Memulai Bisnis Makanan Ringan Bagi Pemula, Begini Caranya!

memulai bisnis makanan ringan
Cara memulai bisnis makanan ringan. Foto: Ist/Net

Memulai bisnis makanan ringan bukan perkara mudah. Apalagi produk makanan memiliki masa kadaluwarsa yang tidak lama. Tanpa perencanaan dan pengelolaan yang baik bisa-bisa usaha akan bangkrut. Karena itu penting melakukan persiapan yang matang.

Bagi Anda pemula yang tertarik menjalankan usaha kuliner,  bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan yang menarik. Ketimbang jenis bisnis kuliner lainnya,  menjalankan bisnis ini terbilang minim resiko.

Selain itu makanan ringan termasuk jenis makanan yang tahan lama. Sehingga Anda tak perlu khawatir makanan yang Anda jual akan cepat basi.

Namun menjalankan bisnis tak hanya penting saat memulainya.  Strategi marketing juga penting yang harus Anda pahami dan rencanakan. Ini agar bisnis Anda tidak stagnan saja.

Baca Juga: Jenis Bisnis Makanan yang Menjanjikan dengan Modal Kecil

Tips Memulai Bisnis Makanan Ringan Bagi Pemula

Lantas apa saja hal penting dalam memulai bisnis kuliner yang perlu Anda terapkan? Berikut ini berbagai tips penting memulai bisnis makanan ringan bagi pemula yang sebaiknya anda perhatikan.

Memastikan Bahan Baku Berkualitas

Langkah awal sebelum memulai bisnis cemilan, sebaiknya Anda mencari supplier bahan bahan yang Anda butuhkan. Jika Anda sudah memiliki supplier bahan baku, pastikan Anda tetap berbelanja ke sana.

Oleh sebab itu sebelum memutuskan akan berbelanja ke tempat supplier bahan baku produk Anda baiknya Anda sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu. Baik tentang harga, kualitas, dan stoknya.

Jika memungkinkan pastikan Anda tidak hanya memiliki satu supplier melainkan Anda juga sudah menyiapkan supplier cadangan. Sehingga jika ada kendala dengan supplier pertama masih ada supplier cadangan yang menjadi tempat belanja bahan baku.

Kualitas Rasa Harus Terjaga

Karena yang Anda jual adalah makanan, maka hal utama yang harus menjadi sentra perhatian menjaga kualitas rasanya. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis makanan ringan perlu mengontrol factor cita rasa dengan kata.

Pastikan Anda sudah menghadirkan produk dengan kualitas rasa terbaik sebelum produk Anda lempar ke pasaran. Lakukan pengecekan ulang untuk benar-benar memastikan bahwa rasanya sudah sangat pas sesuai lidah kita.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan, Usaha Modal 1 Jutaan yang Mudah dan Menjanjikan

Buat Kemasan yang Menarik

Selain cita rasa, salah satu hal yang juga perlu menjadi bahan pertimbangan orang dalam membeli suatu produk adalah nilai plus dari produk Anda.

Untuk bisnis makanan ringan, Anda bisa menambah nilai plus dari produk Anda dengan menghadirkan kemasan yang unik dan menarik. Seperti kemasan pouch, barier nylon, zipper stand up, dan masih banyak lagi.

Sekarang sudah banyak pilihan kemasan yang bisa Anda pilih dan pakai untuk produk makanan ringan Anda. Anda bisa pilih sesuai segmentasi pasar dan konsep produk Anda.

Strategi Promosi

Tak kenal maka tak sayang. Oleh sebab itu dalam memulai bisnis makanan ringan pengenalan terhadap target market menjadi hal penting yang harus Anda lakukan. Karena itu strategi promosi juga perlu Anda rencanakan dengan baik.

Untuk melakukan promosi, ada banyak media yang sekarang ini sudah bisa Anda manfaatkan.

Jika memang Anda tidak memiliki toko atau lapak untuk memajang produk snack atau makanan ringan Anda, Anda bisa memanfaatkan sosial media ataupun marketplace sebagai tempat promosi Anda.

Jangan lupa juga Anda membuat video promosi dan katalog produk yang menarik agar semakin banyak orang tertarik membeli produk Anda. Hal ini juga sangat perlu Anda jadikan pertimbangan.

Utamanya jika Anda menjual secara online maka hal pertama yang akan konsumen lihat tentu bukan bentuk makanan Anda seperti apa melainkan penampilan produk Anda dalam foto atau video.

Jadilah Kreatif dan Inovatif

Selain itu memulai bisnis makanan ringan juga perlu jiwa kreatif dan inovatif. Apalagi jika bicara tentang makanan ringan, senantiasa ada yang baru dari sebuah produk cemilan.

Oleh sebab itu jika Anda stagnan dan tidak memberikan varian – varian baru tentu akan lebih mudah bagi pesaing mengalahkan Anda.

Karenanya selalu menghadirkan sesuatu yang baru menjadi hal penting yang harus Anda lakukan, khususnya yang masih pemula dalam menjalankan bisnis kuliner. Termasuk bagi Anda yang berjualan produk makanan ringan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis makanan ringan. Pastikan Anda selalu berusaha sebaik mungkin untuk memulai bisnis yang Anda inginkan agar bisa terus semakin berkembang. (R10/HR Online)

Editor: Jujang