Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita TerbaruMisteri Sumur Neraka Yaman, Penjelajah Turun ke Dasar

Misteri Sumur Neraka Yaman, Penjelajah Turun ke Dasar

Misteri sumur neraka Yaman, warga setempat percaya jika lubang besar itu merupakan penjara bagi para jin. Kemudian menjadi pintu gerbang ke dunia bawah. Namun ada sekelompok orang yang berani turun ke dasar lubang sedalam 367 kaki atau 112 meter tersebut.

Mengupas Misteri Sumur Neraka Yaman

Melansir laman livescience, sekelompok penjelajah goa dari Oman pertama kalinya turun ke dasar Sumur Neraka di Yaman. Lubang tersebut terkenal sebagai Sumur Barhout. Lalu memiliki pintu masuk melingkar berdiameter 98 kaki atau 30 meter. 

Misteri sumur neraka Yaman terletak di tengah gurun. Lebih tepatnya berada di dekat perbatasan Oman, di provinsi al-Mahra di Yaman Timur. 

Sebelumnya ada penjelajah goa amatir yang telah masuk lubang tersebut. Namun hingga saat ini belum terungkap berhasil mencapai dasar atau tidak. 

Kemudian minggu lalu tim Eksplorasi Goa Oman (OCET) beranggotakan 10 penjelajah. Mereka menjelajah Sumur Barhout memakai sistem katrol. Delapan anggota turun ke bawah sumur. Sedangkan dua sisanya tetap di atas. 

Terdapat sekelompok kecil penonton yang memiliki keberanian untuk melihat acara itu. Meskipun sebenarnya terdapat ketakutan yang menyelimuti di sekitar lubang pembuangan. 

Baca Juga: Misteri Aurora Sinar X Jupiter Selama 40 Tahun Kini Terpecahkan

Air Terjun dan Ular di Dalam Sumur Neraka

Mohammed al-Kindi, seorang profesor geologi di Universitas Teknologi Jerman di Oman menjadi salah satu dari tim OCET. Ia mengatakan jika terdapat keajaiban baru dan merupakan bagian dari sejarah Yaman. Hal tersebut terbilang pada kantor berita di Prancis AFP.

Para penjelajah tidak menemukan misteri sumur neraka Yaman sebagai akses masuk ke penjara iblis atau jin. Mereka melaporkan jika menemukan ular, air terjun, stalagmit, mutiara goa, dan hewan mati. 

Tim Ocet mendarat di lantai yang rata dan bergerigi. Kemudian tertutup stalagmit, beberapa diantaranya mencapai ketinggian 9 meter. 

Beberapa mutiara goa terbentuk karena adanya tetesan air sebagai lapisan mineral konsentris. Leslie Melim, seorang ahli geologi spesialisasi dalam mutiara goa, di Western Illinois University. Ia mengatakan jika mineral bisa tumbuh seluruhnya di sekitar butir akibat nukleus yang lepas. 

Perlu Anda ketahui, mutiara goa sebenarnya jarang terjadi. Kemudian hanya bisa tumbuh di bagian lantai goa yang datar. Sehingga intinya tidak bergerak. 

Tim juga menemukan air yang muncul dari beberapa lubang di dinding goa. Sekitar 213 kaki di bawah permukaan, sehingga menimbulkan air terjun mini. Tetesan air tersebut berguna untuk pembentukan stalagmit, speleothem, dan mutiara goa. 

Ular, kumbang, dan katak ada di dalam sistem goa. Selain itu, terdapat beberapa hewan mati, seperti burung yang jatuh di dalam lubang. Kemungkinan bau busuk yang dilaporkan warga setempat timbul dari mayat burung tersebut.

Baca Juga: Misteri Spesies Buaya Bertanduk yang Punah Terpecahkan

Mitos Setempat

Misteri sumur neraka Yaman tidak terlepas dari cerita rakyat lokal. Mereka mengatakan jika lubang tersebut merupakan penjara bagi iblis. 

Hal tersebut didukung dengan adanya bau busuk yang muncul dari kedalaman. Salah Babhair, direktur jenderal survei geologi dan otoritas sumber daya Mineral Mahra mengatakan jika belum pernah ada yang mencapai dasar. 

Pasalnya, di dalam sumur tersebut hanya ada sedikit oksigen. Bahkan tidak ada ventilasi udara. Sinar matahari tidak mampu masuk jauh ke dalam struktur. Kemudian hanya sedikit terlihat dari tepi. Burung-burung berterbangan keluar masuk dari kedalamannya. 

Videografer yang pernah menjelajah juga sulit menangkap close up dari bagian dalam sumur. Takhayul setempat mengatakan jika misteri sumur neraka Yaman akan menyedot benda-benda di sekitarnya.

Terbentuknya Lubang Pembuangan

Ada berbagai jenis lubang pembuangan. Pada umumnya lubang tersebut terbentuk dari lubang runtuhan dan amblesan. Keruntuhan pada lubang runtuhan karena rongga di batuan besar bawah permukaan meluas sedemikian rupa.

Dengan begitu, atap yang ada di atasnya tidak mampu ditopang. Alhasil sedimen yang ada di atasnya akan runtuh dan masuk dalam goa. 

Akan tetapi, runtuhan lubang tergantung dari jenis lanskap atau karst. Sayangnya, para tim belum dapat menyimpulkan bagaimana dan kapan lubang runtuhan terbentuk. Pasalnya, tidak ada orang di sekitar lokasi yang merekam peristiwa tersebut. 

Kemungkinan usia dari Sumur Barhout tersebut jutaan tahun. Selain menjelajah sumur itu, tim juga mengambil sampel berupa air, batu, tanah, dan beberapa mayat hewan. Misteri sumur neraka Yaman menurut mitos lokal selama berabad-abad ini dikenal sebagai penjara bagi iblis. (R10/HR Online)

- Advertisment -