Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBerita TerbaruPantangan Orang Hamil untuk Cegah Keguguran dan Cacat Janin

Pantangan Orang Hamil untuk Cegah Keguguran dan Cacat Janin

Pantangan orang hamil tentunya harus menjadi hal yang wajib kita tahu. Kehamilan menjadi suatu kondisi yang harus kita jaga. Ada banyak yang mesti ibu hamil lakukan, namun juga tak sedikit yang sebaiknya Anda hindari dan jauhi.

Menjaga kehamilan tak hanya dari sisi janinnya saja. Memperhatikan kebutuhan dan kesehatan ibu juga tak kalah pentingnya. Apalagi kasus kematian ibu saat melahirkan di negara kita masih terbilang cukup tinggi.

Ibu hamil penting mengonsumsi makanan bergizi yang seimbang. Ini berguna untuk menguatkan dan menyehatkan janin dalam Rahim. Konsumsi makanan ini juga berguna untuk menjaga kesehatan sang ibu.

Selain itu, penting bagi wanita yang sedang hamil untuk menghindari segala hal yang dapat membahayakan kehamilan. Wanita hamil memang memiliki sejumlah pantangan yang perlu kita perhatikan.

Ragam Pantangan Orang Hamil

Lantas apa saja pantangan orang hamil yang perlu kita hindari? Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi yang perlu Anda tahu agar kehamilan Anda terjaga, dan janin dalam rahim selalu sehat. Yuk simak saja berikut ini.

Baca Juga : Pantangan Minum Daun Binahong yang Wajib Anda Tahu

Merokok

Tidak hanya wanita hamil, semua orang sebaiknya tidak merokok. Karena kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kesehatan paru-paru dan jantung.

Sementara pada wanita hamil, merokok dapat menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Kebiasaan ini juga berpotensi meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada bayi. Seperti terjadinya infeksi janin, IUGR, dan juga masalah tumbuh kembang.

Selain itu, paparan asap rokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi pada kehamilan. Karena itu, ibu hamil perlu menghindari kebiasaan suami yang suka merokok karena akan sangat tidak baik terhadap kondisi kehamilan Anda.

Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga merupakan pantangan orang hamil. Mengonsumsi miras ketika hamil dapat meningkatkan risiko bayi mengalami sindrom alkohol janin. Dalam istilah medis kondisi ini terkenal dengan istilah fetal alcohol syndrome.

Baca Juga : Pantangan Penyakit Miom, Gejala, Penyebab dan Bahaya Risikonya

Bayi yang lahir dengan sindrom ini biasanya memiliki ciri berat badan lahir rendah. Bayi juga akan mengalami gangguan perilaku ketika sudah mulai dewasa, dan mengalami perkembangan yang terhambat.

Ketika ibu hamil mengonsumsi alkohol pada trimester pertama kehamilan, risiko bayi mengalami cacat lahir juga akan meningkat. Sehingga Anda perlu menghentikan kebiasaan ini sejak awal kehamilan.

Jika Anda mengalami kecanduan alkohol, pastikan jangan ragu untuk meminta bantuan orang terdekat. Ini agar Anda mendapat dukungan dan selalu mengingatkan Anda demi keselamatan janin dalam rahim.

Mengonsumsi Makanan yang Tidak Matang

Telur ataupun daging yang tidak kita masak sampai matang juga merupakan pantangan orang hamil. Karena ini dapat menyebabkan ibu hamil mengalami kondisi infeksi bakteri Listeria atau Salmonella, toksoplasmosis, serta keracunan makanan.

Makanan yang tidak matang juga berpotensi meningkatkan risiko terjadinya keguguran atau cacat lahir pada bayi. Karena itu penting memastikan makanan telah kita masak hingga matang.

Baca Juga : Makanan untuk Ibu Hamil Muda yang Wajib Diperhatikan

Susu Mentah dan Olahannya

Susu mentah atau susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi sangat tidak baik untuk menjadi konsumsi ibu hamil. Jika ibu hamil ingin mengonsumsinya, maka Anda harus memperhatikan dulu keterangan pasteurisasi yang terdapat pada label kemasan.

Anda harus tahu bahwa susu yang tidak terpasteurisasi masih mengandung bakteri yang berbahaya. Sehingga akan dapat mengancam keselamatan janin dan meningkatkan risiko keguguran.

Kurang Tidur

Kurang tidur juga menjadi salah satu pantangan orang hamil yang harus Anda waspadai. Hal ini karena dapat mengakibatkan hipertensi.

Tidak cukup atau kurang tidur juga dapat mengakibatkan timbulnya diabetes gestasional atau diabetes kehamilan, preeklampsia, dan juga postpartum depression.

Untuk menyiasati kondisi kurang tidur, ada baiknya ibu hamil berolahraga secara rutin dan menetapkan jadwal tidur harian secara teratur. Menciptakan suasana kamar yang nyaman, serta berusaha mengelola stres juga sangat penting.

Mengonsumsi Kafein Secara Berlebihan

Mengonsumsi kafein yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu pantangan ibu hamil. Karena hal tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran, resiko bayi lahir prematur, serta berat badan lahir yang rendah.

Untuk Anda yang terbiasa minum kopi dan sekarang sedang hamil perlu membatasi minum kopi. Batas aman konsumsi kafein harian untuk ibu hamil tidak boleh lebih dari 200 mg, atau setara dengan 300 ml kopi instan.

Itulah beberapa kondisi yang menjadi pantangan orang hamil. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan pastikan untuk menjaga selalu kondisi kesehatan janin Anda. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img