HP Realme Q5 Muncul di TENAA, Akan Hadir dengan Dimensity 1200

HP Realme Q5
Ilustrasi HP Realme Q5. Foto: Ist/Net

HP Realme Q5 sepertinya tengah dipersiapkan perusahaan saat ini. Belum lama ini, sebuah perangkat misterius dari Realme dengan nomor model RMX3357 telah memperoleh sertifikasi dari otoritas TENAA China.

Seperti biasa, dalam daftar sertifikasi tersebut telah mengungkapkan desain serta spesifikasi utama dari smartphone tersebut. Seorang leaker China mengungkapkan bahwa nampak pada gambar yang ada diklaim perangkat tersebut merupakan ponsel seri Realme Q5.

Baca Juga : HP Realme 9 Pro Diisukan Segera Rilis, Bawa SoC Snapdargon 750G?

Selain itu, gambar ponsel mengungkapkan bahwa perangkat mempunyai lubang yang tersemat pada sudut kiri atas. Keterangan rahasia tersebut juga mengklaim bahwa perangkat tersebut akan membawa dukungan kecepatan refresh 90 Hz/120Hz.

Spesifikasi HP Realme Q5

Realme sebagai salah satu vendor teknologi ternama di dunia selalu menjanjikan berbagai kejutan dari berbagai produk terbarunya.

Pada tahun 2021 ini Realme berusaha mewujudkan ambisi mereka untuk menjadi merek ponsel serba pertama yang menghadirkan sejumlah teknologi futuristik guna mempertahankan kepemimpinan teknologi.

Ini mereka buktikan dengan menghadirkan berbagai rancangan produk yang sangat luar biasa. Di tahun 2021 telah banyak hadir produk Realme yang siap memanjakan para penggemarnya.

Salah satunya yang kemungkinan akan segera rilis dalam beberapa waktu mendatang adalah Realme 5Q. Pasalnya, perangkat ini telah muncul dalam daftar sertifikasi TENAA di China dengan berbagai ungkapan spesifikasi.

Berikut beberapa ungkapan spesifikasi Realme Q5 yang dapat Anda simak secara lebih rinci.

Desain dan Tampilan Layar

Berdasarkan daftar sertifikasi TENAA telah terungkap bahwa Realme RMX3357 akan hadir dengan ukuran 159 x 73 x 8,4 mm serta bobot sekitar 186 gram.

Smartphone ini akan mengusung layar OLED berukuran 6,43 inch yang menawarkan resolusi Full HD+ 1080 x 2400 piksel dengan kerapatan layar 405 ppi.

Dengan demikian, pengguna akan memperoleh pengalaman menonton yang sangat imersif ketika bermain game atau menonton video. Pada gambar bagian depan mengungkapkan bahwa HP Realme Q5 akan mempunyai lubang punch yang akan tersemat pada pojok atau sudut kiri atas.

Baca Juga : HP Realme C11 2021, Ponsel Rp 1 Jutaan dengan Baterai Besar

Dalam keterangang rahasia tersebut mengklaim bahwa layar tersebut akan memperoleh dukungan kecepatan refresh antara 90 Hz atau 120 Hz. Selanjutnya, para pengguna akan memperoleh tampilan penuh layar penuh yang mampu menghasilkan hampir 84% rasio layar ke tubuh.

Performa HP Realme Q5

Smartphone ini disebut-sebut akan mengusung RAM 6GB dengan penyimpanan internal 128GB. Hal ini tentunya sangat mendukung dalam penyimpanan berbagai jenis file. Seperti lagu, game, video, foto dan masih banyak lagi.

Selain itu, Realme Q5 kabarnya akan memperoleh dukungan tenaga Dimensity 1200 atau paling tidak  prosesor Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) yang tentunya memberikan kinerja yang lebih lancar dan cepat. Anda pun dapat mengakses beberapa aplikasi serta memainkan game grafis secara lebih intens tanpa adanya lag.

Sektor Fotografi

Untuk dukungan optik, HP Realme Q5 sepertinya akan hadir dengan quad camera belakang yang terdiri dari 64 MP kamera utama dengan dukungan perekaman 4k serta bukaan f/1.8.

Dukungan 3 kamera lain antara lain kamera ultra lebar 8MP dengan kamera makro dan sensor kedalaman masing-masing mempunyai resolusi yang sama yakni 2MP.

Dalam sensor kedalaman juga akan memperoleh kelengkapan fitur fokus otomatis. Fitur pengaturan pada kamera belakang kemungkinan terdiri dari Zoom Digital, Flash Otomatis, Deteksi Wajah, dan Sentuh untuk fokus.

Baca Juga : Realme GT Master Edition Segera Hadir di Indonesia

Sedangkan pada bagian depannya terdapat pengaturan kamera selfie 16 MP yang akan tersemat dalam takik layar. Kemampuan video yang dimiliki oleh kamera selfie ini adalah 1080p@30fps.

Baterai dan Konektivitas

HP Realme Q5 akan berjalan dalam sistem operasi Android 11 dengan GPU Adreno 620. Selanjutnya perangkat ini akan mengemas baterai jenis Li-Po non removable dengan kapasitas 4.400 mAh.

Baterai tersebut kemungkinan juga akan memperoleh kelengkapan fitur Fast Charging 65W di luar kotak. Untuk dukungan konektivitasnya, smartphone ini mempunyai slot kartu nano-SIM ganda.

Hal ini berarti bahwa HP Realme Q5 akan mendukung 2G/3G/4G/5G. VoLTE. Terdapat pula dukungan konektivitas lainnya yang berupa Wi-Fi, Bluetooth 5.2, jack audio 3.5mm, dan port pengisian USB Type-C.

Terdapat pula beberapa sensor yang akan tersemat dalam perangkat yakni Accelerometer, Gyro, Proximity, dan Compass. Sedangkan sensor sidik jari akan berada di bawah layar ponsel.

Kemungkinan HP Realme Q5 akan debut perdana di India dengan kisaran harga Rs 29.412. Smartphone ini akan hadir dalam dua pilihan warna yakni hitam dan silver. Harapannya produk terbaru Realme ini akan segera datang ke pasar global. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto