spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruKelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi Juga Cara Perawatannya

Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi Juga Cara Perawatannya

- Advertisement -

Kelebihan dan kekurangan motor injeksi bisa kita jadikan pertimbangan ketika membelinya. Motor Injeksi sendiri merupakan salah satu jenis teknologi yang mumpuni pada mesin pembakarannya.

Jika kita bandingkan dengan motor mesin karburator maka jauh berbeda. Baik itu dari segi penggunaan dan bahan bakarnya sekalipun.

Sementara dalam perkembangannya, sistem injeksi ini banyak sekali mulai digunakan dalam berbagai jenis kendaraan. Sebab, dari segi kehematan dan perawatannya lebih mudah, sehingga membuatnya menjadi pilihan.

Baca Juga : Motor Injeksi Susah Hidup, Segera Cari Tahu Apa Penyebabnya

Namun tetap saja semua pasti memiliki baik dan buruk. Begitu pula kendaraan jenis ini. Nah jika Anda penasaran mengenalnya lebih dalam coba simak bahasan berikut ini.

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi

Mesin motor injeksi ini memberikan pengumpanan bahan bakar dengan kontrol elektronik. Menggunakan intake manifold yang membuat udara tersedot, namun bahan bakar disemprot dan suntik terpisah.

Dengan hal ini bisa kita simpulkan bahwa teknologi motor ini sudah sangat canggih. Sisi masa kini jelas diangkat pada mesin jenis ini.

Kelebihan Motor Injeksi

Pada mesin jenis ini, perkembangan pada operasinya menggunakan pencampuran udara dan bahan bakar yang tepat. Maka efisiensi seperti ini menguntungkan bahan bakar dan produksi daya maksimum.

Bahkan tingkat presisi pada mesin ini lebih unggul daripada yang sebelumnya. Misalnya dengan otomatis bisa menyeimbangkan campuran  udara dan bahan bakarnya secara baik.

Karena getarannya yang jauh berkurang maka berbagai masalah busi menjadi minim. Selain itu ketika start dingin mesin ini tidak perlu penyegelan manual.

Pickup kendaraan akan baik dan cepat. Apalagi untuk kemampuannya dalam menjalankan rasio kompresi yang tinggi.

Kekurangan Motor Injeksi

Berbagai kelebihan mesin motor injeksi tetap memiliki kekurangan. Nah, berikut ini beberapa contohnya untuk Anda kelebihan dan kekurangan motor injeksi yang bisa jadi pertimbangan.

Menggunakan sistem operasi jenis ini akan memberikan umur yang relatif lebih pendek. Berbeda dengan mesin motor karburator yang cenderung awet.

Karena menggunakan perangkat elektronik masa kini, tentu membuat kompleks yang saling terhubung rumit. Berkaitan dengan cara servicenya di bengkel tidak biasa dan cenderung susah menemukannya.

Baca Juga : Cara Merawat Motor Injeksi Agar Performa Mesin Bekerja Maksimal

Selain itu biayanya cukup mahal daripada mesin karburator biasa. Selanjutnya karena mesin sudah menggunakan teknologi yang maju.

Maka bahan bakar sebaiknya yang bagus sekalian kualitasnya. Jika bahan bakar sudah terkontaminasi maka mesin bisa dengan tiba-tiba mati bahkan ketika sedang berada di jalan.

Kelebihan dan kekurangan motor injeksi yang kita bahas tersebut bisa Anda jadikan pertimbangan. Berbagai kelebihannya membutuhkan harga sebanding dan tidak bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin berhemat.

Perbedaan Injeksi dan Karburator

Kita tentu menjadi membandingkan antara motor injeksi dan karburator. Maka yang bisa jauh lebih menguntungkan dan kekuranganya bisa kita tekan.

Mesin karburator menggunakan bagian mekanis untuk suplai bahan bakar melewati udara lalu ke ruang bakar. Penyaluran bahan bakar ini dengan membiarkan udara menyedotnya ke saluran berbeda lalu bercampur sebelum intake manifold.

Operasi sistem ini jauh lebih dulu ada jika kita bandingkan dengan injeksi. Maka perbedaannya terletak pada kemajuan operasi mesinnya.

Namun meski begitu, menggunakan karburator jauh lebih terjangkau dan murah. Karena perawatan dan service mesinnya tersedia dalam bengkel biasa terdekat kita.

Terjadinya reving dan over raving pada respon. Memberikan keuntungan terhadap sistem feeding karburator yang cocok untuk sepeda motor trail juga off road.

Perawatan Mesin Injeksi

Kelebihan dan kekurangan motor injeksi dan juga perbandingan dengan karburator sudah kita bahas. Namun mengenai perawatan ini, juga harus kita perhatikan.

Misalnya ketika sudah mantap memutuskan membeli mesin motor ini. Maka jangan sampai kita melakukan beberapa hal berikut ini dengan sengaja.

Melewatkan service, hal utama dari pemeliharaan kendaraan apapun. Tentu hal ini akan membuat mesin jadi tidak lancar operasinya.

Bahkan bisa membuat komponen terjadi kerusakan dan tidak segera mendapatkan penanganan. Selain itu kehabisan bensin, jangan sampai motor injeksi terjadi hal ini.

Karena bahan bakar bensin membuat kotoran dalam turun ke tangki. Lalu bisa masuk dalam fuel pump dan injector. Jika hal ini sudah terjadi maka akan membahayakan.

Kelebihan dan kekurangan motor injeksi yang kita bahas tadi secara lengkap semoga bisa membantu Anda. Apapun jenis motor Anda harus dilakukan perawatan dengan tepat sebagai bentuk tanggung jawab kepemilikan. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -