Obat Kolera Alami untuk Cegah Diare dan Dehidrasi yang Parah

obat kolera alami
Pilihan obat kolera alami. Foto: Ist/Net

Mengonsumsi obat kolera alami berguna sebagai penanganan darurat yang cepat. Apalagi penyakit ini akan menyebabkan terjadi diare yang terus menerus. Tak sedikit kasus kematian yang terjadi akibat tubuh mengalami dehidrasi yang parah.

Kolera, mengutip dari Wikipedia, merupakan jenis penyakit yang menyerang saluran pencernaan. Penyakit menular ini dalam istilah medis terkenal dengan sebutan Asiatic cholera.

Penyakit kolera terjadi karena faktor bakteri Vibrio cholerae. Bakteri inilah yang dapat mencemari minuman dan makanan, serta bisa masuk ke dalam tubuh.

Gejala yang umumnya terasa akibat penyakit ini antara lain diare, buang air besar terus menerus, mual, muntah, kram pada perut, hingga terjadinya dehidrasi.

Kasus kematian akibat penyakit ini termasuk cukup tinggi, dan umumnya karena tubuh yang mengalami dehidrasi. Penanganan yang cepat dengan obat kolera alami bisa menjadi solusi mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Penyakit kolera ada beberapa jenis berdasarkan infeksi yang terjadi. Biasanya kolera akan terjadi saat tubuh terjangkit bakteri. Kuman ini akan menyerang dengan sangat cepat melalui air yang terkontaminasi.

Maka tak heran jika seseorang yang terkena kolera memungkinkan kondisi tubuh mengalami diare dan dehidrasi berlebih. Pada sejumlah kasus, kolera mampu menyebabkan kematian mendadak dalam hitungan jam.

Baca Juga : Penyakit Kolera, Begini Cara Mengobati dan Mencegahnya!

Pada dasarnya bakteri kolera memiliki dua siklus, yaitu dalam tubuh manusia ataupun pada lingkungan. Tinja atau feses merupakan tempat bakteri kolera yang mudah menular dan masuk ke tubuh manusia.

Hal ini mesti kita waspadai karena perkembangbiakannya benar-benar sangat cepat. Apalagi jika makanan yang kita konsumsi kurang sehat dan higienis, akan memudahkan bakteri kolera mengkontaminasinya.

Penanganan dengan Obat Kolera Alami

Cara mengatasi penyakit kolera secara alami merupakan alternatif yang sebaiknya kita lakukan jika ada anggota keluarga yang memperlihatkan gejala penyakit kolera.

Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaat untuk mencegah kondisi penderita menjadi semakin parah. Berikut pilihan obat kolera alami yang bisa Anda manfaatkan.

Air Lemon

Salah satu cara alami mengobati penyakit kolera adalah dengan buah lemon. Lemon memiliki kandungan bersifat antibakteri, sehingga cukup efektif dalam melawan bakteri penyebab kolera.

Bukan hanya itu, kandungan vitamin C pada buah lemon juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga : Gejala Penyakit Kolera, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Maka dari itu, buah ini cocok sebagai metode pemulihan penyakit kolera. Anda bisa mengonsumsi segelas jus lemon dengan tambahan madu maupun garam. Lakukan setiap hari agar kolera cepat sembuh.

Minum Yogurt

Mengonsumsi yogurt juga bisa menjadi obat kolera alami yang efektif. Produk ini kaya akan kandungan probiotik yang cukup terkenal akan khasiatnya. Utamanya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Peningkatan sistem imun tersebut rupanya dapat menjadi solusi terbaik untuk menyembuhkan kolera. Anda hanya perlu mengonsumsi yogurt sebanyak 2 sampai 3 buah perhari.

Banyak yang beranggapan bahwa yogurt efektif dalam melawan bakteri penyebab penyakit kolera. Sehingga penyakit menular ini dapat kita atasi sampai ke akarnya dengan mengonsumsi yogurt.

Mengonsumsi Cengkeh

Pilihan obat kolera alami selanjutnya adalah cengkeh. Bahan alami ini biasa kita jumpai pada kawasan pegunungan. Hal ini karena cengkeh hanya mampu bertahan hidup pada area yang dingin dan tanah subur.

Cengkeh ternyata bermanfaat untuk pengobatan kolera secara alami dan efektif. Pasalnya, kandungan senyawa kimia bernama eugenol yang terdapat pada cengkeh berguna membantu melawan bakteri parasit pada usus.

Baca Juga : Manfaat Kemenyan untuk Kecantikan, Jadi Bukan untuk Sesajen Saja

Kunyit

Satu lagi bahan obat kolera alami yang berkhasiat adalah kunyit. Bahkan herbal ini mampu menyembuhkan kolera yang sudah semakin parah. Anda tentunya tidak usah bingung dalam proses pembuatan ramuan berbahan kunyit.

Caranya adalah, cukup mencampurkan seperempat bubuk kunyit dengan sedikit madu dan secangkir air panas. Aduk hingga rata lalu konsumsi ramuan tersebut dua kali sehari hingga gangguan perut pulih dan terasa lebih lega.

Bawang

Bawang yang merupakan bumbu dapur sangat berguna untuk mengobati penyakit kolera. Pasalnya, bawang mengandung antibakteri, antibiotik serta antiseptik yang berkhasiat menyembuhkan gejala akibat kolera.

Bukan hanya itu, bawang juga dapat mengatasi mulut kering, rasa haus dan kegelisahan. Anda bisa mengonsumsi setengah potong bawang yang sudah kita campur dengan 7 sampai 8 lada hitam.

Campur dan aduk hingga menjadi pasta, lalu bagi menjadi 3 dosis untuk Anda konsumsi setiap hari.

Itulah beberapa jenis obat kolera alami yang bisa anda manfaatkan untuk penanganan yang cepat. Namun jika kondisi tidak membaik, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius. (R11/HR-Online)

Editor : Eva