spot_imgspot_img
BerandaBerita BisnisPakan Ternak Fermentasi, Begini Cara Membuatnya Sendiri

Pakan Ternak Fermentasi, Begini Cara Membuatnya Sendiri

- Advertisement -

Pakan ternak fermentasi merupakan jenis pakan yang sangat penting dalam pengelolaan usaha hewan. Jenis pakan ini terutama bermanfaat sebagai cadangan saat sumber pakan lainnya mengalami kehabisan.

Pakan ternak merupakan komponen utama yang wajib Anda siapkan sebagai peternak. Selain rumput, ternak hewan seperti sapi atau kambing juga bisa kita berikan pakan dari dedaunan. Seperti daun singkong, daun lamtoro, dan banyak lagi.

Pakan ternak alami tentunya merupakan yang terbaik untuk hewan seperti kambing atau sapi. Selain hewan sangat menyukai, pakan ini yang paling banyak kita pilih untuk menggemukkan hewan ternak.

Dedaunan dari tumbuhan kacang juga sangat baik kita berikan kepada sapi atau kambing karena mengandung nutrisi yang cukup tinggi.

Beberapa jenis hijauan alami bisa kita temukan pada berbagai tempat khususnya pada musim hujan. Rumput bisa kita berikan agar hewan ternak kita bisa cepat gemuk.

Lalu bagaimana ketika musim kemarau tiba terutama saat rumput sulit sekali kita dapatkan? Solusinya adalah dengan membuat pakan ternak fermentasi.

Pakan fermentasi adalah pakan hasil pembuatan pakan ternak melalui pemecahan senyawa organic. Proses ini memanfaatkan bantuan mikroorganisme untuk mengubahnya menjadi senyawa sederhana.

Cara ini sangat rekomendasi khususnya untuk peternak sapi atau kambing dalam skala besar. Jika Anda masih awam dengan proses pembuatannya silahkan simak ulasannya dalam artikel ini.

Baca Juga: Pakan Ternak Sapi Alami Terbaik Agar Cepat Besar dan Gemuk

Cara Membuat Pakan Ternak Fermentasi

Sapi atau kambing merupakan jenis hewan yang sering kali kita jadikan sebagai hewan ternak. Hewan ini memiliki sistem pencernaan yang mirip karena memakan tanaman dan hijauan.

Lalu bagaimana cara membuat pakan ternak fermentasi yang benar? Langsung saja simak tahapannya berikut ini.

Siapkan Bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika ingin membuat pakan fermentasi adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang kita perlukan.

Berikut ini berbagai bahan yang perlu Anda siapkan. Untuk bahan alami perlu Anda potong-potong agar hasil proses fermentasi nantinya lebih optimal.

  • Jerami atau gedebog (pohon pisang)
  • Gula
  • Buah nanas
  • Air bersih
  • Ampas tahu
  • Bekatul
  • Garam

Proses Pembuatan Larutan

Agar pembuatan pakan ternak fermentasi bisa berjalan kita perlu mikroorganisme pembusuk. Hewan ini bisa kita dapatkan melalui larutan fermentasi. Larutan ini terbuat dari campuran gula, parutan buah nanas, dan air.

Jika Anda menggunakan bahan jerami, jumlah air larutan yang kita perlukan adalah 10 liter. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang membutuhkan air sekitar 1 liter saja.

Pencampuran Semua Bahan

Setelah semua bahan siap, lalu masukan bahan-bahan pakan fermentasi ini. Mulai dari jerami atau pohon pisang (optional), bekatul, dan ampas tahu pada satu wadah besar.

Kemudian masukkan larutan fermentasi pada wadah. Setelah itu aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata. Biarkan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, campurkan sisa larutan fermentasi pada 10 liter air bersih dan siramkan pada bahan-bahan fermentasi. Agar mikroorganisme bisa berkembang, taburkan garam kemudian aduk sampai merata.

Baca Juga: Pakan Ternak Ruminansia dan Cara Pengelolaannya yang Baik

Proses Fermentasi

Setelah bahan-bahan telah tercampur dengan sempurna, kini saatnya untuk melakukan fermentasi. Pindahkan bahan fermentasi tersebut pada ember atau drum (sesuaikan dengan jumlah pakan fermentasi yang anda inginkan).

Tahap pembuatan pakan ternak fermentasi selanjutnya tinggal menutup drum dengan plastik atau terpal. Ini berguna agar udara tidak bisa keluar masuk.

Untuk bahan fermentasi jerami, biarkan proses fermentasi berlangsung selama 1 hari penuh. Sedangkan untuk debog atau pohon pisang, waktu fermentasi yang biasanya membutuhkan hanya waktu sekitar 1-3 jam saja.

Siap Konsumsi

Setelah waktu fermentasi selesai, Anda bisa membuka tutup pada drum. Ambil pakan fermentasi yang telah siap untuk Anda berikan kepada hewan ternak. Sedangkan sisanya bisa kita simpan untuk waktu selanjutnya.

Sebaiknya perhitungkan kebutuhan pakan hasil olahan fermentasi ini dengan jumlah hewan yang Anda ternakkan. Jangan sampai hewan kekurangan pakan yang bisa berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Nah, itulah ulasan mengenai tahapan dan langkah cara membuat pakan ternak fermentasi. Lakukan step-step tersebut secara runtut agar proses fermentasi bisa berhasil. Kalaupun gagal, ulangi lagi hingga Anda mampu membuatnya sendiri. (R10/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -