Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruMode Jangan Ganggu di Android, Aktivitas Lebih Nyaman Tanpa Notifikasi

Mode Jangan Ganggu di Android, Aktivitas Lebih Nyaman Tanpa Notifikasi

Mode Jangan Ganggu di Android sama halnya dengan seseorang yang tidak ingin diganggu. Semua hal yang terjadi pada perangkat Android akan dibisukan hingga Anda mengembalikannya pada mode Normal/Dering.

Baca juga: Instal CWM Recovery Android Semua Jenis Tanpa PC

Bagi seseorang atau Anda yang sedang merasa tidak ingin terganggu dalam sementara waktu, maka Anda pun dapat mengaktifkan mode Jangan Ganggu pada perangkat Android yang Anda miliki.

Mengenal Mode Jangan Ganggu di Android

Salah satu fitur Android yang cukup penting untuk pengguna perhatikan bernama mode Jangan Ganggu. Kehadiran mode atau fitur ini dapat membantu Anda untuk menghindari adanya berbagai notifikasi dari ponsel Android yang Anda gunakan.

Dengan menggunakan mode ini, maka ponsel akan menjadi lebih senyap dan Anda pun dapat beraktivitas secara lebih fokus. Bagi para pengguna Android, tentu sering menerima notifikasi dari SMS, email, atau lainnya yang sering mengganggu.

Dengan menggunakan Mode Do Not Disturb (DND/Jangan Ganggu) dapat menjadi solusi pada kondisi ini. Selain dapat Anda atur secara manual, mode Jangan Ganggu di Android dapat Anda aktifkan secara otomatis. Untuk dapat mengaktifkan fitur ini, perangkat harus mempunyai versi Android 6.1 atau yang lebih baru.

Manfaat Mode Jangan Ganggu di Android

Mode ini merupakan sebuah kondisi perangkat Android yang Anda gunakan akan meminimalisir segala aktivitas yang dapat mengganggu Anda. Mulai dari pesan notifikasi, gangguan visual, hingga bentuk suara lainnya.

Melalui mode ini, Anda dapat menyesuaikan aplikasi apa saja yang akan Anda bisukan saat mode Jangan Ganggu Anda aktifkan. Mode ini sebenarnya dapat Anda kategorikan dengan mudah sebagai mode Hening atau Silent.

Baca juga: Cara Silent HP Android untuk Jam-Jam Tertentu dengan Otomatis

Apabila terdapat notifikasi, maka Anda dapat memilih untuk tampilkannya atau tidak. Selain itu, setelah mode ini berhasil Anda aktifkan, maka tidak akan ada suara yang keluar atau layar yang berkedip hidup karena adanya notifikasi.

Anda dapat memanfaatkan mode ini pada saat beristirahat. Selain itu, Anda pun tidak perlu bangun untuk melakukan pengecekan pesan dalam bentuk apapun yang muncul. Hal ini berhubungan dengan privasi serta kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas pribadi Anda.

Cara Mengaktifkan Mode Jangan Ganggu di Android

Pada umumnya, perangkat HP dengan versi Android 6 atau Marshmallow ke atas telah tersemat mode Jangan Ganggu. Untuk dapat mengaktifkannya, para pengguna tinggal membuka panel Quick Access atau akses cepat.

Akses cepat ini pada umumnya akan terbuka apabila Anda mengusap layar dari atas ke bawah atau sebaliknya. Selanjutnya tekan ikon seperti tanda stop dengan garis miring.

Baca juga: Mengatasi Tombol Back Android Tidak Berfungsi, Simak Cara Mudahnya!

Setelan mode ini dapat tersembunyi. Dengan demikian, memerlukan adanya proses pengeditan tata letak ikon Jangan Ganggu supaya muncul serta dapat Anda nonaktifkan ataupun Anda aktifkan.

Anda dapat mengatur mode ini dari pengaturan ponsel selanjutnya menu notifikasi. Bisa juga pada Suara & Getaran, kemudian menu Jangan Ganggu. Paling mudah untuk melakukan pencarian dalam setelan HP dengan kata kunci Jangan Ganggu.

Fitur pada Mode Jangan Ganggu di Android

Pada pengaturan yang berhubungan dengan mode Jangan Ganggu, maka dapat memilih aplikasi penting apa saja yang dapat tampil ketika mode Anda aktifkan.

Berbagai pilihan aplikasi yang diizinkan tampil tersebut akan memunculkan suara dan notifikasi. Akan tetapi, fitur yang lebih lengkap ini hanya dapat Anda temukan pada Android Pie dan versi atasnya.

Baca juga: X8 Speeder Tanpa Iklan untuk Higgs Domino, Ini Cara Menggunakannya!

Pada umumnya, untuk memilih berbagai aplikasi yang tidak akan Anda bisukan, masing-masing jenis ponsel memiliki cara berbeda. Apabila perangkat Android Anda berada di bawah versi Android Pie, maka mode Jangan Ganggu akan menjadi satu dengan mode Hening biasanya.

Anda tidak dapat ubah setelan aplikasi yang Anda prioritaskan untuk muncul. Selanjutnya, ponsel akan matikan notifikasi, getaran, serta suara. Kecuali alarm saja yang akan muncul saat mode Jangan Ganggu Anda aktifkan.

Akan tetapi, dari berbagai jenis versi Android tersebut, dapat melakukan adanya setelan panggilan masuk yang Anda izinkan. Selanjutnya notifikasi akan mengambang ketika mode Jangan Ganggu di Android Anda aktifkan. Anda pun dapat menjadwalkan kapan waktu mode ini akan aktif atau Anda matikan. Sehingga berbagai notifikasi tidak akan mengganggu aktivitas Anda. (R10/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img