Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruHapus Cache WhatsApp di Android Praktis, Kinerja Ponsel Lebih Lancar

Hapus Cache WhatsApp di Android Praktis, Kinerja Ponsel Lebih Lancar

Hapus cache WhatsApp di Android merupakan hal penting yang harus kita lakukan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh ruang pada perangkat Android yang digunakan.

Setiap penggunaan aplikasi tentu menggunakan browser yang menghasilkan cache. Cache merupakan cara browser atau aplikasi dalam menyimpan informasi pada perangkat HP.

Masing-masing aplikasi tentu mempunyai file cache sendiri yang memerlukan ruang penyimpanan, ini juga berlaku pada aplikasi WhatsApp. Dengan akumulasi cache yang semakin banyak, akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat.

Baca Juga : Akun WhatsApp Diblokir Sementara, Simak Alasan dan Cara Mengatasi

Oleh karena itu, agar kinerja ponsel tidak lambat, sebaiknya file sampah yang menumpuk kita hapus secara berkala. Ini bertujuan agar memori internal menjadi lebih leluasa untuk menerima data.

Cara Hapus Cache WhatsApp di Android

WhatsApp pada umumnya dapat mengambil sebagian besar cache seiring berjalannya waktu. Seperti menyimpan informasi teks, video, foto, atau jenis file lainnya, baik dalam format PDF maupun dokumen besar lainnya.

Hal lain yang perlu Anda ingat mengenai grup WhatsApp. Dengan banyaknya grup WhatsApp, akan menyebabkan ponsel lebih banyak menerima serta menyimpan berbagai jenis file yang akan mempengaruhi memori internal HP.

Penyimpanan internal ponsel yang penuh, akan mengakibatkan ponsel tidak dapat lagi menerima tambahan data eksternal. Dengan demikian, perlu kita lakukan beberapa penghapusan pada file-file sampah supaya penyimpanan internal ponsel dapat sedikit bertambah.

Sebelum melakukan penghapusan cache WhatsApp, sebaiknya Anda melakukan update terlebih dahulu pada aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di Play Store.

Baca Juga : Transfer Chat WhatsApp iPhone ke Android, Ini Caranya

Hal ini bertujuan supaya kinerja aplikasi tersebut dapat lebih maksimal. Berikut ini cara hapus cache WhatsApp di Android yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Membersihkan Cache Langsung dari Pengaturan WhatsApp

Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp pada perangkat Android
  2. Lalu ketuk ikon tiga titik yang terdapat di sudut kanan atas
  3. Cara hapus cache WhatsApp di Android selanjutnya adalah dengan ketuk opsi “Pengaturan”
  4. Kemudian pilih serta ketuk opsi “Penyimpanan dan Data”
  5. Pada bagian paling atas terdapat menu “Kelola Penyimpanan”, kemudian klik. Dalam menu awal “Kelola Penyimpanan” akan Anda temukan sejumlah cache data. Selanjutnya Anda akan menemukan kolom batang berwarna kuning dan hijau dengan deskripsi arti warna.
  6. Pada bagian bawah kolom bar, Anda akan menemukan daftar kontak WhatsApp. Lalu pilih kontak dengan kapasitas memori besar, bisa group atau pribadi. Pada sebelah kanan nama kontak terdapat nominal nomor memori. Dalam opsi ini, Anda akan menemukan GIF, foto, serta pesan suara yang dapat menghabiskan ruang. Selanjutnya pilih file mana yang akan Anda hapus.
  7. Apabila Anda ingin hapus cache WhatsApp di Android secara keseluruhan, maka pilih opsi “Select All” dengan ikon kotak pada sudut kanan atas.
  8. Setelah proses penghapusan Anda lakukan, maka akan terlihat penurunan jumlah cache pada kolom bar. Cara cepat lainnya, Anda bisa menggunakan dua opsi menu pada bawah kolom bar. Menu tersebut hanya menampilkan file besar.

Langkah Hapus Cache WhatsApp di Android Melalui Pengaturan Ponsel

Cara ini mungkin akan sedikit berbeda pada masing-masing tipe ponsel Android yang sesuai dengan tipe atau versi sistem operasinya.

Baca Juga : Fitur Flash Call WhatsApp, Simak Cara Kerja dan Fungsinya

Akan tetapi secara umum, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan pun tidak jauh berbeda. Berikut cara hapus cache WhatsApp di Android melalui pengaturan ponsel, antara lain:

  1. Langkah pertama, buka menu pengaturan ponsel
  2. Selanjutnya scroll atau gulir sampai bagian bawah, hingga Anda temukan opsi “Aplikasi”. Lalu ketuk opsi tersebut.
  3. Berikutnya, temukan aplikasi WhatsApp dan ketuk
  4. Kemudian ketuk opsi “Penyimpanan” dan ketuk opsi “Hapus Memori”. Dengan demikian, cache pada aplikasi WhatsApp telah berhasil Anda hapus.

Penting untuk Anda ketahui, dalam menghapus cache WhatsApp melalui menu pengaturan ponsel, jangan pilih opsi “Hapus Data”. Hal ini karena opsi tersebut dapat menghapus akun serta keseluruhan pesan yang terdapat di aplikasi WhatsApp.

Demikianlah beberapa cara hapus cache WhatsApp di Android yang dapat Anda lakukan. Dengan demikian, file sampah pun akan terhapus, memori internal lebih lega, dan kinerja Android pun lebih lancar. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img