Pantangan Usus Buntu dan Rekomendasi Makanan yang Penting

pantangan usus buntu
Ini dia pantangan usus buntu. Foto: Ist/Net

Pantangan usus buntu harus menjadi perhatian untuk mencegah kondisi semakin buruk. Menghindari jenis makanan yang terlarang juga akan membantu proses pengobatan agar lebih efektif. Karena itu penting mengenal apa saja larangan bagi penderita penyakit usus buntu.

Usus buntu sejatinya bukan merupakan sebuah penyakit. Organ ini merupakan kantong berbentuk mirip jari yang terdapat dalam bagian perut sebelah kanan. Namun ketika organ ini bermasalah, saat itulah ada sejumlah pantangan yang harus kita perhatikan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meringankan gejala ketika masalah usus buntu terjadi. Selain dengan mengonsumsi herbal atau obat, mencegah tentunya juga perlu kita lakukan.

Makanan Pantangan Usus Buntu

Usus buntu merupakan dari sistem pencernaan yang harus kita jaga kesehatannya. Jika Anda mengalami penyakit usus buntu, maka perlu menjauhi berbagai jenis makanan agar kondisinya tidak menjadi semakin parah.

Mengenai apa saja pantangan usus buntu yang harus Anda lakukan ketika terjadi gangguan ini terjadi, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasinya untuk Anda!

Baca Juga : Cara Mencegah Usus Buntu yang Mudah dan Alami

Makanan Tinggi Gula

Makanan yang menjadi pantangan yang pertama adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Jika tidak bisa menghindar, paling tidak mengurangi porsinya juga sangat penting.

Sebagai contoh beberapa jenis makanan dengan kadar gulanya tinggi antara lain seperti jelly, kue, permen, dan lainnya.

Penderita penyakit usus buntu jika mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi akan mengakibatkan diare. Terlebih untuk penderita yang telah menjalani operasi.

Oleh sebab itu, makanan memiliki kandungan gula tinggi menjadi salah satu jenis makanan yang wajib Anda hindari dan jauhi.

Makanan Pedas

Makanan pedas juga merupakan pantangan usus buntu yang harus Anda hindari. Karena bisa menyebabkan resiko terjadinya komplikasi pada bagian pencernaan. Perut terasa tidak nyaman, mual, hingga diare.

Baca Juga : Pencegahan Penyakit Usus Buntu untuk Mengurangi Resiko Terserang

Apabila penderita usus buntu pasca operasi mengonsumsi makanan pedas akan menimbulkan komplikasi pada bagian tubuh yang lain.

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan pedas apapun alasannya. Hal ini penting agar tidak mengalami berbagai masalah pada kesehatan usus Anda.

Minuman yang Mengandung Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol bisa bereaksi negatif jika bertemu dengan sisa pembiusan pada tubuh setelah operasi.

Terlebih alkohol memiliki cairan atau molekul yang bersifat keras. Sehingga minuman ini akan sangat penting untuk Anda jauhi.

Makanan Mengandung Lemak Tinggi

Pantangan usus buntu lainnya, terutama setelah melakukan operasi, adalah makanan yang mengandung lemak tinggi.

Baca Juga : Penyebab Infeksi Usus yang Kerap Terjadi Tapi Banyak yang Belum Tahu

Beberapa contoh jenis makanan dengan kandungan lemak tinggi yang harus Anda hindari seperti gorengan, makanan olahan, daging, keju, kue manis, coklat, dan susu.

Makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi akan sulit tercerna oleh tubuh. Karena itu, penderita cenderung mudah merasa lelah, bahkan mengalami gangguan organ pencernaan seperti diare.

Rekomendasi Makanan untuk Penderita Usus Buntu

Selain menghindari makanan yang menjadi pantangan, lantas seperti apa makanan yang menjadi anjuran untuk penderita usus buntu? Beberapa jenis makanan yang sebaiknya penderita usus buntu konsumsi seperti:

Makanan Kaya Nutrisi

Selain menjauhi pantangan usus buntu, penderita yang melakukan operasi sebaiknya mengonsumsi makanan dengan tekstur agak padat dari sebelumnya.

Pastikan juga jenis makanan yang Anda konsumsi mengandung banyak nutrisi, seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral di dalamnya.

Jika Anda tidak terlalu menyukai sayuran, maka pilihlah makanan seperti bubur, nasi tim atau nasi lunak.

Jika Anda ingin mengonsumsi daging, sayuran, dan jenis makanan lainnya dengan tekstur keras, maka Anda perlu mengolahnya terlebih dahulu sampai benar-benar lunak.

Kebutuhan nutrisi penting tubuh juga wajib Anda penuhi. Kecuali jika memang ada beberapa jenis makanan yang membuat alergi, maka perlu dihindari dan ganti dengan makanan lain yang tidak memicu alergi.

Makanan dengan Tekstur Halus

Setelah menjalani tindakan operasi usus buntu penting untuk Anda mulai mengonsumsi makanan bertekstur halus. Ini agar mudah tubuh mencerna, dan pilihlah jenis makanan yang tidak beresiko terhadap gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah.

Konsumsi Ramuan Kunyit

Menurut beberapa hasil riset, kunyit ternyata juga dapat membantu mendorong dan mempertahankan remisi pasien yang mengalami penyakit usus buntu.

Demikianlah pantangan usus buntu dan solusi makanan yang dapat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Tetap jaga kesehatan, makanlah makanan yang bergizi serta bernutrisi, dan jangan lupa untuk olahraga secara rutin. (R11/HR-Online)

Editor : Eva