Manfaat Coklat untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bikin Awet Muda

manfaat coklat
Manfaat coklat untuk kecantikan kulit, salah satunya bikin awet muda. Foto: Net/Ist.

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit bisa kamu dapatkan jika mengetahui cara mengolahnya. Cokelat memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kulit.

Untuk memiliki kulit yang halus dan sehat, kamu dapat melakukan perawatan dengan menggunakan coklat. Baik  dikonsumsi secara langsung maupun menjadikannya sebagai masker.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet manfaat coklat bagi kesehatan dan kecantikan kulit, berikut dengan cara mengolah masker berbahan cokelat. Cocok untuk kulit kamu.

Beragam Manfaat Coklat untuk Kecantikan Kulit

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Banyak penelitian menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate (coklat hitam) bisa membuat tekstur kulit menjadi lebih mulus dan halus.

Kemudian selain itu, kulit memerah akibat paparan sinar matahari akan berkurang sampai 25 persen. Coklat juga akan membantu menghidrasi kulit sepanjang hari.

Semua kebaikan dari coklat tersebut berkat kandungan antioksidan yang berupa flavonoid di dalamnya. Yang mana antioksidan memiliki fungsi untuk mencegah kulit terbakar, memantulkan sinar UV, serta mencegah kondisi serius pada kulit, seperti halnya kanker kulit.

Baca Juga : Tingkat Kematangan Buah Pisang Menentukan Manfaatnya

Menurut Health Line, flavanol dapat membantu tubuh meningkatkan peredaran darah ke kulit, serta kepadatan kulit.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 30 orang menunjukan bahwa, terjadi peningkatan jumlah MED pada kulit dua kali lipat lebih.

Peningkatan tersebut terjadi setelah mengonsumsi dark chocolate yang tinggi kandungan flavanol setiap hari selama 12 minggu.

Nah, bagi kamu yang dalam waktu dekat ini akan liburan ke pantai, cobalah rutin konsumsi cokelat hitam dari seminggu atau satu bulan sebelumnya. Hal itu sebagai pencegahan dari dalam.

Kamu juga bisa menggunakan masker berbahan cokelat. Dalam Nutrition Journal yang diterbitkan Juni 2014 silam menyebutkan bahwa, coklat hitam bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit akibat terpapar sinar UV atau matahari.

Meningkatkan Produksi Kolagen

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit yang berikutnya yaitu dapat membantu tubuh meningkatkan produksi kolagen.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Chan School of Public Health Harvard TH menyebutkan, coklat mengandung mineral dan vitamin seperti magnesium, besi, tembaga, dan lainnya.

Baca Juga : Jenis Makanan Pahit Ini Manfaatnya Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Semua zat alami tersebut memiliki manfaat luar biasa bagi kulit. Misalnya saja mangan yang mendukung tubuh untuk memproduksi kolagen.

Dalam laman Facial Plastics, Dr. Corinne E. Horn, MD, ahli rekonstruksi wajah dan bedah plastik yang terlatih dari NYOG (New York Otolaryngology Group) menjelaskan kakao mentah dapat mencegah terjadinya kerusakan kolagen dengan protein penangkal.

Karena protein sangat bermanfaat untuk membantu menjaga agar kulit tetap terlihat montok dan awet muda.

Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

Pertumbuhan sel kulit akan meningkat. Hal ini juga menjadi salah satu manfaat coklat untuk kecantikan kulit yang akan kamu dapatkan.

Kandungan kalsium dalam coklat sangat berperan untuk membantu memperbaiki sekaligus  memperbarui kulit. 

Menurut American Academy of Dermatology, tubuh manusia mampu melepaskan sel kulit hingga 40.000 setiap hari. Oleh karena itu tubuh sangat membutuhkan kalsium untuk regenerasi sel-sel kulit setiap harinya.

Sedangkan kandungan mineral lainnya seperti seng, besi, dan tembaga akan membantu tubuh menyehatkan kulit dan meningkatkan pertumbuhan sel. Sehingga kulit terlihat lebih muda.

Baca Juga : Manfaat Teh Hitam Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Bahkan, coklat hitam juga mampu mendetoksifikasi kulit serta mengelupaskan sel-sel kulit yang mati, membantu kulit terlihat lebih segar.

Kulit Menjadi Bercahaya

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit diantaranya bisa membuat kulit menjadi bercahaya. Banyak dermatologis mengatakan bahwa dengan mengoleskan coklat ke kulit akan membuat kulit terlihat lebih bersinar.

Sehingga tak heran jika salon kecantikan banyak yang menawarkan perawatan dengan bahan dasar coklat, seperti halnya lulur atau masker wajah.

Dr. Nidhi Rohtagi, Dermatologi dan Konsultan Senior Fortis Hospital India mengatakan, coklat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Terutama dark chocolate yang menghasilkan antioksidan. Ini sangat efektif lantaran tinggi kandungan kakao. Sudah pasti coklat juga kaya akan kandungan flavonoid.

Fungsi flavonoid sendiri yaitu untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit, meningkatkan kesehatan sel dan produksi kolagen.

Efeknya yang dapat kita lihat secara langsung yaitu kulit tampak segar, glowing, bahkan garis-garis halus pun terlihat lebih halus.

Selain itu, Dr. Nidhi juga mengatakan bahwa, tingginya kandungan seng dalam coklat hitam bermanfaat untuk menjaga agar kulit kamu tetap halus dan bersih, serta mencegah munculnya jerawat.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit yang selanjutnya yaitu bisa mencegah penuaan dini. Terutama coklat hitam yang dapat membantu mengurangi munculnya bintik hitam serta pigmentasi.

Coklat hitam juga berfungsi mengembalikan kelembaban kulit, meningkatkan sirkulasi dan kandungan kolagen. Semuanya bermanfaat untuk menunda munculnya kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Menghilangkan Noda Hitam pada Kulit

Anti-inflamasi alami yang terkandung dalam kakao dapat membantu kamu mencerahkan noda atau bekas luka pada kulit, serta memperbaiki warna kulit.

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit tersebut berkat kandungan antioksidan serta asam lemak. Dalam hal ini asam oleat, asam stearat, dan asam palmitat yang membantu menjaga supaya kulit tetap halus terlindungi.

Semua kandungan tersebut mampu menangkal kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas. Bagi kamu yang memiliki kulit sensitif juga tak perlu khawatir karena coklat aman.

Mengurangi Peradangan

Manfaat coklat untuk kecantikan kulit termasuk dapat mengurangi peradangan akibat jerawat. Masalah kulit yang satu ini tak hanya menimbulkan perih dan kulit menjadi kemerahan. Tapi juga membuat penampilan kurang menarik.

Kandungan flavanol dalam dark chocolate akan memberi efek menenangkan serta membantu mengurangi masalah peradangan.

Selain itu, dark chocolate atau coklat hitam juga dapat membantu kamu dalam mengatasi penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

Mengurangi Stres

Tahukah kamu bahwa stres yang tinggi bisa menjadi masalah pada kulit. Fungsi magnesium pada dasarnya untuk menekan hormon kortisol.

Dark chocolate mengandung magnesium sehingga bisa membantu kamu mengurangi stres. Hal ini berkaitan pula dengan kesehatan kulit.

Magnesium mampu mencegah terjadinya kerusakan kolagen sekaligus menjaga kulit kamu tetap sehat. Selain itu, kandungan magnesium dalam coklat juga dapat membantu kamu untuk tidur lebih berkualitas. (R3/HR-Online)

Editor : Eva