Minggu, Juni 26, 2022
BerandaBerita TerbaruMusisi Legendaris Indonesia yang Karyanya Menginspirasi Anak Bangsa

Musisi Legendaris Indonesia yang Karyanya Menginspirasi Anak Bangsa

Musisi legendaris Indonesia tentu punya jalan cerita masing-masing untuk menemukan titik suksesnya. Persamaannya tersimpan di perjuangan dan hasil karya mereka yang selalu tembus ruang kalbu.

Ada banyak deretan musisi Indonesia yang sudah melegenda. Artinya ranah mereka di dunia musik tanah air sudah sangat lama dan terlalu dalam hingga menjadi sosok yang menginspirasi generasi muda.

Perannya dalam industri musik nusantara sudah tidak terbilang kata. Meski beberapa telah gugur, karyanya tidak pernah lebur. Seiring berjalannya waktu, nama dan karyanya justru semakin mengharum saja.

Baca Juga: Artis yang Menjadi Duta FFI, Reza Rahadian Menunjuk 4 Orang Ini!

Profil Sejumlah Musisi Legendaris Indonesia

Musisi Indonesia yang sudah melegenda kerap membawakan lagu yang penuh makna, bahkan kadang menjadi perantara untuk menyuarakan suara rakyat Indonesia. Dari banyaknya musisi legend tersebut, kami akan beberapa profil hidup mereka.

Nama-nama di bawah ini adalah musisi legendaris tanah air yang karyanya tetap mengalir.

Didi Kempot

Lahir pada tanggal 31 Desember 1966 dengan nama lahir Dhidhik Prasetya. Karirnya bermula dari menjadi seorang musisi jalanan.

Kemudian Didik dengan rekannya berhasil menarik perhatian label “Musica Studio’s”. Di tahun 1989, Didi berhasil merilis album perdana bertajuk cidro.

Didi lantas mengganti namanya saat di atas panggung yakni, Didi Kempot. Karya-karya mayoritas bertema patah hati dan cinta yang sudah melekat di kehidupan orang Indonesia.

Saking seringnya menciptakan lagu patah hati, musisi legendaris Indonesia yang satu ini mendapat gelar dari para fansnya, “Sobat Ambyar” yakni “Godfather of Broken Heart”

Namun, atas kehendak Tuhan, sang maestro ini harus mengakhiri hidupnya pada tanggal 5 Mei 2020. Ia meninggal lantaran sakit yang dideritanya.

Baca Juga: Artis yang Mengutamakan Pendidikan Dengan Karier Cemerlang

Chrisye

Memiliki nama lahir Christian Rahadi kemudian akrab dengan julukan Chrisye untuk nama panggungnya. Ia lahir berketurunan Tionghoa-Indonesia pada tanggal 16 September 1949.

Pada tahun 1960 an Chrisye sudah mulai mendalami bakat musiknya. Ia berhasil menciptakan karya terbaiknya yang telah menjamur di kehidupan generasi saat ini bertajuk, “Lilin-Lilin Kecil”.

Sebagai seorang musisi legendaris Indonesia, Chrisye sudah mengeluarkan setidaknya 20 album solo dalam kurun waktu 25 tahun selama perjalanan karirnya. Bahkan sejumlah penghargaan juga pernah ia kalungi.

Pada tahun 2007, tepatnya tanggal 30 Maret, Chrisye menutup usianya lantaran mengidap kanker paru-paru.

Iwan Fals

Ia adalah seorang penyanyi, musisi, pencipta lagu, sekaligus seorang kritikus yang lahir pada tanggal 3 September 1961. Iwan Fals adalah nama panggungnya, sementara nama aslinya adalah Virgiawan Listanto.

Mendalami dunia musik, Iwan Fals terbilang merangkul hampir semua genre musik. Mulai dari Pop, rock, Balada, hingga country. Lirik-lirik lagunya banyak yang mengandung kritikan.

Beberapa ada yang tentang sejarah tahun 1970 di bidang politik, hingga menyuarakan suara rakyat. Ia mengenakan OI (Orang Indonesia) sebagai nama untuk para penggemarnya.

Fans dari musisi legendaris Indonesia ini bahkan sudah mendirikan sebuah yayasan bernama Yayasan Orang Indonesia yang tidak lain bermanfaat untuk menjadi ajang kegiatan para penggemar fanatik Iwan Fals.

Nike Ardila

Kali ini musisi legendaris tanah air datang dari sosok Raden Rara Nike Ratnadilla Kusnadi atau Nike Ardila. Lahir pada 27 Desember 1975, Nike Ardila harus tutup usia akibat kecelakaan lalu lintas yang ia alami pada 19 Maret 1995.

Kendati hidup dengan waktu yang sangat singkat, Nike Ardila sudah sangat sukses meninggalkan jejak, terutama dalam bidang musik tanah air. Bakat bernyanyinya sudah terlihat sejak umurnya masih lima tahun.

Merangkap sebagai seorang model, Nike Ardila juga tak lepas dari wawasan seni yang ia dalami. Musik yang ia tinggalkan lantas masih membekas hingga sekarang.

Salah satu singlenya yang populer dari musisi legendaris Indonesia yang satu  ini adalah “Bintang Kehidupan” dan “Seberkas Cahaya Terang”.

Ebiet G Ade

Nama aslinya adalah Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far lahir ada tanggal 21 April 1954. Ia lebih populer dengan julukannya Ebiet G Ade saat berada di atas panggung.

Melalui karya-karya di dunia musik, Ebiet menciptakan pengalaman untuk menembangkan kenestapaan yang terjadi pada alam. Lagu-lagunya sarat akan nasihat serta dala akan makna.

Menariknya, Ebit tidak pernah menyanyikan lagu yang bukan karyanya. Namun satu lagu buatan orang lain yang pernah ia bawakan adalah hasil tulisan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (Mengarungi Keberkahan Tuhan) dan Oding Arnaldi (Surat dari Desa).

Baca Juga: Eva Celia Terima Lamaran dari Kekasih pada Perayaan Ulang Tahunnya

Musisi Legendaris Indonesia Lainnya

Dari nama-nama yang tertulis di atas, hanyalah sebagian kecil dari banyaknya musisi Indonesia yang sudah melegenda. Mungkin Anda juga sudah lekat dengan nama lainnya seperti Gombloh, Benyamin S, Koes Ploes, Titiek Puspa, hingga seorang raja dangdut Rhoma Irama.

Perlu kita pahami, apabila merekalah yang banyak andil hingga dunia musik tanah air bisa menjadi seperti saat ini. Mereka yang telah berupaya untuk menciptakan inovasi di bisa seni musik memang wajib kita apresiasi.

Harapannya pada generasi muda, titik sukses setiap orang tidak sama. Namun untuk menjadi seperti mereka, para musisi legendaris Indonesia, selalu ada perjuangan yang tidak mudah melewatinya.

- Advertisment -