Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruHikmah Membaca Istighfar, Peluang untuk Menjadi Penghuni Surga

Hikmah Membaca Istighfar, Peluang untuk Menjadi Penghuni Surga

Hikmah membaca istighfar ternyata sangat banyak. Istighfar sendiri, merupakan ucapan yang sangat ringan. Akan tetapi, masih banyak dari kita yang enggan untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, dalam kehidupan sehari-hari, sebagai seorang muslim kita itu dianjurkan untuk membaca istighfar. 

Ada banyak keutamaan yang bakalan kita dapatkan, apabila mampu membacanya. Istighfar atau membaca Astaghfirullah, merupakan salah satu bentuk untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, atas apa yang sudah kita perbuat. 

Hal yang demikian itu juga, adalah sebuah anjuran dan penting dalam ajaran Islam. Perlu Anda ketahui, bahwasanya kosa kata itu adalah bagian dari suatu bahasa. Akan tetapi, apabila kita mencoba mengenal, kosa kata tersebut, sama dengan halnya mengenal makhluk hidup.

Salah satunya adalah adanya kalimat Istighfar. Biasanya kalimat ini, kita ucapkan ketika melakukan suatu kesalahan. Padahal mempunyai makna yang sangat istimewa. Hanya saja, kita kurang begitu jeli dalam memaknainya. 

Astaghfirullah sendiri juga mempunyai arti “aku mohon ampun kepadamu ya Allah”. Untuk membaca kalimat tersebut, tidak ada batasan atau anjuran waktu terbaiknya. Akan tetapi, kapanpun kita mau, kita boleh membacanya.

baca juga: Hikmah Kisah Bilal Bin Rabbah, Budak yang Teguh Memegang Akidah

Beberapa Hikmah Membaca Istighfar dalam Ajaran Islam

Apa saja hikmah dari membaca istighfar yang akan kita dapatkan? Apakah pengetahuan penting tersebut sudah menjadi salah satu bagian dari diri Anda? Nah, untuk Anda yang belum mengetahui apa saja hikmahnya, perlu menyimak informasi berikut ini.

Menjadi Orang yang Allah Cintai

Untuk hikmah membaca istighfar yang pertama adalah kita akan menjadi hamba yang paling Allah SWT cintai.

Mengapa demikian? Karena membaca istighfar juga berarti kita bertobat kepada Allah SWT. Sedangkan, Allah sendiri juga mencintai orang-orang yang berbuat tobat.

Hal yang demikian ini, juga berdasarkan firman Allah SWT Surat Al-Baqarah ayat 222.

Sudah jelas bukan? Sehingga, dengan adanya dalil tersebut tidak ada lagi alasan untuk kita menunda-nunda untuk bertobat kepada Allah SWT. Jangan sampai kita menunda tobat, karena berpikiran kita akan masih hidup esok hari. Sungguh, semua itu hanya Allah SWT yang mengetahuinya.

baca juga: Hikmah Puasa Ramadhan Perlu Anda Ketahui Berdasarkan Ajaran Islam

Menghapus Dosa

Berbicara tentang dosa, semua orang pasti mempunyai. Bahkan bisa juga dikatakan, kita itu tidak akan luput dari kesalahan.

Namun, ada hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal tersebut. Caranya adalah kita beristighfar kepada Allah.

Maka hikmah membaca istighfar yang akan kita dapatkan adalah Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita tersebut.

Membaca istighfar tersebut, juga merupakan cara kita untuk bertobat kepada Allah dan memohon ampunan-Nya atas apa yang sudah kita perbuat.

Dalam hadits riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW bersabda, “Allah sudah berkata”, Wahai para hambaku, sudah pasti setiap hari kalian itu berdosa, kecuali mereka yang Aku jaga. Oleh sebab itu, beristighfarlah kalian kepada Ku. Maka, kalian akan Ku ampuni. Siapapun yang yakin, bahwa Aku itu mempunyai kemampuan untuk mengampuni perbuatan dosa, maka akan Ku ampuni meskipun dosanya itu banyak.

Sungguh Allah itu Maha Baik, bukan? Tidak peduli seberapa banyak dosa yang hambanya miliki, akan tetapi siapa saja yang yakin, Allah akan menghapuskan dosanya. Dosa tersebut akan diampuni, tak peduli seberapa banyaknya.

baca juga: Hikmah Perang Badar Mengajarkan Bahwa Usaha Tanpa Doa Itu Mustahil

Balasan Menjadi Penghuni Surga

Siapa yang tidak mau mendapatkan balasan berupa, menjadi penghuni surga Allah? Rasanya tidak ada. Bahkan mereka yang muslim tidak memikirkan kehidupan akhirat pun, meminta untuk menjadi penghuni surga.

Salah satu cara supaya kita bisa mendapatkan surga tersebut adalah, dengan cara melakukan amal kebaikan. Akan tetapi, meskipun kita melakukan amal buruk, kita juga bisa menjadi penghuni surga tersebut. 

Bagaimana caranya? Mudah sekali, ketika kita sudah berbuat dosa atau kekhilafan, kemudian mengingat Allah dan memohon ampunan kepada-Nya. Dosa kita akan Allah ampuni, dan kita juga akan mendapatkan pahala yang berupa surga.

Hal yang demikian ini juga berdasarkan firman Allah SWT yang terdapat dalam Al-Quran surat Ali-Imran ayat 135 sampai dengan 136.

Nah, mari bersama kita terus memperbaiki diri untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi. Sehingga kita mampu mendapatkan hikmah membaca istighfar tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img