Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruKampas Rem Motor Asli dan Palsu, Begini Cara Membedakannya

Kampas Rem Motor Asli dan Palsu, Begini Cara Membedakannya

Kampas rem motor asli dan palsu bisa diketahui dari beberapa faktor yang membedakannya. Oleh karena itu penting untuk kita ketahui perbedaannya agar kita tidak tertipu saat membelinya.

Spare part atau komponen sepeda motor yang paling banyak dicari salah satunya kampas rem. Maka tak heran jika produk kampas rem yang palsu banyak dijual di pasaran.

Tingginya kebutuhan rem cakram sepeda motor maka faktor harga hingga kurang telitinya konsumen, dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan.

Supaya Anda tidak sampai tertipu oleh para pedagang nakal, maka pemilik kendaraan bermotor ini perlu menelaah terlebih dahulu produk tersebut lebih detail.

Mengutip dari laman resmi Wahana Honda, terdapat beberapa cara untuk mendapatkan barang dari tingkat orisinalitas sebagaimana yang kendaraan butuhkan. Mulai mengecek kode produksi hingga mengecek logonya.

Sama seperti komponen lainnya yang terdapat pada motor, keberadaan kampas rem juga butuh perawatan dan perlu menggantinya secara berkala.

Untuk melakukan penggantian kampas rem, sebaiknya lakukan 2 atau 3 bulan sekali. Jika sebelum waktu penggantian namun kondisi kampas rem telah terhimpit piringannya, segera ganti!

Baca Juga : Minyak Rem Motor, Cek Kondisinya Agar Berfungsi Secara Maksimal

Agar Anda tidak terkecoh antara yang asli dengan yang palsu saat menggantinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Cara Membedakan Kampas Rem Motor Asli dan Palsu

Cari Hologram Logo

Pada kemasan aslinya terdapat hologram logo. Jika kampas rem produk Honda, logonya tertera berikut dengan tulisan HGB.

Tulisan tersebut dapat terbaca jelas di sisi sebelah kiri atas, berdampingan dengan barcode. Sedangkan pada kemasan produk kampas rem yang palsu semua terlihat buram.

Jangan sampai terlewat juga, pada bagian atas kemasan produk kampas rem yang asli terdapat logo Honda berikut tulisan PT AHM. Letaknya sejajar dengan tulisan Honda Genuine Part.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras, Temukan Dulu Pemicunya

Material Kampas

Cara berikutnya untuk membedakan kampas rem motor asli dan palsu yaitu dari material kampasnya. Bahan kalau yang asli terbuat dari material non-asbestos, mengandung tembaga yang padat dan halus.

Berbeda dengan kampas rem palsu. Biasanya terbuat dari bahan asbestos tapi tanpa tembaga. Ketika kita pegang, permukaannya pun terasa kasar dan teksturnya rapuh.

Kode Produksi

Anda juga perlu mengecek kode produksi untuk membedakan cakram rem motor asli dengan yang palsu. Karena kemasan kampas rem asli memiliki kode produksi.

Jika tidak menemukannya, itu berarti kampas rem sepeda motor yang sedang Anda pegang adalah barang palsu alias tiruan.

Baca Juga : Ciri Kampas Rem Depan Motor Habis dan Harus Segera Diganti

Harga

Dalam membedakan kampas rem motor asli dengan yang palsu, Anda juga jangan sampai tergiur oleh harganya yang murah.

Karena, harga untuk kampas rem sepeda motor yang palsu lebih murah, bahkan terbilang hanya separuhnya dari harga yang aslinya.

Jika harga untuk kampas rem motor asli sekitar Rp 50 ribuan, maka harga barang tiruannya hanya sekitar Rp 25 ribuan.

Itulah cara membedakan mana produk kampas rem yang asli dan mana yang tiruan. Jangan sampai Anda terkecoh saat membelinya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

Artikel ini sudah tayang di suara.com dengan judul Jangan Tertipu, Begini Cara Membedakan Kampas Rem Motor Asli dan Palsu

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img