Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita BanjarMomen World Cleanup Day, Warga Banjar Harus Biasakan Pilah Sampah

Momen World Cleanup Day, Warga Banjar Harus Biasakan Pilah Sampah

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Momen World Cleanup Day tahun 2021, masyarakat Kota Banjar, Jawa Barat, diajak untuk pilah sampah dari rumah. Selain bersih-bersih dan pilah sampah dari rumah, kegiatan WCD juga harus menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, Sri Sobariah mengatakan, rangkaian kegiatan dalam memperingati World Cleanup Day dilakukan secara serentak mulai dari tanggal 12-24 September 2021.

“Tanggal 19 kemarin rangkaian acara World Cleanup Day itu berlangsung di setiap desa dan kelurahan. Sebagai motornya oleh penggerak PKK,” kata Sri Sobariah, Selasa (21/09/2021).

Momen World Cleanup Day untuk Lembaga Pendidikan

Selain itu, lanjutnya, dalam momen World Cleanup Day tahun 2021 ini, ada empat lembaga pendidikan yang diusulkan untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

“Kami juga mengusulkan Sekolah Calon Adiwiyata Nasional dan sudah tahap pengumpulan administrasi. Tinggal menunggu verifikasi. Empat sekolah itu meliputi SMPN 1 Banjar, SMPN 3 Banjar, SMPN 7 Banjar, dan SDN 3 Banjar. Mohon doanya dari semua, semoga usulan kami bisa lolos dan sesuai dengan klasifikasi masing-masing,” harapnya.

Selain itu, kata Sri Sobariah, Kota Banjar juga ada memiliki satu sekolah yang akan pihaknya usulkan untuk menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri, yakni SMPN 8 Banjar. Sebelumnya sekolah ini sudah menjadi Adiwiyata Nasional.

Ia menyebutkan, Sekolah Calon Adiwiyata Mandiri harus memenuhi syarat utama, yaitu melewati Adiwiyata Nasional.

“Syarat utamanya harus melewati Adiwiyata Nasional. Jadi tidak bisa kalau belum nasional ke mandiri. Syarat lainnya setelah mandiri itu harus memiliki dua sekolah binaan adiwiyata,” paparnya.

Sri juga menjelaskan, Sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang menerapkan gerakan peduli terhadap lingkungan sekitar. Baik lingkungan sekolah maupun tempat lainnya.

Pihaknya berharap, SMPN 8 Banjar bisa lolos sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, dan itu akan menjadi satu-satunya Sekolah Adiwiyata Mandiri di Kota Banjar.

SMPN 8 Banjar Sekolah Adiwiyata Nasional

Sementara itu, Kepala SMPN 8 Banjar, Siswati mengatakan, pada bulan Oktober nanti sekolahnya akan diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup untuk maju menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

“SMPN 8 Banjar ini sudah menjadi Adiwiyata Nasional pada tahun 2019. Sekarang akan maju ke Adiwiyata Mandiri,” terangnya.

Siswati berharap dukungan dari semua pihak agar sekolahnya bisa lolos dalam verifikasi tersebut. Termasuk semua sekolah yang ada di Kota Banjar bisa menjadi Adiwiyata.

“Mohon doa dan dukungannya dari semua, mudah-mudahan bisa lolos verifikasi. Saya juga berharap ke depannya sekolah yang ada di Kota Banjar bisa menjadi Adiwiyata,” pungkasnya. (Sandi/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img