Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Membaca Surat Al-Falaq, Melindungi dari Segala Jenis Godaan

Manfaat Membaca Surat Al-Falaq, Melindungi dari Segala Jenis Godaan

Manfaat membaca surat Al-Falaq ternyata masih belum banyak yang mengetahuinya. Padahal, khasiatnya sangatlah dahsyat. Bahkan bisa menyelamatkan diri kita, dari adanya gangguan gangguan. Walaupun begitu, akan tetapi kebanyakan umat muslim, tidak menyadari adanya hal tersebut.

Al-Falaq merupakan surat yang ke 113, termasuk surat Makkiyah, karena turun di Kota Mekkah, dan terdiri dari lima ayat. Kita akan menjumpai surat tersebut, tepatnya berada di juz 30. 

Arti dari nama surat tersebut adalah “waktu subuh”. Hal yang demikian itu mungkin menjadi pengetahuan yang sangat umum.

Bahkan, kita bisa mengetahui itu, biasanya di Taman Pendidikan Al-Quran atau sekolah dasar. Namun, sudah tahukah Anda, manfaat atau keistimewaan di balik surat Makkiyah tersebut?

Semua surat yang terdapat dalam firman Allah itu mempunyai keistimewaan. Termasuk juga surat AL-Falaq. Bersama dengan surat ke 114, surat ini termasuk dalam Al-Muqasyqisyatain. Maknanya adalah merupakan dua surat yang dapat membebaskan manusia daripada kemunafikan.

baca juga: Manfaat Ruqyah Bagi Kesehatan yang Banyak Orang Belum Tahu

Beberapa Manfaat Membaca Surat Al-Falaq yang Dahsyat

Bagi Anda yang belum tahu, manfaat dari membaca surat Al-Falaq ini, perlu sekali untuk menyimak informasi berikut ini. Dengan tujuan, supaya dapat menambahkan wawasan dan ilmu pengetahuan kita tentang agama Islam.

Untuk Menjaga Diri dari Bahaya Tidur

Perlu Anda ketahui, bahwa manfaat membaca surat Al-Falaq ini berdasarkan pada hadis riwayat Bukhari.

Dari Aisyah RA, saat Rasulullah hendak menuju tempat tidur pada setiap malam, kemudian beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya, setelahnya meniupkan keduanya sembari membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan surat An-Nas.

Kemudian, beliau mengusapkan kedua tangannya ke bagian tubuh yang bisa di jangkau. Bermula dari atas kepala dan wajah, kemudian lanjut ke bagian tubuh yang depan.

Hal tersebut, beliau lakukan sebanyak tiga kali. Artinya, apabila kita membaca surat Al-Falaq tersebut, maka Allah SWT akan menjaga dari tidurnya.

baca juga: Manfaat Ingat Mati, Menyadarkan Semua yang Ada di Dunia Hanya Titipan

Melindungi dari Adanya Sihir

Melindungi diri adanya sihir. Manfaat membaca surat Al-Falaq ini berdasarkan Dalail An Nubuwwah. Pasalnya, Nabi Muhammad SAW pernah mendapatkan sihir dari seorang Yahudi. Lubaid bin Asham adalah orang yang sudah memberi sihir tersebut.

Sihir tersebut menggunakan media dari pelepah Kurma. Isinya adalah rambut dari Rasulullah. Tidak hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat beberapa gigir sisir dan ada sebelas ikatan yang ditusuk dengan menggunakan jarum.

Mengetahui hal tersebut, kemudian Baginda Rasul membaca surat Al-Falaq. Alhamdulillah, sihir tersebut dapat terlepas. Dahsyat bukan manfaatnya?

baca juga: Pengertian Tauhid Asma Wa Sifat Lengkap dengan Contoh dan Manfaatnya

Sebagai Penawar Racun Kala

Tentunya racun kala sudah sering kita dengar. Bahkan juga sudah sering juga terjadi pada kita. Ternyata, manfaat membaca surat Al-Falaq juga menjadi penawar dari racun kala tersebut. Bagaimana caranya? Tentu saja sangat mudah.

Ambil saja, air garam. setelah itu bacakan surat Al-Falaq dan An-Nas. Kemudian, usapkan pada bagian tubuh yang terkena racun tersebut. jangan lupa juga, membaca bismillah dan mengharapkan kesembuhan dari Allah SWT.

Agar Tidak Tersesat

Apabila kita sedang kebingungan hendak memilih jalan yang mana, saat bepergian. Apabila kita membaca surat ke 113 tersebut, maka manfaat membaca surat Al-Falaq yang akan kita dapatkan adalah, atas izin Allah, kita akan senantiasa mendapatkan petunjuk, berupa jalan yang benar.

Allah SWT memang maha segalanya. Memang benar, setiap hal yang kita lakukan itu pasti akan mendapatkan balasan.

Seperti ini misalnya, ketika kita tersesat, bingung hendak memilih jalan mana yang harus kita pilih. Baca saja, surat Al-Falaq saja, sertakan juga An-Nas dan Al-fatihah.

Menghindarkan Diri dari Penyakit Buatan Manusia

Selain itu, manfaat  surat Al-Falaq yang akan kita dapatkan adalah, bisa menghindarkan kita dari penyakit yang dibuat oleh manusia. Biasanya, orang yang bertindak demikian itu, bekerjasama dengan jin. 

Untuk itu, supaya kita bisa terhindar dari hal tersebut, hendaknya kita membaca surat Al-Falaq dan An-Nas sebanyak seratus kali. Apabila kita mampu untuk melakukan hal tersebut, yang semulanya itu kita orang penakut, maka akan menjadi pemberani.

Semoga dengan kita mengetahui manfaat membaca surat Al-Falaq tersebut, menjadikan kita lebih pemberani dan terlindungi. (Muhafid/R6/HR-Online

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img