Obat Perut Kembung dengan Herbal Alami yang Ampuh

obat perut kembung
Pilihan herbal obat perut kembung alami. Foto: Ist/Net

Obat perut kembung memang ada banyak jenisnya. Baik dari apotek maupun dari jenis herbal. Menggunakan obat herbal bisa menjadi pilihan alami yang aman dan tak kalah efektif. Ada beberapa jenis bahan herbal yang bisa kita manfaatkan.

Perut kembung dalam istilah medis terkenal dengan sebutan flatus. Mengutip dari Wikipedia, ini merupakan kondisi terdapatnya gas dalam perut. Hal inilah yang menyebabkan perut seperti terasa penuh atau sesak.

Masyarakat kita mengenal gangguan ini dengan istilah begah. Keadaan seperti inilah yang membuat seseorang tidak merasa nyaman saat melakukan aktivitas.

Sejumlah referensi mengenai perut kembung menyebutkan bahwa kondisi ini merupakan efek dari masuk angin. Kebanyakan penderita perut kembung mengalaminya karena tekanan stres akibat kesibukan, kebiasaan makan, dan kondisi cuaca.

Perut kembung yang tanpa disertai penyakit lain biasanya akan mudah reda dengan sendirinya. Penderita akan mampu mengeluarkan gas dalam saluran cerna, baik dalam bentuk kentut melalui anus atau sendawa dari kerongkongan.

Jenis Herbal Obat Perut Kembung Alami yang Efektif

Cara alami mengatasi perut kembung adalah dengan obat herbal. Jika mengkonsumsi obat tradisional, penderita perut kembung disarankan untuk beristirahat dengan lingkungan hangat, dan posisi miring sebelah kanan guna metode penyembuhan.

Baca Juga : Perut Kembung Pada Anak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa jenis obat alami untuk mengatasi perut kembung yang mudah dan efektif. Berikut ini pilihan obat perut kembung alami yang bisa Anda coba gunakan.

Minum Jus Jeruk

Buah jeruk memang berperan penting dalam mengatasi masalah masuk angin. Pasalnya, buah ini memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Serta mengatasi gangguan perut kembung.

Jeruk segar yang diperas akan membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan keasaman dalam lambung dan memperbaiki pencernaan. Namun konsumsi jus jeruk sebelum makan dan tidak dikombinasikan dengan sebagian besar makanan.

Konsumsi Jahe

Pilihan lainnya obat perut kembung adalah dengan minum jahe. Jahe adalah jenis rempah yang memiliki kandungan bahan aktif, gingerol dan shogaol yang bermanfaat untuk mengatasi masalah peradangan dalam usus.

Hanya dengan mengonsumsi air rebusan jahe, memungkinkan tumpukan gas dalam bagian usus kecil akan segera mereda, dan sembuh dari masalah perut kembung.

Baca Juga : Kerap Dianggap Mistis, Manfaat Bunga Kantil Ternyata Ampuh Atasi Vertigo Hingga Perut Kembung

Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Fungsi ini akan mampu mengeluarkan keringat agar perut menjadi lebih terasa nyaman.

Teh Chamomile

Pilihan herbal obat perut kembung lainnya adalah teh chamomile. Jenis tanaman bunga ini mengandung zat anti inflamasi dan anti spasmodik yang bermanfaat untuk membuat organ dalam perut menjadi nyaman.

Maka dari itu, jika sedang mengalami perut kembung, pastikan untuk menyeduh secangkir teh bunga chamomile. Kemudian bisa ditambahkan dengan satu sendok madu, sehingga berguna untuk meredakan masalah perut kembung. 

Tanaman herbal ini merupakan obat alami untuk mengatasi perut kembung yang cukup populer. Kegunaan lain adalah mengatasi masalah yang berhubungan dengan stres.

Ramuan Daun Pepaya

Daun pepaya juga bisa menjadi obat perut kembung yang cukup ampuh. Meskipun memiliki cita rasa yang pahit, lalapan yang cukup populer ini bermanfaat untuk mengatasi perut kembung akibat adanya masuk angin.

Baca Juga : Hati-hati! Penyebab Perut Kembung Tak Hanya Akibat Masuk Angin

Untuk menggunakannya Anda bisa mengolahnya seperti lalapan sebagai lauk makan. Anda juga bisa merebus daun pepaya, dan kemudian minum air rebusan tersebut saat masih hangat.

Namun, apabila tidak kuat dengan rasa pahit dari ramuan daun pepaya, Anda bisa menambahkan sedikit madu dan segera mengonsumsinya. Lakukan metode ini secara rutin sampai perut kembung sembuh.

Bawang Merah

Selanjutnya adalah bawang merah yang akan membantu Anda dalam mengobati masalah perut kembung. Adapun caranya terbilang cukup mudah, Anda mesti menyiapkan parutan bawang merah secukupnya.

Setelah itu, campurkan parutan bawang tersebut ke dalam minyak telon atau minyak kayu putih. Barulah Anda bisa menempelkan ramuan tersebut pada sekitar bagian pusar sebagai obat luar agar perut terasa lega.

Nah, itulah beberapa pilihan obat perut kembung alami yang bisa Anda gunakan. Cara mengatasi gangguan perut dengan herbal ini cukup mudah dan murah. Namun jika kondisi tak segera membaik segera periksakan ke dokter. (R11/HR-Online)

Editor : Eva