Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruMisi SpaceX Inspiration4, Wisata Antariksa Pertama Untuk Warga Sipil

Misi SpaceX Inspiration4, Wisata Antariksa Pertama Untuk Warga Sipil

Misi SpaceX Inspiration4 akan kembali ke Bumi hari ini Sabtu, 18 September 2021. Setelah menghabiskan tiga hari mengorbit sejak hari Rabu pukul 20.02 EDT, merupakan warga sipil pertama.

Tahun ini dengan pesan keragaman penerbangan yang berisikan miliarder ketiga. Bahkan peluncurannya bisa kita saksikan dalam tayangan ulangnya melalui webcast secara lengkap.

NASA melansir bahwa hal ini jadi wisata antariksa yang pertama untuk para warga sipil. Menggunakan wahana antariksa Crew Dragon dengan operasi SpaceX.

Peluncuran ini akan menjadi sebuah percobaan sebuah terobosan masa kini. Dikemudikan para pilot yang sudah terkualifikasi dan jelas kemanannya.

Baca Juga: Misi Crew-1 SpaceX Siap Meluncur Akhir Pekan Ini dengan Empat Astronot

Peluncuran Misi SpaceX Inspiration4 Wisata Antariksa Pertama

Wahana antariksa ini memang layak kita jadikan sebutan wahana yang memberikan adrenalin penumpangnya. Misi yang satu ini memberikan hal serupa pada mereka.

Dengan penerbangan luar angkasa komersil ini, siapapun bisa mencobanya. Terlepas dari berwisata ke destinasi luar biasa, penerbangan ini juga tetap menjadi tujuan sains para awaknya.

Keberangkatannya melewati Kompleks 39A, Kennedy Space Center NASA Florida. Tempat ini juga menjadi pendaratan manusia yang pergi ke Bulan dengan selamat. Pelepasan dan pendaratan pun akan berlokasi di Florida. Pendaratan pada hari ini sepanjang pantai Florida, Amerika Serikat.

Siapa yang Ikut Misi Ini dan Keterlibatannya?

Nah, menjawab pertanyaan mengenai keterlibatan warga sipil dari misi ini. Dari penerbangan Misi SpaceX Inspiration4 ini terdapat total empat orang saja.

Dengan dua orang laki-laki dan dua orang perempuan. Salah satunya merupakan warga dari kulit hitam dan memperlihatkan bahwa misi ini terhindar dari tindakan rasis.

Keterkaitan dari orang tersebut untuk menjalankan misi pengumpulan dana sebanyak US$200 juta atau berkisar Rp. 2,8 triliun. Penggunaan dana ini akan mereka berikan kepada Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude Amerika Serikat.

Rumah sakit ini memberikan spesialis penelitian dan pengobatan kanker anak serta penyakit yang mengancam jiwa. Mereka menganggap jalan ini bisa dengan cepat dalam mengumpulkan dana. 

Karena harga untuk menaikkan satu kursi dalam perjalanan ini mencapai US$55 juta atau Rp. 770 miliar. Keterkaitan antara pengumpulan dana dan wisata luar angkasa bagi warga sipil dalam misi SpaceX Inspiration4 ini juga akan menjadi eksperimen terbaik.

Baca Juga: SpaceX Cargo Dragon NASA Berhasil Meluncur Dari Stasiun Antariksa

Jaminan Awak Dalam Misi SpaceX Inspiration4

Nah, untuk membuktikan apakah misi ke luar angkasa ini akan aman atau tidak, mari kita membahas mengenai para awaknya. Jared Isaacman merupakan komandan misi kali ini, ia merupakan seorang pilot dan petualang yang ulung.

Seorang pendiri dari perusahaan pembayaran digital bernama Shift4 yang sukses. Dengan syarat yang ia miliki ini, sudah memenuhi kategori menerbangkan pesawat komersial dan militer. Selanjutnya Hayley Arceneaux, seorang asisten dokter dari Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Sempat menjadi penderita kanker tulang pada masa kecilnya. Orang ketiga merupakan Chris Sm Broski, ia berpengaruh dalam melobi penerbangan luar angkasa komersial dari perusahaan SpaceX ini.

Pengalaman bertugasnya dalam Angkatan Udara Amerika Serikat dan sampai sekarang merupakan pekerja Industri Kedirgantaraan. Terakhir merupakan Sian Proctor, seorang Geoscientist yang lahir di Guam.

Ini merupakan lokasi ayahnya yang bekerja di stasiun pelacakan NASA, misi Apollo ke Bulan. Ia menjadi Proctor, astronot analog yang melakukan aktivitas dalam ruang simulasi. Bahkan telah menyelesaikan empat misi analog.

Jalur Orbit dan Wahana Misi SpaceX Inspiration4

Misi SpaceX Inspiration4 ini akan mengorbit Bumi dengan ketinggian mencapai 575 km. Tingginya 150 km lebih dari Stasiun Luar Angkasa Internasional atau ISS, yang sampai 450 km.

Anggapan dari 100 km permukaan laut menjadi penerbangannya. Keempat penumpang wahana antariksa ini akan terlibat dalam penelitian ilmiah. Terkait dengan kemajuan kesehatan manusia sebagai penduduk Bumi dan penerbangan luar angkasa jangka panjang pada masa depan.

Mereka akan kembali dengan roket sama SpaceX Falcon 9 yang menjadi Kapsul Dragon. Kelengkapan fasilitas pada kubah observasi melengkung ini akan menjadi port docking yang terhubung ke ISS.

Penumpangnya bisa menikmati pemandangan Bumi secara luar biasa dengan bergantian. Misi SpaceX Inspiration4 ini akan jadi pengaruh besar dalam berbagai aspek. Keterkaitan antara kesehatan, penelitian, dan berbagai studi yang cukup menarik. (R10/HR Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img