Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruKeunggulan Tanaman Obat Herbal untuk Imunitas dan Kesehatan

Keunggulan Tanaman Obat Herbal untuk Imunitas dan Kesehatan

Keunggulan tanaman obat sudah terkenal sejak zaman kuno. Namun kehadiran obat kimia yang semakin membanjiri pasar membuat herbal kian tersingkir. Tetapi belakangan tanaman obat herbal kembali naik pamornya saat pandemi Covid-19.

Sejak berpuluh-puluh atau bahkan ratusan tahun lamanya orang dari seluruh dunia memanfaatkan obat herbal sebagai terapi dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Namun, sejak teknologi farmasi semakin berkembang membuat herbal semakin tersingkir. Saat pandemi Covid-19, pamor herbal kembali naik. Bahkan banyak orang yang berburu aneka tanaman obat untuk meningkatkan imunitas tubuhnya.

Ada banyak keunggulan tanaman obat ketimbang obat kimia dari apotik. Masyarakat kita percaya sangat banyak manfaat herbal dalam proses penyembuhan penyakit, termasuk penyakit berat sekalipun.

Walaupun memang obat herbal juga memiliki kekurangan. Seperti tidak bisa menyembuhkan penyakit secara cepat karena prosesnya cenderung lambat. Juga banyak obat herbal yang belum teruji secara klinis kandungan, serta pengaruhnya dalam penyembuhan penyakit.

Beragam Keunggulan Tanaman Obat Herbal 

Tak bisa kita pungkiri bahwa semakin banyak pengobatan menggunakan obat herbal. Masyarakat kita memang percaya kalau herbal memiliki banyak kelebihan. Berikut ini berbagai keunggulan tanaman obat yang wajib Anda tahu.

Baca Juga : Tanaman Obat Penyakit Kulit yang Mudah Dicari

Cara Pembuatannya yang Mudah

Obat herbal merupakan ramuan atau obat yang terbuat dengan proses pengolahan sederhana atas bahan tumbuhan yang ada. Biasanya obat herbal yang kita olah dari akar, umbi, buah, bunga, kulit kayu atau bagian tanaman lainnya.

Proses yang sederhana dan tidak memerlukan peralatan canggih, membuat Anda tidak perlu terlalu khawatir. Banyak produksi obat herbal rumahan yang tidak mencampurnya dengan bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.

Tidak Memiliki Efek Samping

Obat herbal merupakan suatu produk alami yang terbuat dari bahan-bahan dasar herbal, atau bahan yang bisa kita temukan dari alam dengan mudah. Karena segala sesuatunya melalui proses alami dan menggunakan bahan alami.

Oleh sebab itu, keunggulan tanaman obat herbal tidak memiliki efek samping ketika kita konsumsi sehingga aman.

Selain obat herbal yang berbentuk serbuk, selama berabad-abad orang Indonesia minum obat herbal dalam bentuk jamu tradisional untuk mengatasi berbagai macam keluhan dan penyakit.

Baca Juga : Manfaat Tanaman Patah Tulang, Herbal Ampuh untuk Obat Luar

Namun, penggunaan dan pengonsumsiannya tetap harus berhati-hati. Karena beberapa obat herbal juga ada yang diproduksi dengan mekanisme yang tidak sehat.

Bahkan banyak obat herbal bercampur dengan zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh sebab itu, jika ingin mengonsumsi obat herbal, apapun bentuknya Anda tetap harus selektif dan berhati-hati.

Jika memang berniat mengonsumsi jamu, sebaiknya Anda lebih memilih membuat sendiri. Karena Anda sudah tahu kandungan apa saja yang terdapat dalam herbal ini.

Bebas Toksin atau Racun

Banyak obat farmasi yang dijual bebas dan memberikan efek samping. Hal ini karena beberapa obat utamanya hasil produksi secara ilegal dan penyebarannya juga secara ilegal tidak memiliki kandungan yang baik.

Nah, obat herbal tentu jauh dari hal semacam ini. Apalagi herbal juga bisa konsumsi layaknya masakan dengan rempah.

Baca Juga : Manfaat Rumput Fatimah, Tanaman Asal Malaysia untuk Kesehatan

Menghilangkan Akar Penyebab Penyakit

Selain berkhasiat dalam menyembuhkan berbagai gejala penyakit, keunggulan tanaman obat herbal juga menjadi salah satu bahan ampuh untuk menghilangkan akar penyebab berbagai macam penyakit.

Hal ini karena obat herbal memiliki sifat sebagai zat holistik. Artinya proses penyembuhan berlangsung menyeluruh. Sehingga tidak hanya penyakit dan gejalanya yang akan hilang, melainkan akar yang menyebabkan penyakit tersebut timbul juga akan hilang.

Mudah Kita Dapatkan

Siapa saja boleh membeli obat herbal kapan saja dan dimana saja. Bahkan membuat sendiri juga bisa. Tetapi memang jauh lebih baik jika Anda konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal yang Anda inginkan.

Terlebih jika Anda berniat mengonsumsi obat herbal bersamaan dengan obat farmasi. Karena khawatir akan terjadi interaksi obat yang kurang baik untuk tubuh Anda.

Harga yang Murah

Jika kita bandingkan dengan obat medis yang umumnya harganya jauh lebih mahal, obat herbal bisa kita dapatkan dengan harga yang murah.

Terlebih kalau bisa kita buat sendiri dengan bahan yang tersedia dari alam sekitar, tentu biaya pembuatannya akan jauh lebih murah.

Itulah berbagai keunggulan tanaman obat herbal yang bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bagi Anda yang ingin memanfaatkannya, tetap harus berhati-hati dalam mengolahnya dan jangan berlebihan. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img