Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruManfaat Minum Anggur Merah, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

Manfaat Minum Anggur Merah, Salah Satunya Turunkan Gula Darah

Beragam manfaat minum anggur merah untuk kesehatan tubuh, mulai turunkan gula darah hingga melindungi kesehatan gigi. Anggur sudah menjalani penelitian secara intensif selama bertahun-tahun.

Hasil penelitian pun telah terbukti bahwa anggur memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, seperti menghentikan jerawat, mengatasi depresi, diabetes, dan membuat daya ingat meningkat.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet manfaat sehat dari mengonsumsi anggur merah.

8 Manfaat Minum Anggur Merah untuk Kesehatan

Menurunkan Gula Darah

Resveratrol yang terkandung dalam anggur merah bermanfaat untuk membantu menurunkan gula darah bagi penderita penyakit diabetes atau penyakit gula.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi segelas anggur merah sehari dapat mengurangi risiko terjadinya kardiometabolik bagi mereka yang menderita penyakit gula tipe 2.

Baca Juga : Manfaat Buah Anggur Merah untuk Menghaluskan Kulit Hingga Mencerdaskan Otak

Meningkatkan Daya Ingat Tetap Tajam

Manfaat minum anggur merah juga bisa meningkatkan daya ingat supaya tetap tajam. Hal ini berkat kandungan resveratrol antioksidan yang ada dalam anggur.

Bahkan, minum anggur merah juga terbukti mampu membantu memperlambat terjadinya kerusakan pada saraf yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer.

Percaya atau tidak bahwa ini berarti anggur bisa membantu daya ingat Anda tetap tajam, bahkan saat usia tua nanti.

Menjadikan Kulit Lebih Segar

Manfaat lain dari minum anggur merah yaitu bisa membuat kulit terasa lebih segar. Kandungan antioksidan atau polifenol yang tinggi dalam anggur adalah senyawa nabati.

Baca Juga : Manfaat Jus Buah Sayur, Redakan Sakit Perut dan Gangguan Pencernaan

Senyawa tersebut sudah terbukti mampu membantu Anda memulihkan kolagen serta serat elastis yang menghasilkan kulit lebih segar, lebih muda, dan terlihat lebih kenyal.

Menghentikan Jerawat yang Meradang

Mengatasi jerawat yang meradang juga menjadi salah satu manfaat minum anggur merah. Resveratrol yang terkandung dalam anggur merah mampu menghambat tumbuhnya bakteri penyebab munculnya jerawat.

Selain itu, kandungan tersebut dapat membantu Anda menjaga kulit agar tampak lebih awet muda.

Untuk menghilangkan jerawat, resveratrol akan bekerja lebih maksimal jika menggunakannya dengan benzoil peroksida.

Membantu Tubuh Tetap Langsing

Bagi pemilik tubuh gemuk pastinya akan senang setelah tahu kalau senyawa kimia bernama piceatannol dalam anggur merah bisa membantu mengurangi lemak.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Vertigo serta Makanan yang Harus Dihindari

Dengan begitu Anda dapat mengontrol berat badan. Karena senyawa tersebut mampu menghalangi berkembangnya sel-sel lemak dalam tubuh.

Mempertajam Penglihatan

Anggur merah mengandung resveratrol yang juga bermanfaat membantu menghentikan tumbuhnya pembuluh darah pada mata yang tidak terkendali.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan dalam anggur merah juga bermanfaat untuk membantu mengobati retinopati diabetik. Serta masalah degenerasi makula yang berkaitan dengan usia.

Bantu Atasi Depresi

Selain bisa membuat Anda rileks, manfaat minum anggur merah juga bisa membantu mengurangi kecemasan dan gejala depresi.

Tentu saja ini efektifnya hanya selama Anda mengonsumsi minuman anggur secukupnya. Karena anggur merah merupakan minuman beralkohol.

Melindungi Kesehatan Gigi

Minum anggur merah ternyata bisa membantu melindungi kesehatan gigi. Bahkan yang menakjubkan lagi bahwa, efek antimikroba dari anggur ini sangat efektif mengurangi bakteri yang ada pada gigi. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img