Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruMicrosoft Surface Duo 2, HP Layar Lipat dengan Harga Setara Motor Baru

Microsoft Surface Duo 2, HP Layar Lipat dengan Harga Setara Motor Baru

Microsoft baru saja mengumumkan ponsel terbarunya yakni Surface Duo 2. HP terbaru tersebut adalah model layar lipat keduanya. Sebab, sebelumnya Microsoft juga mengeluarkan seri Surface Duo pada tahun 2020 lalu.

Sebagai penerusnya, tentu Surface Duo 2 lebih baik dari generasi sebelumnya dalam hal spesifikasi maupun fitur.

Spesifikasi Microsoft Surface Duo 2

Surface Duo 2 sendiri merupakan smartphone kedua rintisan dari Bill Gates. Jadi Microsoft bukan hanya terkenal dengan perangkat lunaknya, namun juga sudah merambah ponsel beberapa tahun lalu.

Baca Juga : Samsung Galaxy M22 Masuk Indonesia, Ini Harganya

Sementara kehadiran dari Surface Duo 2 yang merupakan suksesor dari Surface Duo, berharap dalam sisi penjualan bisa lebih baik dari pendahulunya.

Layar dan Desain

Saat Anda membentangkan layar tersebut, maka ponsel Microsoft Surface Duo 2 akan memiliki ukuran 8,3 inci. Layar tersebut juga beresolusi 2688 x 1892 piksel dengan panel AMOLED.

Sedangkan jika layar tersebut dalam keadaan tertutup, maka ukurannya adalah 5,8 inci, beresolusi 1344 x 1892 piksel.

Sementara jika melihat desainnya, memang ponsel terbaru besutan Microsoft ini layarnya mirip dengan HP Samsung Galaxy Z Fold 3.

Kedua ponsel pintar tersebut sama-sama bisa membentangkan layar atau unfolded, dan juga dilipat (folded) yang nantinya hanya akan terlihat layar bagian depannya saja.

Layar pada Microsoft Surface Duo 2 tersebut juga sudah membawa teknologi refresh rate 90Hz, dengan tingkat kecerahan sampai 800 nits. Sedangkan sebagai pelindung layarnya, terpasang proteksi Gorilla Glass Victus.

Baca Juga : Phone 13 Laku Terjual di Negara Tirai Bambu, Kalahkan Seri iPhone 12

Sementara untuk ukurannya, jika Anda membukanya maka akan berukuran 145.2 x 184.5 x 5.50 mm. Dan apabila dalam keadaan tertutup, ukurannya adalah 145.2 x 92.1 x 11 mm. Untuk bobotnya sendiri 284 gram.

Jadi, jika melihat saat membuka atau menutup, maka Surface Duo 2 malah lebih condong sebagai smartphone layar ganda daripada layar lipat.

Pasalnya, kedua layar yang terhubung dengan engsel jika dalam keadaan terbuka atau membentang maka akan menyerupai sebuah buku. Sedangkan jika dalam keadaan dilipat setengah maka akan seperti sebuah tenda.

Meski Samsung Galaxy Z Fold 3 sama-sama sebagai ponsel layar lipat, namun pada bagian luarnya masih bisa memperlihatkan layarnya jika dalam keadaan menutup.

Sedangkan untuk Microsoft Surface Duo 2 jika dalam keadaan tertutup bukan layar yang terlihat, melainkan sebuah logo Windows khas dari Microsoft.

Sementara pada bagian setiap sudutnya berdesain sedikit melengkung.

Dapur Pacu

Beralih ke bagian dapur pacunya, ponsel layar lipat Surface Duo 2 ini mengusung prosesor Snapdragon 888 5G (5 nm) besutan Qualcomm.

Selain Microsoft Surface Duo 2, chipset Snapdragon 888 5G juga dipakai oleh HP Samsung Galaxy Z Fold3, Galaxy Z Flip3, ROG Phone 5. Kemudian, Xiaomi Mi 11 Ultra, Black Shark 4 Pro, Oppo Find X3 Pro, Redmi K40 Pro dan Realme GT 5G.

Sehingga, dengan daftar smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon 888 5G, maka performa dari Surface Duo 2 ini tidak perlu Anda ragukan lagi.

Selain itu, ponsel layar lipat besutan Microsoft ini juga mendapat dukungan dari RAM berkapasitas 8 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal tersedia dalam 3 varian, yaitu antara lain 128 GB, 256 GB dan paling besar 512 GB.

Sektor Kamera

Sementara untuk sektor kamera, Microsoft Surface Duo 2 ini pada bagian belakang terpasang 3 kamera sekaligus. Masing-masing tiga kameranya itu antara lain 12 MP (wide) sebagai kamera utama dengan membawa fitur OIS.

Baca Juga : Smartphone Samsung Galaxy A52s 5G Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Kemudian, kamera kedua beresolusi 12 MP (telephoto) sama berbekal OIS dan bisa melakukan 2x optical zoom. Dan kamera terakhir beresolusi 16 MP (ultrawide).

Sedangkan untuk bagian depan, tersemat satu lensa yang memiliki resolusi 12 Mp dengan bukaan f/2.0.

Spesifikasi dan Fitur Lainnya

Pada bagian baterai, Microsoft Surface Duo 2 memiliki kapasitas sebesar 4.449 mAh, serta berbekal fitur pengisian cepat 23W.

Smartphone terbaru besutan Microsoft ini sudah menjalankan OS berbasis Android 11. Tersedia juga fitur NFC, serta mendukung Surface Slim 2 Pen yaitu pena pintar yang menempel pada bagian luar secara magnetis.

Ponsel ini juga tersedia dual SIM, sudah berkonektivitas jaringan internal 5G, sensor keamanan menggunakan fingerprint yang terpasang pada sebelah sisi. Untuk warnanya tersedia dalam dua pilihan, yakni Obsidian dan Glacier.

Sementara untuk harganya, untuk Microsoft Surface Duo 2 varian ROM 128 GB berbanderol 1.499 dolar AS atau sekitar Rp 21,3 jutaan. Kemudian varian ROM 256 GB harganya adalah 1.599 dolar AS atau kurang lebih Rp 22,7 jutaan. dan terakhir ROM 512 GB sebesar 1.799 dolar AS atau kisaran Rp 25,6 jutaan. (Adi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img