spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruKeistimewaan Bulan Safar Ternyata Menguntungkan Bukan Pembawa Sial

Keistimewaan Bulan Safar Ternyata Menguntungkan Bukan Pembawa Sial

- Advertisement -

Keistimewaan bulan Safar dalam Islam tentunya menjadi salah satu hal yang bisa kita raih. Kapan bulan Safar tahun 2021 atau 1443 Hijriah? Perlu Anda ketahui bahwa bulan Safar pada tahun ini jatuh pada hari Rabu tanggal 8 September 2021 sampai dengan Kamis 7 Oktober 2021.

Bulan Safar sendiri merupakan bulan kedua dalam penanggalan Hijriyah setelah datangnya bulan Muharram. Dalam bahasa Arab, Safar memiliki arti kosong. Arti kosong tersebut merujuk pada kebiasaan orang jahiliyah meninggalkan rumahnya sampai benar-benar kosong.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan bahwasanya ketika bulan Safar, rumah-rumah orang Arab pada zaman dahulu kosong tidak ada penghuninya. Alasannya adalah mereka melakukan peperangan setelah bulan sebelumnya terdapat larangan untuk berperang.

baca juga: Sahabat Nabi yang Paling Kaya, Teladan untuk Bisnis Berbayar Surga

Inilah Keistimewaan Bulan Safar dalam Islam

Perlu menjadi pengetahuan penting untuk Anda bahwasanya bulan Safar banyak yang menganggap sebagai bulan kesialan, bahkan sampai musibah. Hal tersebut merupakan keyakinan dari bangsa Arab. Indonesia sendiri juga meyakini adanya khurafat tersebut.

Buktinya saja kebanyakan orang Indonesia masih menghindari pernikahan, aqidah serta bepergian pada bulan tersebut. Begitu, Rasulullah SAW menjelaskan bahwasanya semua bulan merupakan yang baik serta mendatangkan kebaikan. Jadi, dari pernyataan tersebut sudah jelas bahwasanya keistimewaan bulan Safar sama dengan bulan-bulan yang lainnya.

Artinya, tidak ada bulan yang penuh dengan bala serta mendatangkan kesialan. Seperti halnya penjelasan pada hadis riwayat Bukhari, Baginda Muhammad SAW bersabda, “Tidak ada wabah serta keburukan binatang terbang, juga tak akan terdapat kesialan pada bulan Safar. Jauhkan diri dari penyakit kusta sebagaimana kamu melarikan diri dari singa”.

baca juga: Sholat Subuh Kesiangan, Inilah yang Harus Dilakukan

Sama dengan Bulan-Bulan Lainnya

Seperti penjelasan pada bagian awal bahwasannya keistimewaan bulan Safar sama dengan bulan-bulan Islam lainnya. Maksudnya adalah apabila kita mampu melaksanakan semua amalan amalan yang bisa mendekatkan diri kita kepada Allah, maka kita akan mendapatkan keistimewaan berupa pahala.

Jika banyak yang menganggap bahwa bulan Safar merupakan bulan yang sial, bahkan banyak orang mendapatkan musibah, bukankah segala sesuatu itu menjadi skenario dari Allah SWT?

Jadi, apabila Anda mendapati musibah dan itu bertepatan pada bulan Safar, hal tersebut tidak menandakan bahwa bulan tersebut adalah bulan yang sial.

Akan tetapi, diri Anda tersebut adalah takdir yang sudah Allah tetapkan untuk kita. Seperti penjelasan pada hadits muslim bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Allah sudah menetapkan takdir untuk semua umatnya sejak 50.000 tahun sebelum penciptaan langit serta bumi”.

Pada intinya, keistimewaan bulan Safar bisa kita dapatkan apabila kita mampu untuk istiqomah dalam menjalankan semua hal yang menjadi perintah Allah serta menjauhi semua larangannya. Bukan hanya pada bulan tersebut, akan tetapi pada bulan-bulan yang lainnya juga.

baca juga: Doa Agar Cepat Punya Anak Sesuai Ajaran Islam

Amalan pada Bulan Safar

Tidak ada salahnya apabila pada setiap bulan menjadi ladang untuk kita introspeksi diri guna meningkatkan ketakwaan serta keimanan. Nah, kita bisa selalu meningkatkan ketakwaan kepada Allah untuk mendapatkan keistimewaan bulan Safar ini. Berusaha dan berupaya menjadi pribadi yang lebih baik.

Selain itu, hendaknya kita juga memperbanyak dzikir kepada Allah. Hakikat dari dzikir tersebut juga menjadi kewajiban untuk umat muslim.

Melakukan salat Dhuha, salat berjamaah di Masjid, serta membaca Al-Quran. Dengan kita melakukan salat Dhuha tersebut, pastinya dampak positifnya juga akan kembali kepada kita. Salah satunya adalah melancarkan rezeki. Asalkan, kita juga berusaha dengan giat.

Salat jamaah di masjid, sebenarnya kewajiban untuk kaum Adam. Akan tetapi, bukan berarti kaum Hawa tidak boleh. Boleh-boleh saja. Hanya saja, sunnahnya wanita itu mengerjakan salat di rumah.

Tetapi jika kita hendak ikut jamaah di masjid, juga tidak jadi masalah. Untuk yang sudah memiliki suami, perlu mendapatkan izinnya dahulu.

Kita juga akan mendapatkan pahala. Hal tersebut termasuk dalam keistimewaan bulan Safar. Bukan hanya pahala saja, akan tetapi juga meningkatkan peluang diterimanya ibadah kita kepada Allah SWT.

Ketika kita mampu mengamalkan hal-hal tersebut dengan niat yang lillah dan ikhlas semata-mata hanya memohon kepada Allah, Insya Allah, atas izin Allah SWT kita bisa mendapatkan keuntungan dan keistimewaan bulan Safar. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -