Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita CiamisKeterisian BOR di RSUD Ciamis Turun Drastis, Tinggal 6 Persen

Keterisian BOR di RSUD Ciamis Turun Drastis, Tinggal 6 Persen

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Keterisian BOR atau Bed Occupancy Rate di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis saat ini turun drastis, kini hanya terisi sekitar 5 persen atau sebanyak 6 orang pasien Covid-19.

Kabid Pelayanan RSUD Ciamis, dr. Bayu Yudiawan, membenarkan hal itu Selasa (28/9/2021) kepada HR Online.

Menurutnya, saat ini kasus Covid-19 sudah mulai melandai, sebelumnya Kabupaten Ciamis sempat over capacity karena gelombang Covid-19 pada bulan Juli sampai Agustus 2021.

“Alhamdulilah bulan ini turun drastis hanya terisi oleh 6 orang pasien dari 131 tempat tidur,” katanya.

Baca Juga: Lomba Guru Berprestasi di Cipaku Ciamis Diikuti 41 Guru SD

Bayu mengatakan, pemberlakukan PPKM oleh pemerintah Pusat, Provinsi dan Daerah memang berpengaruh dalam penurunan BOR pasien Covid-19 di Kabupaten Ciamis.

Namun demikian, kemungkinan akan adanya lonjakan kasus Covid-19 masih ada jika masyarakat abai terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Kemungkinan-kemungkinan itu masih ada, latar belakangnya cakupan vaksinasi di kita itu targetnya 70 persen dari jumlah populasi, namun yang sudah di vaksin sekitar 29 persen jadi belum memiliki perlindungan anti body nya,” katanya.

Selain itu, lanjut Bayu, mobilitas masyarakat yang saat ini meningkat dan screening yang masih belum menyeluruh itu juga akan menjadi kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

“Masih ada masyarakat yang kesani-kesini, berkerumun, tanpa diketahui statusnya itu OTG atau tidak, hal itu kemungkinan masih ada di sekitar kita, tanpa kita sadari,” ucapnya.

Maka dari itu, Bayu mengimbau kepada masyarakat meskipun saat ini Kabupaten Ciamis landai kasus Covid-19 namun jangan sampai lengah atau euforia berlebihan tanpa memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Intinya prokes harus kita perketat jangan kendor, jangan sampai terjadi lagi gelombang kasus Covid-19, sehingga BOR di RSUD Ciamis kembali naik,” pungkasnya. (Ferry/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img