Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBerita TerbaruMengobati Pendarahan pada Otak Tanpa Operasi, Lakukan Ini!

Mengobati Pendarahan pada Otak Tanpa Operasi, Lakukan Ini!

Mengobati pendarahan pada otak tanpa operasi sangat berguna untuk mencegah dampak yang lebih parah. Selain bisa menyebabkan stroke, kondisi ini juga termasuk berbahaya dan bisa mengancam jiwa. Karena itu penting melakukan penanganan yang cepat.

Menurut dunia kedokteran, pendarahan otak terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di sekitar otak. Gangguan kesehatan ini kerap terjadi pada saat yang tidak terduga dan mendadak.

Ada sejumlah gejala yang menggambarkan gangguan fungsi otak akibat pendarahan yang terjadi dalam otak. Kondisi tersebut bahkan bisa mengancam nyawa jika tidak mendapat penanganan secepatnya.

Mengatasi pendarahan pada otak tak selalu harus dengan operasi. Bisa juga mengobati pendarahan otak tanpa operasi, yaitu dengan bahan alami dan sejumlah tindakan pencegahan.

Penyebab pendarahan pada otak yang terjadi pada seseorang karena berbagai faktor. Antara lain karena cedera pada bagian kepala, kelainan struktur pembuluh darah, dan lainnya.

Jangan menganggap remeh masalah pendarahan otak, karena dapat mematikan fungsi otak tersebut. Umumnya pendarahan otak akan timbul ketika arteri pada otak pecah, dan darah mengisi ruang dalam otak atau antara otak dengan tulang tengkorak.

Baca Juga : Kebiasaan Menahan Bersin Berbahaya Bagi Kesehatan, Hati-hati!

Cara Alami Mengobati Pendarahan pada Otak

Darah yang menumpuk dalam otak dapat mengganggu sirkulasi normal. Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya stroke akibat otak kurang oksigen. Kita mengatasi pendarahan pada otak secara alami.

Ada sejumlah cara mengobati pendarahan otak secara alami yang bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa pilihan cara mengobati pendarahan otak tanpa operasi untuk mencegah dampak yang lebih parah.

Umbi Binahong

Umbi binahong memang bisa Anda jumpai di lingkungan sekitar. Sebelumnya Anda campurkan umbi binahong dengan bahan lain, seperti temulawak dan daun sirih.

Dari ketiga bahan tersebut harus berbanding 7, 9, 13, dan kemudian direbus sampai mendidih. Setelah itu, dinginkan dan saring untuk hasilnya diminum 2 kali sehari, dengan ukuran satu gelas. Lakukan cara yang satu ini dengan rutin agar pendarahan pada otak segera sembuh.

Menstabilkan Tekanan Darah dan Pernafasan

Cara alternatif mengobati pendarahan pada otak tanpa operasi juga bisa dengan menstabilkan tekanan darah dan pernafasan.

Baca Juga : Makanan Penyebab Stroke yang Wajib Anda Batasi dan Jauhi

Pada seseorang yang mengalami pendarahan pada bagian otak akibat pembuluh darah pecah, maka penting untuk menstabilkan tekanan darah maupun pernapasan dalam tubuh.

Hal ini karena ketika pembuluh darah pecah, memungkinkan tekanan darah pada tubuh penderita bisa sangat rendah, sebab telah kehilangan pasokan darah akibat pecahnya pembuluh darah tersebut.

Bahkan pernapasan menjadi tidak stabil karena aliran darah menuju ke jantung tidak berjalan dengan lancar.

Menerapkan Olahraga

Melakukan kegiatan berolahraga selain menyehatkan organ jantung, juga merupakan cara mengobati pendarahan pada otak secara alami. Apabila jantung sehat maka bisa menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga aliran darah menuju ke otak menjadi lancar.

Sementara itu, penyumbatan aliran darah pada bagian otak bisa memicu pecahnya pembuluh darah di otak. Oleh karenanya, dengan olahraga kita berharap penyumbatan tidak akan terjadi lagi.

Baca Juga : Penyakit pada Sistem Ekskresi Ginjal, Hati, Paru dan Kulit

Rutinitas olahraga sepatutnya tetap kita pertahankan, yaitu minimal 150 menit per minggu dengan olahraga berintensitas sedang atau 75 menit.

Perkecil Risiko Hipertensi dan Jantung

Cara mengobati pendarahan pada otak tanpa operasi yang juga penting adalah dengan menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Bagi Anda yang mempunyai riwayat atau sedang mengidap penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, maka mengobati keduanya akan memperkecil risiko pendarahan pada otak.

Langkah ini juga berguna untuk mengurangi risiko pembuluh darah pecah. Sementara itu, bagi yang terkena komplikasi diabetes perlu mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sehingga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya gangguan tersebut.

Perbaiki Pola Hidup

Pembuluh darah merupakan kondisi yang bisa kita cegah, sehingga seseorang perlu untuk menghentikan kebiasaan buruk yang dapat memperbesar risiko.

Beberapa di antaranya gaya hidup konsumsi alkohol secara berlebihan dan kebiasaan merokok. Selain itu, mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran bisa mencegah terjadinya gangguan pada otak.

Itulah beberapa cara mengobati pendarahan pada otak tanpa operasi. Tak sedikit pasien atau penderita bisa sembuh sepenuhnya. Kemungkinan terburuk yang terjadi karena gangguan ini adalah komplikasi, termasuk stroke atau kehilangan fungsi otak. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img