Obat Herbal Untuk Diabetes, Ramuan Alami untuk Cegah Komplikasi

obat herbal untuk diabetes
Jenis obat herbal untuk diabetes. Foto: Ist/Net

Obat herbal untuk diabetes bisa menjadi pilihan guna mencegah kondisi semakin parah. Selain bisa untuk meredakan, cara alami ini juga berguna untuk mengatasi meningkatnya kadar gula darah dan mencegah komplikasi.

Diabetes melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang banyak menjangkiti kebanyakan orang Indonesia. Penyakit yang cukup terkenal ini terjadi karena adanya kadar gula darah yang melonjak tinggi pada tubuh.

Kondisi inilah yang bisa menyebabkan terjadinya masalah kinerja pada organ tubuh Anda. Penyakit ini juga terkenal dengan sebutan penyakit gula atau kencing manis.

Jika seseorang terkena penyakit ini akan bisa dengan mudah menyebabkan terjadinya komplikasi pada penderitanya. Penyakit gula bisa menyerang semua kalangan sehingga perlu kita waspadai.

Untuk meredakan kadar gula darah yang tinggi pada tubuh, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari mengontrol asupan nutrisi dan makanan Anda, hingga olahraga.

Jenis Obat Herbal untuk Diabetes

Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Anda bisa menggunakan ramuan herbal alami untuk mengatasi penyakit ini. Bahkan herbal ini juga bisa untuk mencegah maupun meredakan serangan penyakit gula.

Baca Juga : Gejala Diabetes Kering yang Harus Diwaspadai Sejak Awal

Bagi Anda yang penasaran apa saja cara ampuh mengatasi penyakit gula dengan obat dan ramuan herbal, berikut ini beberapa jenis obat herbal untuk diabetes yang ampuh dan baik untuk Anda gunakan.

Kunyit

Cara meredakan penyakit gula bisa dengan memanfaatkan kunyit. Ramuan obat herbal yang satu ini baik untuk menurunkan kadar gula darah dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Rimpang kunyit adalah salah satu pilihan tepat bagi Anda para penderita penyakit gula. Apalagi cara untuk membuat ramuan in juga mudah. Rebus saja air dengan campuran kunyit dan juga garam hingga mendidih.

Setelah itu, Anda bisa menyaringnya dan tunggu agak dingin. Selanjutnya tinggal Anda konsumsi ramuan tersebut hingga habis. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Buah Mengkudu

Ramuan obat herbal untuk diabetes selanjutnya adalah dengan menggunakan buah mengkudu. Buah yang satu ini baik dan bermanfaat untuk menurunkan serta menstabilkan gula darah Anda.

Cara membuat ramuan herbal ini juga mudah. Siapkan buah mengkudu sebanyak 1 buah, kemudian blender hingga halus, dan campurkan dengan air hangat.

Baca Juga : Makanan yang Tidak Mengandung Gula, Cocok Untuk Diabetes

Setelah itu, Anda bisa menyaringnya, dan minum air perasan mengkudu ini secara teratur 2 kali dalam sehari, hingga gula darah dalam tubuh menurun.

Ginseng

Tanaman yang satu ini juga termasuk obat herbal untuk diabetes yang berkhasiat. Bahan herbal alami ini kaya dengan nutrisi dan khasiat yang melimpah.

Termasuk salah satunya untuk membantu mengatasi penyakit kencing manis. Hal ini karena nutrisi yang ada pada ginseng sangat tinggi, sehingga sangat baik menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda.

Anda bisa membuat ramuan ginseng dengan mencampurkannya dengan air, dan rebus hingga mendidih. Kemudian konsumsi ramuan ginseng ini secara teratur.

Kacang Buncis

Anda tentu sudah sangat familiar dengan jenis sayuran yang satu ini. Buncis juga merupakan obat herbal untuk diabetes yang bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengobati kadar gula Anda.

Baca Juga : Makanan Pantangan Diabetes dan Kolesterol, Temukan Alternatifnya

Dalam buncis terdapat nutrisi dan kandungan yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah. Cara membuatnya sangat mudah. Tinggal rebus saja buncis yang sudah kita bersihkan hingga matang.

Setelah matang, lalu menyaringnya terlebih dahulu dan biarkan hingga menjadi agak hangat. Baru kemudian minum air rebusan buncis secara teratur.

Buah Pare

Pare memang memiliki rasa yang pahit, akan tetapi khasiat yang ada pada sayuran ini sendiri sangat besar. Utamanya untuk membantu mengatasi penyakit gula secara alami dan mudah kita lakukan.

Dalam pare terkandung nutrisi yang bisa menurunkan kadar gula darah. Senyawa ini baik untuk menumbuhkan insulin yang ada pada pankreas. Tentu saja bermanfaat untuk penderita penyakit gula.

Nah, itulah beberapa jenis obat herbal untuk diabetes yang bisa Anda manfaatkan. Anda bisa mencoba mengatasi penyakit gula dengan herbal pilihan. Apalagi membuatnya juga mudah dengan bahan dari sekitar lingkungan rumah kita. (R11/HR-Online)

Editor : Eva