Harga Jual Daun Cariang di Pengepul Lumbung Ciamis Rendah

Daun Cariang
Harga jual daun cariang di tingkat pengepul tak kunjung naik di tengah banyaknya permintaan. Foto: Edji Darsono/HR.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Harga jual daun cariang di tingkat pengepul tak kunjung naik di tengah banyaknya permintaan. Untuk satu kilogramnya hanya tembus di angka 1.000 rupiah.

Rendahnya harga jual daun dari tanaman sejenis talas ini dikeluhkan Deni, pencari daun cariang asal Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Permintaan daun Cariang sejak satu bulan terakhir ini terus meningkat. Namun, entah apa sebabnya banyak permintaan tapi tidak dengan naiknya harga jual. Para pengepul tetap mematok harga 1.000 rupiah per kilogramnya,” tutur Deni, kepada HR Online, Rabu (08/09/2021).

Ia menduga, para pengepul mematok harga sebesar itu mungkin alasannya karena daun cariang bisa didapatkannya secara gratis.

“Ya, memang bisa mendapatkannya secara gratis. Tapi untuk mendapatkan 50 sampai 100 kilogram harus ngabolang masuk hutan, atau mencari keluar wilayah kecamatan,” ujar Deni.

Tanaman jenis talas ini banyak tumbuh di kebun dan hutan. Saat ini daun cariang sudah menjadi komoditas ekspor karena memiliki banyak manfaat.

Selain sebagai penambah stamina, juga dapat membersihkan racun dalam tubuh, dan sebagai obat pegal linu. Bahkan, daun cariang menjadi bahan tembakau serta bahan baku minuman herbal.

“Memang betul, banyak yang membutuhkan dan memiliki nilai ekonomi. Namun harga jual daun cariang tidak kunjung naik,” pungkas Deni. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva