Pakan Ternak Sapi Alami Terbaik Agar Cepat Besar dan Gemuk

pakan ternak sapi
Jenis pakan ternak sapi. Foto: Ist/Net

Pakan ternak sapi yang baik dan mengandung protein tinggi akan membuat hewan cepat besar dan gemuk. Ada sejumlah pilihan jenis makanan ternak yang bisa Anda pilih. Tentunya harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan hewan.

Ada banyak jenis hewan ternak yang biasanya kita ambil daging atau susunya. Seperti sapi atau kambing. Apalagi Indonesia juga termasuk penghasil sapi potong dan juga produsen susu sapi yang cukup besar.

Jenis Pakan Ternak Sapi Terbaik

Namun untuk bisa menghasilkan daging dan susu yang berkualitas, maka sebagai peternak Anda harus mengetahui beberapa jenis makanan untuk ternak yang berkualitas. Berikut beberapa jenis pakan ternak sapi terbaik yang bisa Anda pilih.

Baca Juga: Pakan Ternak Ruminansia dan Cara Pengelolaannya yang Baik

Pakan Ternak dari Tumbuh-tumbuhan

Jenis pakan sapi yang pertama dan yang paling dikenal masyarakat adalah tumbuh-tumbuhan. Pakan ini paling sering diberikan kepada sapi dan banyak ditemukan pada saat musim hujan.

Makanan ini antara lain adalah rumput yang bisa kita temukan dari berbagai lapangan maupun yang memang sengaja orang tanam untuk pakan. Namun ada sejumlah jenis tumbuh-tumbuhan yang baik untuk pakan ternak.

1.Rumput Gajah

Jenis pakan ternak sapi unggul yang pertama adalah rumput gajah. Ya, rumput ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kita. Jenis pakan ini sudah terkenal sangat disukai oleh hewan ruminansia.

Rumput gajah ini umumnya bisa kita temukan pada sekitar persawahan dengan panjang bisa mencapai 5 meter. Jenis tanaman ini sendiri juga masih terbagi lagi menjadi beberapa varietas, seperti Afrika, Hawai, dan lain sebagainya.

Rumput ini bisa kita panen setelah 3 bulan pada pertama kalinya, setelah itu bisa lebih cepat. Setelah itu rumput bisa tumbuh lagi dengan kita berikan pupuk sehingga bisa gunakan pada lain waktu.

Baca Juga: Cara Ternak Maggot Bagi Pemula, Usaha Pakan Ternak yang Potensial
2.Rumput Raja

Jenis rumput raja yang terkenal sebagai king grass juga termasuk pakan ternak sapi yang bagus. Rumput yang satu ini memiliki tampilan fisik tegak namun juga berumpun. Bahkan untuk tingginya bisa mencapai 4 meter.

Rumput yang satu ini biasa kita temukan pada daerah dataran tinggi yang dingin dan subur tanahnya.

3.Rumput Setaria

Selanjutnya ada rumput setaria yang juga punya ciri khas tegak dan juga berumpun. Berbeda dengan dua rumput sebelumnya, rumput setaria sendiri hanya bisa tumbuh tinggi sekitar 2 meter saja.

Rumput yang satu ini biasa orang tanam pada ketinggian 1200 mdpl dan tahan dengan genangan air. Rumput ini punya karakteristik khas. Seperti daunnya halus dan lebar, batangnya keungu-unguan, dan lain sebagainya.

4.Tanaman Kaliandra

Jenis pakan ternak sapi selanjutnya yang akan kita bahas adalah tanaman Kaliandra yang bisa tumbuh tinggi hingga 8 meter. Kaliandra ini sangat baik untuk kesehatan ternak karena mengandung protein yang cukup baik.

Selain sebagai pakan ternak nyatanya Kaliandra bisa menjaga tanah yang mungkin sudah kehilangan kesuburan.

Pakan Ternak dari Limbah Pertanian

Selain berasal dari rumput maupun dedaunan, pakan sapi juga bisa berasal dari limbah pertanian. Anda bisa memberikan pakan dari jerami padi, jerami gandum, jerami jagung, dan lain sebagainya.

Ya, limbah pertanian ini bahkan banyak orang cari dan diperjualbelikan karena bisa kita awetkan dan gunakan pada musim kemarau.

Selain dari limbah pertanian, ada juga limbah tanaman lain yang bisa menjadi pakan sapi. Antara lain kulit pepaya, kulit nanas, dan lain sebagainya.

Itu dia beberapa alasan mengapa banyak petani memelihara sapi. Sebab selain membuat produktif, tidak ada limbah pertanian yang mengganggu.

Pakan Ternak dari Limbah Industri

Selain dari limbah pertanian, ternyata pakan ternak sapi ini juga bisa berasal dari limbah industri. Tapi jangan bayangkan jika limbah industri itu limbah berbahaya ya.

Limbah industri ini biasanya masih berkaitan dengan  hasil pertanian yang diolah menjadi barang baku bersih atau menjadi bahan yang siap pakai.

Limbah industri ini misalnya adalah dedak padi yang sangat bagus untuk sumber energi bagi sapi. Dedak sendiri masih terbagi menjadi beberapa, yaitu kulit dari gabah padi, selaput perah atau dedak halus, dan juga dedak kasar.

Selain itu juga ada yang termasuk dalam limbah industri adalah bungkil kelapa, bungkil kedelai, ampas tahu, ampas kedelai hitam, dan masih banyak lagi yang lain.

Itu dia beberapa jenis pakan ternak sapi yang bisa Anda berikan. Jenis-jenis pakan tersebut membuktikan bahwa sapi bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan lebih banyak daripada unggas. (R10/HR Online)