Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruKesetimbangan Benda Tegar, Syarat, serta Klasifikasi Jenisnya

Kesetimbangan Benda Tegar, Syarat, serta Klasifikasi Jenisnya

Kesetimbangan benda tegar akan menentukan pergerakan benda. Kesetimbangan benda yang erat kaitannya dengan yang namanya momentum. Apabila melihat dari kata yang menyusunnya, maka kesetimbangan tersebut tersusun atas dua bagian.  

Apabila pada sebuah benda tegar memperoleh suatu gaya, maka benda tersebut akan mengalami perubahan kondisi gerak. Baik adanya gerak translasi serta gerak rotasi. 

Namun, apabila pada sebuah benda tegar memperoleh beberapa gaya, maka gaya-gaya tersebut saling menghilangkan satu sama lainnya. Sehingga tidak menghasilkan perubahan kondisi gerak pada benda. Maka benda tersebut berada dalam kondisi kesetimbangan.

Baca Juga: Faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia, Simak Disini!

Pengertian Kesetimbangan Benda Tegar

Kesetimbangan merupakan suatu hal yang berada dalam kondisi setimbang atau seimbang. Melansir Wikipedia, benda tegar merupakan benda yang tidak mengalami perubahan bentuknya, apabila setelah mendapatkan adanya gaya rotasi.

Sehingga dengan kata lain, bahwa suatu benda tegar akan mempertahan bentuknya. Terlebih dari adanya pengaruh gaya.  Hal inilah yang mengakibatkan bentuknya selalu tetap, meskipun telah memberikannya suatu gaya.

Apabila suatu benda tegar mengalami gerak translasi atau gerak rotasinya. Bentuknya tidak akan mengalami banyak perubahan. Hal tersebut yang artinya benda tegar memiliki bentuk tetap. Berbeda pada tegar ini umumnya yang berbentuk padat.

Benda yang masuknya dalam kategori tegar, cukup banyak, seperti halnya bola, kursi, meja, dan yang lainnya. Kesetimbangan benda tegar berarti sebagai suatu benda berada dalam kondisi yang setimbang atau seimbang.

Kesetimbangan ini merupakan suatu kondisi momentum sebuah benda yang bernilai nol. Nilai nol tersebut menunjukkan kondisi yang setimbang. Apabila suatu benda tegar pada awalnya dalam kondisi diam. Benda tegar tersebut akan tetap diam atau mempertahankan kondisinya.

Namun apabila suatu benda tegar pada awalnya berada dalam kondisi bergerak. Bahkan pada pergerakannya tersebut memiliki kecepatan konstan. Maka, benda tegar tersebut akan tetap mengalami pergerakannya dengan kecepatan yang konstan.

Baca Juga: Pengertian Gerak Periodik dan Ketahui Karakteristiknya

Syarat Kesetimbangan

Syarat kesetimbangan yang berlaku, merupakan syarat kesetimbangan translasi dan rotasi. Terdapat dua syarat yang perlu untuk dipenuhi. Mengenai jumlah gayanya yang bekerja sama dengan nol ΣF=0. Selain itu, total  momen gaya yang bekerja sama dengan nol Στ=0.

Kesetimbangan mampu bekerja pada sebuah objek, namun hanya bertindak untuk titik materi. Namun yang mengakibatkan pergerakan translasi (ΣF=0). Sehingga hal tersebut dapat membentuk kesetimbangan tubuh yang kaku.

Kondisi kesetimbangan benda tegar terkadang penggunaannya dalam menentukan suatu benda yang berbentuk geometri. Sehingga selalu dapat mempertahankannya, meski memperoleh gaya.

Benda yang tegar dapat mempertahankan bentuknya. Namun melalui aksi dari kekuatan bentuk yang mendapatkan perbaikan dengan gerakan rotasi atau translasi. Sehingga kondisi dan bentuknya akan tetap tidak berubah.

Klasifikasi Jenis Kesetimbangan

Kesetimbangan dapat diklasifikasikan menjadi berbagai macam. Untuk itu ketahui beberapa klasifikasi kesetimbangan berikut ini.

Kesetimbangan Stabil

Kesetimbangan stabil adalah suatu kesetimbangan yang terjadi pada benda tegar. Apabila adanya gangguan kecil pada benda tersebut kemudian menghilangkannya. Benda tersebut akan kembali ke kedudukan seimbang awalnya.

Seperti halnya pada saat meletakkan kelereng di wajan. Meskipun terdapat gangguan berupa goyangan ke semua arah. Nantinya kelereng tersebut tetap akan kembali ke posisi awalnya.

Kesetimbangan Labil

Kesetimbangan labil adalah salah satu keseimbangan yang akan terjadi dari suatu objek. Sehingga dapat kembali pada posisi yang awalnya. Kemudian, dapat melakukan pergerakan dengan gaya atau torsi yang akan dihasilkannya.

Objek semula pada pusat gravitasi, setelah bergerak ke kanan titik yang meluap. Dengan adanya pantulan benda tumpang tindih. Hal itu akan memutar pada objek yang keluar dari posisi awalnya.

Seperti halnya dengan meletakkan kelereng diatas wajan yang terbalik. Kelereng akan mudah jatuh atau berpindah saat terjadi gangguan.

Keseimbangan Netral

Kesetimbangan netral memiliki istilah lainnya dengan kesetimbangan indiferen. Kesetimbangan ini adalah suatu kesetimbangan yang terjadi apabila adanya gangguan kecil. Benda akan tetap bergerak, meskipun menghilangkan gaya.

Benda juga akan kembali diam pada kedudukan seimbangnya yang berbeda. Seperti halnya dengan meletakkan kelereng di lantai yang datar. Apabila kelereng memperoleh gangguan maka titik beratnya tidak akan berubah. Hal itu karena letaknya selalu berada pada pusat kelereng.

Kesetimbangan benda tegar pada benda yang berada dalam kondisi setimbang. Benda tegar memperoleh suatu gaya akan mengalami perubahan kondisi geraknya. Baik adanya gerak translasi serta gerak rotasi. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img