Kamis, Februari 9, 2023
BerandaBerita TerbaruKirim Memo Suara dengan Asisten Google Praktis, Simak Ulasannya!

Kirim Memo Suara dengan Asisten Google Praktis, Simak Ulasannya!

Kirim memo suara dengan Asisten Google tentu sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Ini merupakan bentuk integrasi antara WhatsApp dengan Google Assistant.

Dengan adanya kerjasama ini, memungkinkan para pengguna aplikasi WhatsApp dapat mengirim serta mendengarkan pesan suara. Sejak Agustus tahun lalu, fungsi mendengarkan memo suara dalam bahasa Portugis dan Inggris resmi diterapkan.

Kirim Memo Suara dengan Asisten Google Praktis

Perusahaan multinasional Amerika Serikat, Google merencanakan akan memperluas kemampuan asisten digitalnya melalui fitur Google Assistant.

Melalui blog resminya, Google memberikan pernyataan mengenai fitur barunya dimana para penggunanya dapat mengirim pesan suara ke orang lain yang masuk dalam daftar kontak mereka dengan menggunakan Asisten Google.

Fitur tersebut sangat bermanfaat bagi para pengguna memerlukan waktu yang cepat serta enggan untuk mengetik pesan. Sehingga, dengan menggunakan Google Assistant, maka para pengguna dapat kirim memo suara.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara merekam suara kemudian mengirimkan kepada orang yang akan mereka tuju.

Berdasarkan keterangan dari Google, pesan suara atau memo suara tersebut sama seperti walkie-talkie. Selain itu juga dapat menjadi cara termudah dalam mengirimkan pesan singkat kepada teman ataupun keluarga.

Mengenal Fitur Google Assistant

Perlu pengguna ketahui, pada saat Asisten Google mulai merekam memo suara yang akan mereka kirim melalui WhatsApp ini, maka secara otomatis akan berhenti pada saat orang tersebut berhenti bersuara.

Selain platform peramban Google, fitur tersebut akan bertanya kepada pengguna yang berupa sebuah catatan WhatsApp “kami ingin mengirimkannya sekali, mendaftar ulang atau membatalkannya”.

Jika sebelumnya para pengguna harus menekan tombol mikrofon untuk dapat merekam pesan suara, maka dengan menggunakan Asisten Google tidak perlu melakukan cara tersebut.

Baca Juga : Aplikasi Asisten Pribadi Terbaik Android 2021, Berikut Daftar Pilihannya

Hingga saat ini, fitur Google Assistant tersedia dalam berbagai negara dengan berbahasa Inggris dan berbagai bahasa lainnya untuk berbagai negara

Untuk dapat menggunakan kirim memo suara dengan Asisten Google ini, maka para pengguna hanya cukup mengucapkan “Hai Google, send an audio message”. Selanjutnya Google Assistant akan segera meminta kepada siapa pesan tersebut akan dikirim.

Berikutnya, Google akan merekam suara pengguna, atau pengguna juga dapat langsung menyebutkan nama kontak yang akan mereka tuju. Kemudian akan mengucapkan pesan yang akan dikirim.

Cara Mengirimnya

Dalam fitur Asisten Google terdapat beberapa catatan suara yang perlu Anda perhatikan antara lain:

“Ok Google, kirim pesan suara” Asisten Google akan menanyakan nama serta nomor kontak Anda, bagi Anda yang ingin mengirim audio melalui WhatsApp atau SMS, lalu terakhir isinya.

“Hai Google, kirim pesan suara melalui WhatsApp” Dalam hal ini, fitur Google Assistant hanya akan meminta para pengguna untuk terhubung.

“Ok Google, kirim pesan suara ke (kontak). tidak akan terdapat konsultasi pada bagian ini dan pendaftaran pun akan segera dimulai.

Perlu pengguna ketahui, pada saat Google Asisten mulai merekam memo suara yang akan mereka kirim dengan WhatsApp ini, maka secara otomatis akan berhenti pada saat orang tersebut berhenti bersuara.

Baca Juga : Asisten Virtual Spotify Android Resmi Diluncurkan, Ini Cara Menggunakan

Selain platform peramban Google, fitur tersebut akan bertanya kepada pengguna yang berupa sebuah catatan WhatsApp. Catatan suara tersebut antara lain “kami ingin mengirimkannya sekali, mendaftar ulang atau membatalkannya”.

Manfaat Lain Fitur Asisten Google

Selain bermanfaat untuk kirim memo suara, terdapat fungsi lain yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan fitur Asisten Google. Beberapa fungsi tersebut antara lain:

Menerjemahkan Kalimat

Tidak hanya Google Search, assistant virtual ini juga memperoleh bekalan kemampuan Google Translate. Dengan demikian, para pengguna dapat meminta Google Assistant untuk menerjemahkan sebuah kata maupun kalimat sekalipun.

Melakukan Berbagai Konversi

Sama halnya dengan Google Search, para pengguna juga dapat melakukan konversi melalui Google Assistant. Hanya dengan mengucapkan hal yang ingin Anda ketahui, maka fitur ini akan memberikan jawaban sesuai yang pengguna ucapkan.

Demikianlah ulasan dari cara untuk kirim memo suara dengan Asisten Google bersama dengan beberapa fungsi lainnya. Kehadiran fitur ini tentu sangat memudahkan para pengguna dalam mengirimkan pesan suara tanpa harus mengirimkan pesan teks yang lebih menyita waktu. (R10/HR-Online)