakukan pengecekan untuk menjaga kualitas filter udara ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img