Senin, Oktober 18, 2021
BerandaGaya HidupObat Malaria Alami yang Berkhasiat Selain Kina, Perlu Dicoba!

Obat Malaria Alami yang Berkhasiat Selain Kina, Perlu Dicoba!

Obat malaria alami sudah lama masyarakat kita mengenalnya. Seperti kina yang sudah sejak dulu menjadi pengobatan herbal yang ampuh. Selain kina, juga ada sejumlah tanaman herbal yang tidak kalah berkhasiatnya dalam mengatasi penyakit ini.

Malaria menurut laman Smarter Health, merupakan jenis penyakit infeksi yang menular melalui gigitan nyamuk. Adanya parasit bernama Plasmodium yang terbawa oleh nyamuk Anopheles inilah yang menjadi penyebab seseorang terkena penyakit malaria.

Penyakit yang satu ini menginfeksi manusia melalui gigitan nyamuk. Hal ini bisa menyebabkan seseorang menurun metabolisme tubuhnya. Parasit akan berkembang biak dalam organ liver dan sel darah merah yang ada pada tubuh kita.

Gejala Penyakit Malaria

Sebelum membahas tentang pilihan obat malaria alami, sebaiknya kita mengenal gejala penyakit malaria. Gejala awal saat terkena malaria bisa berupa influenza.

Baca Juga : Manfaat Kayu Ular untuk Stamina, Anti Kanker, dan Obat Malaria

Namun jika tidak tertangani secara serius, maka akan berubah menjadi semakin parah. Kondisi inilah yang akan berdampak pada kondisi lebih serius dan berisiko terjadinya kematian.

Selain itu, tubuh penderita umumnya akan mengalami demam tinggi, badan yang sangat sakit, dan menggigil. Penanganan yang cepat sangat penting untuk mengatasi dan menurunkan gejala yang ada tersebut.

Kelompok umur yang paling rentan terserang malaria adalah anak-anak berumur kurang dari 5 tahun. Tingkat kematian anak-anak akibat penyakit ini juga cukup tinggi.

Melansir dari data WHO (World Health Organization) berdasarkan riset World Malaria Report in December 2019, ada 228 juta kasus malaria dunia tahun 2018.

Sedangkan tingkat kematian akibat penyakit ini juga cukup tinggi. Angka kematian karena malaria tercatat sebanyak 416.000 pada tahun 2017 dan 405.000 orang pada 2018. Sayangnya separonya jumlah kematian ini dari anak-anak.

Pilihan Obat Malaria Alami yang Ampuh

Untuk membantu mengatasi seseorang yang sudah terlanjur terinfeksi virus malaria perlu penanganan yang tepat. Selain menggunakan cara medis, Anda bisa mencoba obat herbal untuk penyakit malaria.

Baca Juga : Manfaat Buah Cempedak untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Malaria

Melakukan pengobatan secara herbal tentunya jauh lebih aman, murah, dan mudah kita dapatkan. Apalagi parasit Plasmodium ini bisa menginfeksi sel darah merah kita. Berikut ini pilihan obat malaria alami yang bisa kita berikan.

Ramuan Sambiloto

Herbal yang satu ini baik untuk membunuh virus plasmodium yang menjangkiti pembuluh darah Anda. Anda bisa merebus sambiloto dengan kulit batang pule, dan juga temu hitam.

Rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Kemudian Anda bisa menyaringnya. Minum ramuan rebusan tersebut secara teratur untuk membantu mengatasi malaria Anda. Berikan sebanyak setengah gelas 3 kali sehari untuk dewasa.

Ramuan Bratawali

Ramuan bratawali ini juga merupakan salah satu pilihan obat malaria alami yang ampuh untuk membantu mengatasinya. Cuci batang bratawali dengan temulawak dan juga kulit batang pule. Lalu potong kecil-kecil.

Setelah itu, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Setelah matang lalu saring rebusan air bratawali dan konsumsi secara teratur.

Baca Juga : Obat Maag Bantu Sembuhkan Covid-19, Ini Penjelasan Para Ilmuwan

Ramuan Daun Pepaya

Obat herbal untuk penyakit malaria selanjutnya adalah ramuan daun pepaya. Dalam daun lalapan yang agak pahit ini terdapat kandungan alami yang baik untuk membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh Anda.

Untuk membuatnya, cuci daun pepaya dan meniran, lalu iris tipis beserta temu hitam dan lengkuas merah. Selanjutnya, rebus dengan air sebanyak 4 gelas, dan biarkan hingga mendidih.

Setelah matang, selanjutnya saring air rebusannya dan biarkan dingin. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur hingga gejala penyakitnya berkurang.

Ramuan Daun Pare

Selain buah pare yang baik untuk membantu mengatasi diabetes, daun pare juga merupakan obat malaria alami yang cukup ampuh.

Hal ini karena pare kaya akan manfaat alami untuk membantu mengatasi keluhan penyakit malaria yang menginfeksi tubuh anda.

Ambil segenggam daun pare dan lumatkan. Setelah itu, seduh dengan air matang sebanyak 1 cangkir. Kemudian aduk serta saring daun pare tersebut.

Minum air seduhannya secara rutin. Ramuan ini akan membantu mengatasi penyakit malaria secara alami pada tubuh Anda.

Demikian beberapa pilihan obat malaria alami yang baik untuk membantu mengatasi penyakit ini. Namun jika kondisi penderita tak segera membaik dalam dua hari, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk penanganan yang tepat. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img