Jenis Bisnis Makanan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

jenis bisnis makanan yang menjanjikan
Ini dia jenis bisnis makanan yang menjanjikan. Foto: ist/Net

Jenis bisnis makanan yang menjanjikan menjadi buruan banyak pelaku usaha. Namun jika Anda hanya memiliki modal kecil tentunya perlu riset dan perencanaan yang baik agar hasilnya lebih optimal. Lantas apa saja jenisnya?

Bisnis kuliner atau  makanan termasuk salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Makanan tentunya menjadi kebutuhan semua orang. Sehingga Anda tak perlu menargetkan segmen pasar karena semua kalangan bisa Anda sasar.

Usaha kuliner sangat cocok utamanya untuk mereka yang jago masak. Namun bisnis makanan tentunya tidak hanya untuk orang yang pandai memasak saja.

Jika Anda sudah punya keahlian atau skill memasak, itu artinya untuk memulai jenis bisnis makanan ini Anda tidak perlu bingung mencari koki atau juru masak. Anda sudah bisa melakukan semuanya sendiri agar usaha bisa segera bisa Anda jalankan.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan, Usaha Modal 1 Jutaan yang Mudah dan Menjanjikan

Ragam Jenis Bisnis Makanan yang Menjanjikan

Memilih jenis makanan tertentu untuk usaha tidak bisa sembarangan. Selain mengenal jenis makanannya, Anda juga perlu modal yang tidak sedikit.

Nah, berikut kami berikan ide dari berbagai jenis bisnis makanan yang menjanjikan yang layak Anda coba. Soal modal tak perlu khawatir karena memulai bisnis ini hanya perlu modal kecil saja.

Martabak

Martabak termasuk jenis makanan yang layak menjadi santapan pada berbagai situasi dan kondisi. Camilan yang lezat kita makan ketika hangat ini bahkan menjadi salah satu camilan mengenyangkan yang sering orang cari pada malam hari.

Makanan ini juga cocok kita jadikan teman bersantai yang sangat menyenangkan. Anda yang memiliki keahlian membuat martabak, bisa mulai menjual jenis makanan ini.

Namun agar tidak lekang termakan waktu, Anda dapat mulai berinovasi dengan martabak aneka topping. Seperti dengan membuat martabak green tea, ovomaltine, nutella dan sebagainya.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan Sarapan untuk Orang Sibuk dan Tak Butuh Ribet

Aneka Jenis Keripik

Jenis bisnis makanan yang menjanjikan selanjutnya adalah menjual aneka jenis keripik. Anda bahkan hanya perlu modal kecil untuk menjalankan usaha ini.

Berbagai jenis bahan baku bisa Anda jadikan sebagai keripik. Mulai dari singkong, ketela atau berbagai jenis buah, seperti salak, durian, nangka, pisang dan sebagainya.

Bahkan bahan makanan utama berkarbohidrat seperti tempe juga bisa kita olah menjadi keripik.

Namun agar lebih menarik, Anda bisa menjual keripik dengan berbagai varian rasa. Anda juga perlu inovasi baru seperti misalkan menjual keripik pisang dengan varian coklat, keju, madu, dan sebagainya.

Selain itu pastikan Anda menjual keripik dengan kemasan yang menarik. INi sangat penting agar lebih memudahkan Anda menarik pelanggan lebih banyak lagi.

Kebab

Jenis bisnis makanan yang menjanjikan lainnya adalah kebab. Meski bukan termasuk makanan khas Indonesia, akan tetapi eksistensi kebab sampai saat ini masih menjadi salah satu makanan yang memikat hati masyarakat Indonesia.

Makanan khas Turki ini umumnya memiliki aneka varian isian pada bagian dalamnya. Seperti daging, tortilla, sayuran dan saus. Makanan ini juga menjadi kesukaan berbagai kalangan dan usia.

Mulai orang dewasa sampai anak-anak sangat menyukainya. Terlebih kebab juga sama halnya seperti martabak termasuk salah satu jenis makanan yang mengenyangkan.

Sehingga banyak orang yang berburu makanan ini pada malam hari atau ketika orang ingin makan malam tapi malas masak.

Menguntungkannya lagi, tidak hanya menjual kebab matang, Anda juga sudah bisa menjual kebab frozen. Sehingga bisa Anda kirim keluar kota dan tahan lama. Sehingga target market yang Anda sasar akan semakin besar dan luas.

Nasi Bakar

Cita rasa yang lezat dan harga yang murah menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang suka nasi bakar. Anda yang memiliki keahlian membuat nasi bakar bisa menjalankan jenis bisnis makanan yang menjanjikan yang satu ini.

Untuk harga nasi bakar di berbagai daerah juga sangat bervariasi. Ada yang memajang harga mulai dari 5 ribu rupiah saja dan ada juga yang membanderol lebih dari 10 ribu rupiah.

Menentukan harga ini tergantung juga dengan isian yang ada serta porsinya. Anda bisa tentukan dulu akan menyasar segmentasi pasar yang mana untuk menjadi target market jualan Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai usaha makanan, itulah beberapa jenis bisnis makanan yang menjanjikan dan tidak butuh modal besar. Anda bisa menjadi wirausaha yang sukses meski dengan modal seadanya. (R10/HR Online)

Editor: Jujang