Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruObat Tradisional untuk Asam Lambung yang Tersedia di Dapur Rumah

Obat Tradisional untuk Asam Lambung yang Tersedia di Dapur Rumah

Obat tradisional untuk asam lambung bisa dengan mudah kamu dapatkan. Karena tanpa disadari obat tersebut ada diantara bumbu-bumbu dapur dan biasanya selalu tersedia di dapur rumah.

Banyak orang yang memiliki penyakit asam lambung. Jika penyakit tersebut sedang kumat, mereka akan mengeluhkan rasa yang tidak nyaman pada pencernaan.

Oleh karena itu, jangan menyepelekan penyakit asam lambung supaya tidak sampai terjadi komplikasi.

Asam lambung atau GERD (gastroesophageal reflux disease) merupakan masalah yang terjadi pada pencernaan. Penyakit ini ditandai dengan heartburn atau sensasi terbakar dalam dada.

Biasanya tanda gejala tersebut muncul adanya keluhan lain, seperti sering mual, muntah, bersendawa, hingga napas terasa sesak. Sehingga asam lambung harus segera mendapatkan penanganan.

Selain melalui obat-obatan medis, kamu juga bisa menggunakan obat tradisional untuk mengatasi penyakit asam lambung.

Merangkum dari berbagai sumber, beberapa obat herbal asam lambung ini bisa kamu temukan di dapur rumah.

Baca Juga : Air Kelapa untuk Asam Lambung, Ketahui Apa Saja Kandungannya

8 Obat Tradisional untuk Asam Lambung

Daun Kemangi

Selain untuk memasak, daun kemangi juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit asam lambung. Sifat karminatif dan menenangkan pada daun kemangi dapat membantu mengobati penyakit tersebut dengan cepat.

Untuk menggunakannya, rebus daun kemangi 3 atau 4 helai dengan air secangkir, lalu biarkan selama beberapa menit sampai airnya mendidih. Minum air rebusan daun kemangi saat asam lambung terasa naik.

Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu obat tradisional untuk asam lambung. Bumbu masak ini merupakan antasida alami yang bekerja mengatasi keasaman lambung.

Selain itu, juga mampu menenangkan perut karena pencernaan dan penyerapan jadi meningkat. Untuk meredakan infeksi saluran pencernaan, minumlah teh berbahan kayu manis ini.

Baca Juga : Batuk Akibat Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Jahe

Jahe banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Termasuk mengatasi penyakit asam lambung. Karena jahe punya sifat anti inflamasi, sangat baik untuk sistem pencernaan.

Untuk mengatasi asam lambung, kunyah sepotong jahe yang masih segar, atau minum satu sendok jus jahe 2-3 kali sehari. Bisa juga dengan menyeduh jahe dalam satu cangkir air yang mendidih, kemudian meminumnya.

Biji Jintan

Biji jintan bisa kamu gunakan sebagai obat tradisional untuk asam lambung. Bumbu masak sederhana ini berfungsi menetralkan keasaman yang hebat, meredakan sakit pada perut, serta membantu pencernaan.

Cara menggunakan biji jintan untuk mengatasi asam lambung, pertama siapkan sedikit biji jintan, lalu hancurkan. Setelah itu aduk dalam satu gelas berisi air.

Bisa juga dengan cara merendamnya dalam secangkir air matang. Takaran biji jintannya cukup satu sendok teh. Konsumsi setelah makan.

Baca Juga : Awas Bahaya Stres dan Asam Lambung! Atasi dengan Cara Ini

Pisang

Buah pisang ternyata bisa kamu gunakan sebagai obat tradisional untuk asam lambung. Kandungan antasida alami dalam buah pisang berfungsi sebagai penyangga refluks asam.

Karena itulah, buah pisang menjadi obat rumahan yang paling sederhana guna mengatasi penyakit asam lambung.

Cengkeh

Obat tradisional untuk asam lambung yang berikutnya adalah cengkeh. Sudah sejak lama cengkeh menjadi obat tradisional India dan China.

Karena cengkeh memiliki sifat karminatif yang mampu mencegah terbentuknya gas pada saluran pencernaan.

Air Kelapa

Terakhir ada air kelapa yang bisa mengubah tingkat asam pH dalam tubuh kamu menjadi basa. Bahkan, air kelapa juga dapat membantu tubuh menghasilkan lendir pada perut.

Lendir tersebut berfungsi melindungi perut dari adanya efek berbahaya akibat produksi asam berlebih pada lambung. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img