Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruMakanan Penurun Panas Paling Ampuh Ketika Demam Meningkat

Makanan Penurun Panas Paling Ampuh Ketika Demam Meningkat

Makanan penurun panas penting kita konsumsi ketika suhu tubuh dan demam meningkat tajam. Hindari terlalu cepat mengonsumsi obat dari apotik sebelum mencoba cara alami yang aman dan enak ini.

Demam menjadi kondisi wajar yang terjadi saat tubuh mendapat serangan bakteri, virus, atau benda asing. Saat itu hipotalamus tubuh yang bertindak sebagai thermostat internal memberikan signal supaya suhu tubuh meningkat.

Ketika demam, suhu tubuh bisa meningkat sampai lebih dari 38 derajad celcius. Tak sedikit orang yang panic saat demam tinggi. Inilah pentingnya mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan demam.

Makanan Penurun Panas untuk Menurunkan Demam

Mengonsumsi makanan penangkal demam menjadi salah satu cara terbaik yang bisa kita lakukan sebagai pereda atas kondisi yang kita alami. Apalagi demam tak selalu merupakan gejala penyakit yang harus kita atasi dengan obat kimia.

Lantas apa saja jenis makanan yang paling ampuh untuk demam? Mengenai apa saja makanan penurun panas yang penting kita konsumsi ketika demam, dan sangat ampuh menurunkan suhu tubuh, berikut ulasannya.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Step Anak, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Air Putih

Ketika suhu tubuh sedang tinggi, cara terbaik yang juga bisa kita lakukan untuk menurunkannya adalah dengan mengonsumsi air putih.

Selain dapat membantu menurunkan suhu, minum air putih juga dapat menghidrasi tubuh lebih baik, sehingga dapat terhindar dari dehidrasi. Minum air secara rutin dalam jumlah yang cukup untuk menjaga kekebalan tubuh.

Bawang Putih

Bukan rahasia lagi kalau salah satu bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk menurunkan panas tubuh atau demam.

Untuk mengatasi demam, bawang putih bisa kita konsumsi dengan merebus lalu campurkan madu. Namun jika kurang suka, bawang putih bisa kita geprek, kemudian letakkan pada bagian kening, dahi, atau ketiak orang yang mengalami demam.

Bawang putih berperan untuk memerangi virus, bakteri, menurunkan panas, dan meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga : Obat Herbal Demam Berdarah yang Murah dan Bisa Buat Sendiri

Sebuah studi bahkan mengungkapkan besarnya manfaat mengonsumsi bawang putih secara rutin. Orang yang rajin mengonsumsi langsung atau mengolah menjadi makanan, cenderung lebih memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Orang ini juga tidak akan mudah sakit daripada mereka yang jarang mengonsumsi bawang putih beserta olahannya.

Buah Segar

Ketika demam terjadi, suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan tubuh kehilangan cairan dengan jumlah terlalu banyak. Hal tersebut tentu bisa mengakibatkan orang yang mengalami demam akan dehidrasi.

Untuk mengatasi kondisi dehidrasi yang terjadi pada orang yang sedang demam, salah satu jenis makanan penurun panas yang penting kita konsumsi adalah buah segar.

Selain kaya nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan betakaroten, buah segar juga kaya kandungan cairan yang dapat menghidrasi tubuh.

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah segar tersebut juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga ini dapat melawan serangan penyakit dengan lebih baik.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Gula Darah Pilihan Efektif dan Bisa Buat Sendiri

Mengenai beberapa jenis buah segar yang perlu kita konsumsi ketika demam antara lain buah jeruk, buah pisang, buah kiwi, buah melon, buah apel, dan buah pir.

Sup Ayam

Sup ayam selama ini terkenal sebagai salah satu jenis makanan penurun panas yang terbaik. Hal ini karena sup ayam memiliki sifat sebagai dekongestan alami.

Selain dapat menurunkan suhu tubuh, sup ayam juga termasuk jenis makanan yang dapat memblokir sel-sel tubuh yang menyebabkan batuk atau hidung tersumbat. Hal tersebut karena kandungan asam amino sistein yang terdapat di dalamnya.

Kandungan tersebut dapat memecah lendir. Selain itu juga memiliki efek yang bersifat anti virus, anti inflamasi sekaligus antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan imun tubuh.

Telur

Bahan makanan kaya protein dan antioksidan ini juga menjadi salah satu bahan makanan terbaik untuk membantu mempercepat proses penyembuhan demam.

Selain kaya kandungan protein, makanan ini juga mengandung banyak vitamin, mineral dan lemak sehat. Bagi Anda yang sedang demam, sebaiknya mengonsumsi telur dua atau tiga kali untuk menurunkan suhu tubuh Anda. 

Itulah berbagai jenis makanan penurun panas yang paling penting untuk Anda konsumsi ketika mengalami demam. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan konsumsi dalam jumlah yang cukup. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img