Makanan Penyebab Keguguran saat Hamil Muda yang Wajib Anda Tahu

makanan penyebab keguguran
Ini dia daftar makanan penyebab keguguran> Ist/Net

Makanan penyebab keguguran saat hamil muda wajib Anda tahu. Selain harus kita hindari, makanan ini juga bisa berpengaruh terhadap perkembangan janin. Apalagi kehamilan usia awal sangat rentan terhadap berbagai gangguan yang harus kita waspadai.

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu sangat menginginkan agar dirinya cepat mendapatkan momongan. Oleh sebab itu, kehamilan menjadi sebuah kondisi yang sangat mereka nantikan dan dambakan.

Ketika kehamilan sudah terjadi, menjaganya dengan baik menjadi suatu keharusan. Salah satunya dengan menjauhi aktivitas berat dan menghindari berbagai makanan yang berbahaya untuk perkembangan janin.

Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda

Penting bagi seorang ibu hamil untuk menjaga makanannya. Selain harus memilih yang bergizi, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan terjadinya keguguran. Utamanya saat usia kehamilan muda atau awal.

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai apa saja makanan penyebab keguguran yang wajib Anda tahu dan hindari. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga : Nathalie Holscher Keguguran, Begini Kronologi dan Penyebabnya

Buah Nanas

Makan nanas atau mengonsumsi jus nanas selama trimester pertama kehamilan sangat tidak menjadi anjuran. Karena buah ini bisa menyebabkan dinding rahim mengalami kontraksi yang menyebabkan janin bisa meninggal.

Hal tersebut karena nanas mengandung bromelain. Senyawa inilah yang dapat menjadi penyebab terjadinya peningkatan kontraksi pada wanita hamil. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

Buah Pepaya

Buah pepaya menjadi salah satu makanan penyebab keguguran yang paling umum terjadi. Terutama dari jenis pepaya hijau atau pepaya mentah. Karena buah ini mengandung enzim yang dapat menyebabkan terjadinya kontraksi pada rahim.

Oleh karena itu ibu yang sedang hamil ada baiknya untuk menghindari mengonsumsi pepaya hijau. Utamanya ketika kehamilan pada tahap awal.

Sebuah studi menunjukkan pepaya mentah atau pepaya tinggi kandungan enzim dan getah. Zat ini cenderung membuat janin kejang dan rahim kontraksi sehingga keguguran sangat berpeluang terjadi.

Baca Juga : Eklampsia Pada Kehamilan, Kenali Penyebab dan Gejalanya

Hati Hewan

Meski termasuk makanan bergizi, mengonsumsi hati hewan tidak aman untuk wanita yang sedang hamil. Ini karena hati hewan dapat mengakibatkan terjadinya penumpukan retinol yang tinggi, sehingga sangat berbahaya bagi janin Anda.

Akan tetapi kalau kita konsumsi tidak terlalu sering atau paling banyak sekali dalam satu bulan masih tidak berbahaya. Namun kebersihan dalam pengolahan hati hewan harus benar-benar Anda perhatikan.

Kepiting

Selain rasanya enak, olahan masakan kepiting terkenal dengan kandungan kalsium serta nutrisi yang tinggi. Akan tetapi Anda harus menghindari makan terlalu banyak saat hamil muda, karena ini makanan penyebab keguguran.

Perlu Anda tahu bahwa kepiting memiliki zat atau enzim yang dapat mengakibatkan janin mengalami penyusutan dalam rahim. Pendarahan internal bahkan bayi mati di dalam kandungan juga bisa terjadi.

Selain itu, dalam kepiting juga terdapat kandungan kolesterol tinggi yang tidak baik untuk kesehatan wanita hamil secara keseluruhan. Karena itu, ibu hamil sebaiknya menghindari dalam mengonsumsi kepiting.

Baca Juga : Gejala Penyakit Klamidia, Penyebab, Bahaya, dan Cara Mengobatinya

Produk Susu yang Tanpa Pasteurisasi

Beberapa produk susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi seperti keju feta, brie, gorgonzola dan susu umumnya mengandung bakteri Listeria. Ini akan sangat berbahaya bagi wanita yang sedang hamil.

Bakteri tersebut juga biasa kita temukan pada unggas dan makanan laut mentah. Karena itu, ibu hamil perlu ekstra berhati-hati dan perlu menghindari makanan ini selama kehamilan.

Kentang Kecambah

Kentang kecambah juga termasuk makanan penyebab keguguran. Jenis kentang yang telah tumbuh tunas ini mengindikasikan mengandung berbagai racun yang berbahaya. Seperti solanin yang berpotensi buruk pada pertumbuhan janin.

Makanan ini tidak hanya berbahaya bagi wanita hamil, Anda yang tidak sedang hamil pun perlu menjauhi mengonsumsinya. Pilih kentang yang baik dan tidak bertunas.

Telur Mentah

Telur mentah atau makanan yang mengandung telur mentah perlu Anda hindari. Seperti mayonnaise atau makanan dari kocokan telur mentah lainnya dapat meningkatkan resiko keracunan makanan. Serta salmonella yang berbahaya bagi wanita hamil .

Bagi Anda yang sedang hamil, ketika memasak telur pastikan kuning dan putih telur sudah benar-benar matang setelah Anda masak.

Bagi Anda yang sedang hamil muda merupakan suatu kondisi yang rentan dan harus Anda jaga. Memastikan untuk menghindari makanan penyebab keguguran saat hamil muda tentunya sangat penting. (R11/HR-Online)

Editor : Eva