Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruHP Samsung Galaxy A73 Rumornya Akan Bawa Kamera Utama 108MP

HP Samsung Galaxy A73 Rumornya Akan Bawa Kamera Utama 108MP

HP Samsung Galaxy A73 sepertinya akan menjadi produk istimewa yang akan hadir di tahun 2022 mendatang. Pasalnya, perangkat ini dikabarkan akan mengusung kamera utama yang super canggih, dengan kelengkapan resolusi hingga 108MP dengan optical image stabilization (OIS). Kabar mengejutkan ini diperoleh dari laporan outlet berita Korea Selatan, The Elec.

Seperti yang kita ketahui, dengan tidak adanya seri Galaxy Note, Samsung Galaxy S berhasil menempati perangkat mainstream premium dari perusahaan.

Baca Juga : Galaxy A52s 5G Besutan Samsung Jadi Official Ajang PPE dan MLP 2021

Akan tetapi, dengan hadirnya bocoran dari A73 dalam beberapa waktu terakhir, kedudukan dari Galaxy S tersebut kemungkinan akan terancam. Lalu apa saja keistimewaan dari Galaxy A73 ini?

HP Samsung Galaxy A73 dengan Kamera Utama 108MP

Sepertinya, smartphone dengan kamera beresolusi tinggi akan menjadi tren untuk masa yang akan datang. Jika ponsel pertama yang mengusung kamera utama 108MP adalah Xiaomi Mi Note 10. Perangkat ini merupakan penawaran kelas menengah atas yang resmi meluncur pada November 2019 lalu.

Sejak saat itu, Xiaomi telah memperluas sensor 108MP ke berbagai pilihan produknya. Pada perusahaan Samsung, sejauh ini hanya menggunakan resolusi tersebut untuk penawaran terbaiknya pada lini Note dan S.

Akan tetapi hal tersebut kemungkinan besar akan berubah dalam beberapa waktu mendatang. Hal ini dengan beredarnya rumor baru dari vendor ternama Korea tersebut yang mengklaim bahwa HP Samsung Galaxy A73 yang akan datang akan mengusung kamera utama dengan resolusi 108MP.

Galaxy A73 akan menjadi produk mid range dari Samsung yang mengusung kamera utama 108MP yang berpotensi dapat bersaing dengan produk unggulan Xiaomi lainnya.

Rumor Penerapan Sensor 108 MP HP Samsung Galaxy A73

Rumor terkait penggunaan sensor 108 MP yang akan tersemat pada kamera utama Samsung Galaxy A73 juga diperkuat dari sebuah Tweet dari keterangan rahasia @GaryeonHan.

Seperti yang kita ketahui, sebelumnya Samsung telah menerapkan sensor 108MP pada Galaxy S20 Ultra serta Galaxy S21 Ultra. Akan tetapi hingga saat ini belum diketahui secara pasti, apakah Samsung akan menggunakan sensor yang sama pada Galaxy A73.

Belum dapat kita pastikan sensor apa yang akan tersemat pada HP Samsung Galaxy A73. Pasalnya, hingga saat ini Samsung menawarkan beberapa pilihan sensor, mulai dari HMX, HM1, HM2 serta HM3.

Baca Juga : Smartphone Samsung Galaxy A52s 5G Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Sedangkan HM2 merupakan sensor mid-range, dan kemungkinan sensor inilah yang akan tersemat pada Galaxy A73. Perlu Anda ketahui, HM2 adalah pemain yang solid, dan perusahaan pun berharap perangkat lunak Samsung akan memperoleh dukungan terbaik dari sensor tersebut. Terutama dengan adanya penambahan OIS di dalamnya.

Selain itu, Samsung telah menerapkan sensor ISOCELL HM3 pada Galaxy S21 Ultra. Perangkat ini muncul dengan sensor 1/1.33 inch dengan piksel berukuran 0,8 nanometer.

Terdapat laporan lain yang menyatakan bahwa Galaxy S22 Ultra yang akan datang akan memperoleh sensor 108 MP dengan pembaharuan pada kamera belakang.

Disebutkan jika sensor akan memperoleh pembaharuan serta akan dipoles demi mengoptimalkan perangkat lunak ketimbang perubahan pada perangkat keras.

Seperti yang telah kita ulas sebelumnya bahwa situs publikasi Negara Korea Selatan, yakni The Elec yang melaporkan jika Samsung akan menambah OIS pada semua jajaran A-series pada tahun 2022.

Spesifikasi Lain HP Samsung Galaxy A73

Melansir dari laporan Gizmochina, Galaxy A73 kemungkinan akan mengusung panel layar AMOLED dengan kecepatan refresh rate yang lebih tinggi dari pendahulunya yakni A72.

Bahkan perangkat ini kemungkinan akan mengantongi sertifikat IP67 yang tahan debu dan air atau water and dust resistance. Sedangkan untuk performanya, Galaxy A73 akan memperoleh bekalan chipset Snapdragon 7-series yang akan terpasang dengan RAM 8GB dan juga memori internal 128GB.

Untuk dukungan dayanya, kemungkinan perangkat ini akan mengemas baterai berkapasitas 4500 mAh. Serta dukungan konektivitas yang terdiri dari WiFi, Bluetooth, Ultrasound, dan 5G, 4G, 3G, 2G. Terdapat pula beberapa pilihan sensor yang mencakup accelerometer, gyro, proximity, compass, dan modul ANT+.

Untuk sistem operasinya, smartphone ini kemungkinan akan menggunakan One UI 4.0 serta Android 12. Belum dapat kita pastikan harga dan waktu peluncuran dari HP Samsung Galaxy A73. Semoga saja perangkat ini akan segera hadir di pasar global dalam waktu dekat ini. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img