HP NitroPhone 1 Diklaim Sebagai Smartphone Teraman di Dunia

HP NitroPhone 1 Diklaim Sebagai Smartphone Teraman di Dunia
HP NitroPhone 1. Foto : nitrokey

HP NitroPhone 1 saat ini diklaim sebagai smartphone yang paling aman se dunia. pihak perusahaan menyebutkan, bahwa NitroPhone 1 tersebut bisa menjaga keamanan data pengguna, seperti dari serangan hacker maupun cyber.

Ponsel pintar NitroPhone merupakan besutan dari Nitrokey asal Jerman. Perusahaan tersebut bergerak dalam bidang perangkat keras atau hardware keamanan open source.

Sebelumnya, Nitrokey adalah perusahaan yang terkenal dengan produk gadget seperti komputer PC maupun laptop yang super aman.

Baca Juga : iQOO 8 New Photochromic Orange, Tawarkan Tampilan Desain Unik

Sekarang ini, Nitrokey mencoba untuk mengembangkan sayap dengan membuat smartphone. Dan yang pertama keluar adalah HP NitroPhone 1.

Bahkan sebelumnya juga, perusahaan asal Jerman ini terkenal dengan produk USB sticks yang sangat aman karena sudah terenkripsi atau sejenisnya.

Spesifikasi HP NitroPhone 1

Sebenarnya, smartphone ini adalah besutan Google yakni seri Pixel 4a. Namun, Nitrokey memodifikasinya dengan memasang sistem keamanan yang super canggih pada perangkat tersebut.

Seperti pada sistem operasi atau OS serta UI yang menukarnya dari Android ke Graphene OS. Itulah yang bikin ponsel pintar ini terkenal dengan keamanannya yang super ketat.

Sebagai informasi, bahwa GrapheneOS merupakan sebuah Android fork. Jadi, walaupun memakai ekosistem Android, namun sistem operasi tersebut tidak terpasang GSM atau Google Mobile Services (GMS) atau integrasi cloud.

Sehingga, dengan tidak adanya GMS tersebut, itulah yang membuat HP NitroPhone 1 ini menjadi smartphone yang sangat menjaga privasi penggunanya. Meskipun pengguna yang ingin memasangnya masih bisa.

Selain itu, Nitrokey mengklaim bahwa ponsel besutannya tersebut bisa memberikan perlindungan dari pelacak.

Hal tersebut karena pada NitroPhone 1 tidak dapat mengakses nomor seri SIM card, IMEI, ID pelanggan, nomor seri perangkat, alamat MAC atau lainnya.

Bukan hanya itu, HP NitroPhone 1 ini juga mempunyai pilihan guna menghilangkan headset maupun mikrofon dengan default. Tujuannya, supaya pengguna tidak dapat terkoneksi untuk melakukan komunikasi suara.

Ponsel pintar ini juga sudah terpasang sistem enkripsi dengan pengacakan PIN. Sehingga, bisa memungkinkan pengguna untuk memasukkan PIN saat berada di depan umum tanpa diawasi.

Hardware NitroPhone 1

Sementara untuk bagian hardware atau perangkat keras, HP NitroPhone 1 ini menggunakan dapur pacu dengan chipset Snapdragon 730G Octa-core besutan Qualcomm.

Baca Juga : Kelebihan Samsung Galaxy A03s yang Harganya Sejutaan

Sedangkan sebagai pendukung performa, ponsel pintar ini sudah terpasang RAM sebesar 6 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Memori tersebut sama halnya yang ada pada smartphone Google Pixel 4a.

Pada bagian kameranya, untuk sektor belakang memakai teknologi dual pixel dengan resolusi 12,2 MP.

Layarnya sendiri berukuran 5,81 inci atau 147,6 mm, dengan panel OLED dan resolusi sudah Full HD Plus, serta terdapat punch-hole untuk tempat kamera depan.

Sementara ukuran secara keseluruhan, 144 x 69,4 x 8,2 mm dan bobotnya adalah 143 gram. Kemudian, untuk konektivitas menggunakan Wi-Fi 802 11, Bluetooth, port USB-C dan juga tersedia fitur NFC.

HP NitroPhone 1 juga masih terpasang 3,5 mm audio jack. Sedangkan untuk sistem sensor keamanan menggunakan pemindai fingerprint atau sidik jari.

Jika melihat dari spesifikasi tersebut, memang NitroPhone 1 ini mumpuni. Namun, Nitrokey sengaja memfokuskannya untuk para pengguna yang memang membutuhkan privasi.

Jadi, selain performa yang ngebut namun juga sisi keamanan tidak mereka hilangkan. Sehingga, NitroPhone 1 ini sangat cocok untuk Anda memiliki kerja yang sering membuat data rahasia.

Sementara untuk harganya sendiri, HP NitroPhone 1 ini berbanderol 549 Euro, sekitar kurang lebih Rp 9,2 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto