Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita PangandaranMasyarakat Pangkalan Pangandaran Diminta Optimalkan Lahan Kosong

Masyarakat Pangkalan Pangandaran Diminta Optimalkan Lahan Kosong

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kepala Dinas Pertanian Pangandaran Sutriaman mengajak warga Desa Pangkalan, Kecamatan Langkaplancar, memanfaatkan lahan kosong untuk bertani.

Ia melihat masih banyak lahan tidak produktif dan kosong.

“Tanah disini sangat subur, namun kita lihat masih banyak lahan yang kosong,” ujar Sutriaman saat meninjau lahan pembenihan dan pembibitan bawang merah di Desa Pangkalan, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga: KADIN Pangandaran Ikut Bangkitkan Ekonomi Petani Porang

Maka dari itu, pihaknya mendorong masyarakat agar memanfaatkan lahan kosong, menjadi lahan jadi produktif.

Pihaknya optimis, tanah di Langkaplancar bagus sekali untuk bertanam berbagai macam jenis sayuran.

“Jika semua lahan kosong jadi produktif bukan tidak mungkin Langkaplancar bisa memenuhi kebutuhan pasar di wilayah Kabupaten Pangandaran,” pungkasnya.

Sementara itu salah seorang petani asal Pangkalan Aam mengatakan, banyaknya lahan yang tidak produktif akibat kurangnya pengetahuan para petani.

Para petani kata Aam suka bingung, harus menanam apa dan bagaimana memasarkannya.

Selama ini banyak petani yang belum bergabung atau tidak memiliki kelompok tani.

“Sementara biasanya para penyuluh pertanian hanya memberikan wawasan dan pemahaman terhadap petani yang punya kelompok tani,” katanya.

Agar semua petani memahami cara penanaman dan pemeliharaan hingga cara memasarkannya, ia berharap para penyuluh lebih giat lagi memberikan bimbingan atau penyuluhan.

“Jadi jangan memberikan penyuluhan kepada petani yang berkelompok saja, tapi kepada para petani yang belum tergabung ke kelompok juga,” jelas Aam. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -