Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruNama Lain Ka'bah Ternyata Ada Berbagai Macam, Sudah Tahukah Anda?

Nama Lain Ka’bah Ternyata Ada Berbagai Macam, Sudah Tahukah Anda?

Nama lain Ka’bah tentunya menjadi hal yang bisa menambahkan ilmu pengetahuan kita tentang agama Islam. Berdirinya Ka’bah sampai sekarang ini tidak lepas dari perjuangan para nabi terdahulu. Salah satunya adalah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Berdiri di Kota Mekah, Arab Saudi, rumah Allah atau Ka’bah merupakan tempat yang paling suci bagi seluruh umat muslim. Nabi Ibrahim dan nabi Ismail dalam membangun Ka’bah tersebut merupakan perintah dari Allah SWT. Adanya Ka’bah tersebut juga menjadi kiblat bagi umat Islam.

Ka’bah sendiri adalah bangunan yang berbentuk persegi, menyerupai ruangan besar, serta letaknya berada di tengah-tengah Masjidil Haram. Tempat inilah yang setiap bulan Dzulhijjah Selalu ramai ribuan orang dari segala penjuru dunia.

baca juga: Sejarah Berdirinya Ka’bah, Perjuangan Keras Ibrahim dan Ismail

Inilah Nama Lain Ka’bah yang Menjadi Kiblat Umat Muslim

Pembangunan ka’bah yang didirikan oleh Ibrahim dan Nabi Ismail, sebagaimana arti dari surat Al-Baqarah ayat 127,

” dan ingatlah saat Ibrahim meninggikan pondasi Baitullah, yaitu Ka’bah yang sudah ada ketika Nabi Adam AS dahulu. Bersama dengan putranya Nabi Ismail, Ibrahim berdoa, Wahai Allah, Terimalah amal kebaikan dan permohonan kami ini. Sesungguhnya, hanya Engkaulah yang Maha Mendengar permohonan dari hamba-hambaMu. Engkau yang mengetahui keadaan mereka “.

Bukan hanya merupakan tempat yang paling suci, setiap bulan Dzulhijjah dikunjungi, dan merupakan kiblat seluruh umat muslim, ternyata ada nama lain Ka’bah. Wah, sudah tahukah Anda apa saja sebutan untuk Ka’bah?

Mungkin beberapa orang masih belum pasti untuk menyebutkan nama lain Ka’bah. Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita mengenai agama Islam, penting sekali menyimak penjelasan berikut ini.

baca juga: Macam-Macam Pelaksanaan Haji, Lengkap dengan Penjelasannya

Baitullah Atau Rumah Allah SWT

Untuk nama lain Ka’bah yang pertama adalah Baitullah atau rumah Allah. Penamaan berupa Baitullah ini juga tidak lepas dari makna atau artinya.

Bait yang merupakan bahasa Arab yang memiliki arti rumah, sedangkan Allah yang berarti Allah. Berarti Baitullah adalah rumah milik Allah atau rumah Tuhan.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 125:

Dalam Al-Qur’an surat Al-Hajj ayat 26 juga menyebutkan:

Bait juga menjadi nama lain Ka’bah, meskipun tanpa mengikutsertakan “Allah”. Karena memang banyak orang yang menyebutkan bahwa Ka’bah itu juga Al-Bait.

Penjelasan ini seperti tercantum dalam Al-Qur’an surat Ali-Imran ayat ayat 96, “Sesungguhnya rumah ibadah yang dibangun khusus untuk manusia adalah Baitullah yang berada di Bakkah (Mekkah). Diberkahi serta menjadi petunjuk untuk seluruh alam ini”.

baca juga: Mukjizat Nabi Ibrahim Alaihissalam, Berikut Ini Penjelasannya untuk Anda

Al-Bait Al-A’tiq

Kemudian, nama lain Ka’bah yang selanjutnya adalah Al-Bait Al-‘Atiq. Artinya adalah rumah yang bebas. Maksud dari bebas tersebut adalah Allah SWT akan membebaskan Ka’bah dari adanya berbagai macam bencana yang membahayakan.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi nama lain Al-Bait Al-‘Atiq ini juga mempunyai artian bahwa tidak ada seorang pun yang boleh untuk mengambil hak sebagai hak milik.

Jadi, Ka’bah itu bukan seperti harta gono-gini yang harus kita perebutkan. Entah cara apapun yang Anda lakukan, hal tersebut tidak Allah SWT halalkan.

Jangankan kita, ya nggak? Nabi Ibrahim dan Ismail saja, yang sudah bersusah payah membangunnya, rela kepanasan untuk memenuhi perintah Allah SWT, tidak ada niatan untuk menjadikan Ka’bah itu miliknya. Bahkan sampai sekarang ini, beliau-beliau yang berjasa tersebut sudah meninggal.

Islam tidak mengajarkan bahwa Ka’bah itu milik Ibrahim dan Ismail. Ka’bah tetap milik Allah dan akan menjadi rumah Allah SWT.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi Nabi Muhammad SAW sekalipun, yang mempunyai mukjizat dari nabi yang lain bisa naik ke sidratul muntaha bertemu langsung dengan Allah SWT. Beliau juga tidak mempunyai rasa untuk memiliki rumah Allah tersebut.

Makna dari Al-A’tiq lainnya adalah Allah akan membebaskan manusia dari azab Allah. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 97 menjelaskan bahwa barang siapa atau siapapun yang memasuki rumah Allah maka dia akan aman.

Salah satu kewajiban untuk umat manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yakni bagi mereka yang mampu untuk mengadakan perjalanan menuju tempat tersebut.

Nah, itu tadi beberapa nama lain Ka’bah yang semoga bisa menambahkan ilmu pengetahuan serta wawasan kita tentang agama Islam. Ada Ka’bah, Baitullah, Al-Bait, Al Bait Al Atiq, dan yang lainnya. Semoga bermanfaat. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img