spot_imgspot_img
BerandaBerita TerbaruObat Sakit Telinga Tradisional, Ini Daftar Pilihannya!

Obat Sakit Telinga Tradisional, Ini Daftar Pilihannya!

- Advertisement -

Obat sakit telinga tradisional bisa menjadi pilihan darurat yang dapat kita gunakan. Ramuan herbal ini sebenarnya sudah lama menjadi cara orang tua kita mengatasi berbagai gangguan pada telinga sebagai indera pendengaran.

Salah satu panca indera yang berfungsi penting sebagai alat pendengaran adalah telinga. Apalagi telinga juga berperan penting untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Karena itu, jangan biarkan dalam menjalankan fungsinya, organ telinga justru mengalami gangguan atau kelainan. Kita perlu menjaga kebersihan dan kesehatan indera telinga secara rutin.

Umumnya masalah kesehatan pada telinga adalah timbulnya suara berdengung atau biasa dalam dunia kedokteran disebut tinnitus. Menurut laman Smarter Health, telinga berdengung atau tinnitus tidak selalu merupakan tanda suatu penyakit tertentu.

Gangguan tinnitus tidak muncul tanpa sebab. Gangguan ini juga dapat terjadi pada salah satu telinga atau keduanya. Namun kebanyakan gangguan ini dapat pulih sendiri. Tapi obat sakit telinga tradisional juga bisa menjadi pilihan.

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu munculnya tinnitus. Baik karena adanya gangguan pada bagian dalam organ telinga, gangguan pembuluh darah, maupun sebagai efek samping obat-obatan tertentu.

Baca Juga : Sakit Telinga Bagian Dalam, Kenali Faktor Penyebabnya!

Namun kebanyakan penyebab sakit telinga ini karena infeksi yang dapat terjadi pada bagian dalam telinga. Ini bisa terjadi baik pada orang dewasa maupun anak-anak.

Adapun infeksi dapat berupa bisul yang terlihat pada liang telinga dengan rasa sakit. Bisul tersebut akan pecah dan mengeluarkan cairan nanah.

Pilihan Obat Sakit Telinga Tradisional

Bisul ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Namun akan lebih baik jika Anda mengobati infeksi telinga tersebut untuk mencegah dampaknya. Termasuk dengan bahan-bahan herbal alami.

Nah, berikut ini beberapa jenis herbal obat sakit telinga tradisional yang bisa Anda gunakan.

Bawang Merah

Bahan bumbu masak ini memiliki kandungan yang bersifat anti bakteri. Sehingga sangat bermanfaat untuk melenyapkan bakteri penyebab rasa sakit pada telinga.

Baca Juga : Radang Telinga Tengah, Penyebab, Jenisnya Hingga Cara Pengobatan

Adapun cara pembuatan obat untuk sakit telinga menggunakan bawang merah ini cukup mudah. Anda bisa mengambil beberapa buah bawang merah. Setelah itu lakukan penumbukan hingga terasa halus.

Hasil tumbukan itu lalu kita campurkan dengan sedikit air. Selanjutnya barulah Anda mengoleskan tumbukan tadi pada area luar bagian telinga.

Bawang Putih

Menggunakan bawang putih yang memiliki kandungan antibiotik alami yang juga berguna sebagai obat sakit telinga tradisional. Cara pengobatannya terbilang mudah. Anda hanya perlu merebus bawang putih yang telah kita cuci bersih.

Selepas itu, saring antara air rebusan dengan minyak bawang putih. Gunakan minyak bawang putih ini sebagai obat tetes telinga. Pasalnya kandungan antibiotik pada bawang putih sangat berguna untuk mengatasi infeksi pada organ telinga.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang sudah terkenal dan dipercaya mampu mengobati sakit telinga. Adapun cara alami mengatasi infeksi pada telinga dengan minyak zaitun juga mudah sekali.

Baca Juga : Bukan Pakai Cotton Bud, Begini Cara Benar Membersihkan Telinga

Anda cukup menghangatkan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian masukkan minyak zaitun tadi ke dalam botol yang telah kita bersihkan. Simpan sisanya untuk pemakaian selanjutnya.

Setelah itu teteskan minyak zaitun tersebut ke dalam telinga yang mengalami infeksi. Ada baiknya Anda lakukan secara teratur agar semakin efektif dalam menyembuhkan infeksi sakit telinga.

Rimpang Kunyit

Bahan obat sakit telinga tradisional selanjutnya adalah kunyit. Sebelum membuat ramuannya, siapkan dahulu bahan-bahan utamanya seperti kunyit, daun iler dan juga biji mahoni.

Haluskan ketiga bahan alami tersebut, kemudian panaskan bersama 3 sendok makan minyak wijen pada api kecil. Setelah dingin anda bisa gunakan dengan meneteskan ke telinga. Lakukan secara rutin sampai sembuh.

Madu

Madu adalah bahan alami yang mempunyai banyak manfaat dan sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun sebelum menggunakan bahan alami ini, bahan yang perlu kita persiapkan adalah madu dan juga air putih.

Setelah itu, Anda campurkan kedua bahan tersebut hingga rata. Selanjutnya anda bisa menggunakannya sebagai obat tetes telinga. Cobalah untuk menerapkannya dengan meneteskannya ke dalam telinga yang sedang sakit.

Nah, itulah bahan herbal untuk obat sakit telinga tradisional yang bisa anda gunakan. Hindari penggunaan cotton bud ketika telinga sedang sakit. Jangan mengorek telinga dengan cotton bud dan lindungi telinga jangan sampai kemasukan air. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -