spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruManfaat Merica untuk Kesehatan yang Anda Perlu Tahu

Manfaat Merica untuk Kesehatan yang Anda Perlu Tahu

- Advertisement -

Manfaat merica untuk kesehatan mungkin belum banyak kita tahu. Selain memberikan rasa pedas, rempah asli Indonesia ini ternyata sangat baik untuk menangkal radang sendi hingga mencegah kerusakan sel.

Merica merupakan salah satu jenis bumbu dapur yang sangat populer. Rempah yang populer juga dengan sebutan lada ini seringkali kita gunakan sebagai penambah cita rasa dan aroma suatu masakan.

Penggunaan merica untuk menyedapkan masakan sudah sangat lumrah. Bahkan hampir setiap rumah makan menyediakan bubuk merica untuk pelanggannya.

Selain berkhasiat untuk menambah cita rasa, ternyata merica juga besar khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Namun masih banyak orang yang belum mengetahui dan menyadarinya.

5 Manfaat Merica untuk Kesehatan

Mengonsumsi merica secara rutin sangat berguna. Baik sebagai ramuan atau paling ringan untuk campuran dengan aneka masakan rumahan. Selain untuk menyedapkan masakan, ada banyak keutamaan rempah ini bagi tubuh.

Nah, berikut beberapa manfaat merica untuk kesehatan yang Anda harus tahu. Namun agar khasiatnya optimal, sebaiknya batasi penggunaannya.

Baca Juga : Beragam Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Buah Unik Rasa Legit

Mencegah Kerusakan Sel Dalam Tubuh

Ada berbagai macam hal yang menjadi penyebab rusaknya sel dalam tubuh. Faktor penyebab kerusakan sel ada beragam. Baik karena radiasi, makanan, hingga karena faktor usia

Asupan antioksidan yang masih sangat kurang juga dapat menjadi pemicunya. Padahal dalam merica terdapat kandungan antioksidan yang tinggi.

Ini dapat berguna untuk meminimalisir potensi kerusakan sel dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsinya secara rutin sangat penting kita lakukan.

Mengobati Sakit Lambung

Bagi Anda yang mengalami sakit lambung, ramuan merica bisa sangat berguna untuk Anda konsumsi. Sebab merica dapat meredakan dan mengobati sakit lambung yang Anda alami.

Manfaat merica untuk kesehatan lambung bisa kita dapatkan karena dalam lada ini terdapat kandungan yang sangat berkhasiat. Utamanya sebagai penenang, anti inflamasi atau anti radang, dan anti bakteri.

Baca Juga : Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan, Anti Kanker dan Sehatkan Jantung

Dengan mengonsumsinya, zat aktif dalam merica tersebut dapat menghalau terjadinya radang. Rempah ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang dapat menjadi penyebab penyakit tukak lambung.

Untuk mengobati sakit lambung dengan merica, cara yang bisa Anda lakukan adalah cukup dengan mendidihkan air sebanyak 250 ml.

Setelah itu, masukkan merica ke dalam air mendidih. Anda juga bisa tambahkan mint dan madu. Atau tambahkan madu saja sudah cukup. Konsumsi dua kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur.

Meredakan Radang Sendi

Sebagaimana yang kita sudah bahas sebelumnya bahwa merica memiliki sifat anti radang. Manfaat merica untuk kesehatan berguna untuk mencegah sekaligus meredakan berbagai jenis peradangan. Termasuk gangguan radang sendi.

Selain sifat anti radangnya, merica juga memiliki kandungan piperin. Kandungan piperin pada merica menurut penelitian merupakan senyawa yang mampu menghambat hormon prostaglandin, yang tidak normal pada penderita arthritis atau radang sendi.

Ramuan merica bisa kita konsumsi dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur sebagai herbal untuk sendi.

Baca Juga : Manfaat Minuman Rempah untuk Kesehatan saat Musim Hujan

Mengontrol Kadar Gula Darah

Masih berkaitan dengan kandungan piperin dalam merica. Selain dapat mencegah dan meredakan arthritis, manfaat merica untuk kesehatan juga dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya lebih sering mengonsumsi makanan yang mengandung merica. Untuk mengonsumsi ramuan merica dapat kita buat sendiri dengan mencampurnya dengan madu atau herbal lainnya.

Mengobati Demam dan Masuk Angin

Demam dan masuk angin menjadi sebuah penyakit yang paling umum terjadi pada masyarakat kita. Untuk mengobati demam dan masuk angin, salah satu ramuan herbal yang bisa kita buat adalah ramuan merica.

Sediakan saja 5 gram merica, 15 gram jahe, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir cengkeh, 10 gram bale, serta 30 gram jail. Cuci semua bahan tersebut sampai bersih dan kemudian rebus bersama 1 liter air.

Rebus sampai airnya menyusut dan hanya tersisa 500 ml saja. Setelah itu saring dan bagi menjadi dua bagian yang sama banyaknya. Selanjutnya, konsumsi setelah air rebusannya suam-suam kuku atau agak dingin.

Itulah berbagai manfaat merica untuk kesehatan yang Anda perlu tahu dan pahami. Konsumsi secara rutin dan sesuai kebutuhan Anda. Ini akan bisa mencegah berbagai keluhan, gangguan, dan penyakit yang menyerang tubuh. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -