Objek Asteroid 2021RE Mengorbit Terdekat ke Bumi,10 September 2021

Objek Asteroid 2021RE Mengorbit Terdekat ke Bumi,10 September 2021
Ilustrasi Objek Asteroid 2021RE. Foto: Ist/Net

Objek Asteroid 2021RE menjadi sorotan kembali karena melintasi orbit Bumi, 9 September 2021. Sejak rilisnya penemuan objek ini oleh NASA, 3 September 2021 lalu dan tidak memiliki potensi bahaya.

Melansir The Sky, bahwa NASA memberikan penyebutan pada objek asteroid terbaru ini.

Karena lokasinya yang masih berdekatan dengan bumi maka termasuk dalam grup Apollo. NASA juga memberikan perkiraan bahwa lokasinya paling dekat dengan Planet Bumi kita ini terjadi pada Jumat esok hari.

Hal ini tentu menjadi menarik untuk kita bahas. Karena objek luar angkasa ini memiliki ukuran yang cukup besar dan tidak bisa kita pantau secara langsung.

Baca Juga: Asteroid 2021 NY1, Memiliki Ukuran Sebesar Jembatan Golden Gate

Objek Asteroid 2021RE Dekati Bumi

Data penelitian NASA ini rilis bahwa asteroid ini menjadi salah satu dari keenam yang mendekati Bumi dalam waktu belakangan ini. Planet yang kita huni ini sedang mendapatkan berbagai serangan lebih dari seratus ton batu dan objek luar angkasa.

Baik dari ukuran kecil, puing-puing sisa antar planet bahkan kerikil. Pada setiap harinya dan terus menerus, namun tidak ada potensi membahayakan sejauh ini.

Terkadang tidak sampai langsung masuk ke Bumi. Benda luar angkasa tersebut memiliki kemungkinan terbakar terlebih dahulu sebelum masuk ke Bumi, ketika memasuki atmosfer lapisan pelindung.

NASA membeberkan bahwa setiap 2000 tahun bahkan lebih terdapat meteroid. Dengan ukuran sebesar lapangan sepak bola yang menembus atmosfer dengan kerusakan yang lumayan signifikan. Namun memang beberapa hari ini benda sejenisnya dengan ukuran sekitar rumah atau bahkan pesawat jet melintas dekat dengan Bumi.

Lintasan Orbit

Objek Asteroid 2021RE ini memiliki jarak yang tidak jauh dari Bumi. Pekerjaannya bisa memiliki waktu orbit mengelilingi Matahari dalam waktu 533 hari.

Sedangkan titik terjauh dari Mataharinya (Aphelion) dari asteroid ini mengorbit dalam 241 km. Untuk titik terdekatnya dengan Matahari (Perihelion) mencapai 144 juta km.

Maka jaraknya menunjukkan bahwa dalam pusat tata surya ini asteroid ini cenderung dekat dengan Matahari, Bumi dan planet lainnya. Wajar jika data menunjukan pada hari esok merupakan lokasi terdekatnya dengan Bumi.

Baca Juga: Asteroid 2021 PH27, Berlokasi Dekat Dengan Bumi dan Matahari

Kedekatan Objek Asteroid 2021RE ke Bumi

Nah, dengan data yang NASA lansir bahwa ketinggian 450 kaki asteroid ini menabrak orbit Bumi. Dengan kecepatan mencapai 30. 000 mph dalam minggu ini.

Perkiraan ini akan kita buktikan pada 10 September 2021. Tepatnya pada pukul 23.00, dengan jarak berkisar 4, 54 juta km dalam kecepatan mencapai 13 km per detik.

Hal ini tentu akan menjadi kelanjutan studi yang cukup menarik untuk dinantikan. Harapan prakiraan ini yang jelas tidak akan membahayakan keselamatan para makhluk yang ada di Bumi.

Karena jika kita bandingkan dengan lokasi Bulan, 238. 855 mil dari Bumi. Sedangkan kecepatan Objek Asteroid 2021RE ini tadi cukup untuk membuat Bumi penyok karena ukurannya.

Objek Lain yang Berpotensi Dekat Bumi

Selain asteroid yang sudah kita juga sempat membahasnya. Bumi sendiri juga sempat didekati beberapa objek dengan ukuran luar biasa besarnya dan lebih berbahaya.

Seperti 2021 QH1 yang juga melintas dalam orbit Bumi. Tingginya mencapai 90 kaki mencapai 533. 000 mil, batu luar angkasa ini cukup menjadi perhatian yang membahayakan.

Bahkan terdapat kemungkinan pada tahun 2300 Bumi bisa tertabrak. Asteroid tersebut bernama Bennu, dengan lebarnya sepertiga mil, hal ini bahkan sudah masuk dalam studi penelitian terbarunya.

Termasuk ke tipe C, batu ruang angkasa ini menjadi objek yang cukup berpotensi berbahaya bagi penduduk bumi. Penemuan pertamanya pada tahun 1999 silam.

Namun Asteroid Bennu ini jadi salah satu dari dua yang paling berbahaya. Tidak hanya untuk Bumi yang kita huni ini namun untuk Tata Surya. Untuk kemungkinan saat ini masih 1 : 2. 700 atau 0, 37%.

Para ilmuwan masih terus memperhitungkan dan prediksi jalur asteroid yang satu ini. Dampak 24 September 2182, skenario probabilitasnya para peneliti menghimbau untuk berada dalam ruangan.

Namun siapa yang tahu bagaimana kedepannya? Sambil menunggu kita bisa menjadi tertarik dengan berbagai penemuan dari ilmuwan dan realitas alam semesta ini. Objek Asteroid 2021RE jadi penemuan terbaru dengan jarak terdekat pada minggu ini dengan Bumi. (R10/HR Online)