Obat Penyakit Liver dan Hati Alami yang Paling Ampuh

obat penyakit liver dan hati
Ragam obat penyakit liver dan hati. Foto: Ist/Net

Obat penyakit liver dan hati bisa dengan resep dokter maupun herbal. Tak sedikit obat herbal tradisional yang berkhasiat untuk meredakan gangguan hati. Penanganan yang cepat berguna untuk mencegah kondisi menjadi semakin parah.

Hati merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Organ ini letaknya berada pada bagian bawah tulang rusuk sebelah kanan, yang sedikit lebih rendah pada sisi kanan.

Fungsi organ hati itu sendiri tentu saja sangat vital. Antara lain untuk menyingkirkan bahan kimia berbahaya dan racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Hati juga berperan penting dalam memecah lemak dari asupan makanan.

Hati juga bekerja sama dengan empedu yang fungsinya sangat vital pada organ tubuh manusia. Namun bagaimana jika hati memiliki kondisi yang tidak sehat, sehingga bisa menyebabkan gangguan pada tubuh?

Gangguan pada hati atau liver bisa menyebabkan sejumlah penyakit berbahaya. Seperti hepatitis hingga sirosis, infeksi, bahkan sampai kanker.

Tentu saja ini merupakan salah satu hal yang mesti sesegera mungkin kita tangani. Karena jika sudah dalam kondisi parah, tentu saja akan menyebabkan penyakit liver yang akut dan sulit untuk sembuh.

Baca Juga : Obat Alami Penyakit Liver Bisa Bantu Tingkatkan Kesehatan Hati

Pilihan Obat Penyakit Liver dan Hati Alami

Ada banyak jenis obat herbal tradisional untuk penyakit liver yang cukup populer. Berikut ini adalah beberapa jenis herbal obat penyakit liver dan hati yang baik dan ampuh untuk membantu mengatasi gangguan hati.

Membatasi Cairan Sodium

Mengatasi penyakit liver ini sendiri bisa dilakukan dengan membatasi asupan cairan sodium pada tubuh Anda. Sodium akan berperan dalam meningkatkan resistensi cairan yang akan meningkatkan pembengkakan pada liver Anda.

Makanan yang banyak mengandung sodium perlu Anda batasi. Ini agar liver Anda tidak semakin parah. Makanan yang harus Anda hindari itu antara lain garam, daging olahan, keju, aneka makanan ringan yang diawetkan.

Anda juga perlu membatasi makanan yang banyak kandungan natrium. Karena makanan ini bisa menyebabkan sintesis protein dalam hati akan menurun.

Bawang Putih

Baca Juga : Gejala Penyakit Hati Sejak Fase Awal yang Wajib Dikenali

Bumbu dapur yang satu ini juga merupakan salah satu jenis obat penyakit liver dan hati alami yang bermanfaat untuk membantu mengaktifkan enzim dalam hati.

Rempah ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh Anda. Hal ini karena bawang putih kaya akan senyawa selenium dan allicin.

Kandungan ini baik membantu pembersihan hati. Anda bisa memperbanyak konsumsi bawang putih pada masakan untuk menyehatkan liver Anda.

Ramuan Wortel

Anda bisa meramu wortel menjadi ramuan herbal obat penyakit liver dan hati yang cukup ampuh. Anda bisa membuatnya dengan cara memblender dan minum airnya.

Dalam wortel sendiri terdapat beta karoten dan juga flavonoid yang baik untuk meningkatkan fungsi liver secara keseluruhan dan alami.

Minum sari wortel sangat berguna untuk membantu melancarkan proses pembuangan dan detoksifikasi racun pada tubuh Anda. Minumlah ramuan wortel ini secara rutin untuk meringankan kerja liver Anda.

Baca Juga : Pengobatan Penyakit Hepatitis A, Kenali Gejala dan Pencegahannya

Teh Hijau

Bahan alami yang satu ini juga bermanfaat baik sebagai obat penyakit liver dan hati yang ampuh dan membantu mengatasi penyakit hati.

Hal itu karena minuman ini terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Ini akan membantu fungsi kerja liver pada tubuh Anda.

Teh hijau bisa Anda seduh dan konsumsi secara rutin. Minum teh ini juga baik untuk membantu program diet Anda. Selain itu, teh hijau juga baik untuk meluruhkan lemak jenuh yang menyebabkan fungsi empedu menurun.

Jeruk Bali

Dalam buah jeruk bali terkandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini sangat cocok dan berguna untuk menghalau virus dan bakteri penyebab penyakit liver.

Vitamin C dalam buah ini menjadi senyawa lainnya yang baik untuk membersihkan hati secara alami. Karena itu, penting mengonsumsi air jeruk bali setiap hari secara rutin.

Makan buah ini juga sangat berguna untuk membantu proses detoksifikasi racun menjadi lebih lancar. Selain itu juga bisa membantu mengeluarkan racun penyebab kanker.

Nah, itulah beberapa pilihan herbal obat penyakit liver dan hati yang tentu saja bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu mengatasi penyakit dan keluhan liver Anda. Semoga informasi yang singkat ini menambah referensi Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva