Senin, Juni 27, 2022
BerandaBerita PangandaranPantau Lokasi Rawan Kejahatan, Pemdes di Pangandaran Pasang CCTV

Pantau Lokasi Rawan Kejahatan, Pemdes di Pangandaran Pasang CCTV

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pantau lokasi rawan kejahatan, Pemerintah Desa Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten Pangandaran, memasang CCTV pada satu tiang yang ada di sekitar jalan raya.

Menurut Kades Ciganjeng, Imang Wardiman, tujuan pemasangan CCTV di lokasi rawan kejahatan dan kecelakaan agar bisa mengetahui kronologis kejadian yang sesungguhnya. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Jika terjadi tindak kejahatan atau kecelakaan, kamera CCTV yang terpasang itu secara otomatis langsung merekamnya. Selain itu, aktivitas masyarakat Desa Ciganjeng, terutama yang ada di jalan utama dan di Pasar Ciganjeng juga bisa terpantau,” tuturnya, Kamis (23/09/2021).

Lebih lanjut Imang mengatakan, Selain bisa pantau lokasi rawan kejahatan, kamera pengintai tersebut akan memudahkan atau memonitor hal-hal yang tidak diharapkan.

Baca Juga : Sempat Kebanjiran, Petani di Ciganjeng Pangandaran Tetap Panen

Bahkan secara tidak langsung, pemerintah desa juga dapat memberikan kebutuhan bagi pihak yang berwajib, jika ada sesuatu hal yang terjadi.

“Ada lima titik lokasi rawan yang dipasang CCTV. Untuk sementara ini jangkauan dari kamera pengintai tersebut hanya berjarak sampai 100 meter. Kemudian kita juga bisa memantaunya melalui handphone,” kata Imang.

Terpisah, Uto, salah seorang pedagang yang berada tidak jauh dari lokasi pemasangan CCTV mengaku sangat mengapresiasi pihak Pemdes Ciganjeng. Karena pemdes telah memasang kamera pengintai di lokasi rawan kejahatan.

“Ya, ini sebuah kemajuan Desa Ciganjeng yang positif. Karena dengan adanya kamera CCTV, otomatis aktifitas warga dan arus lalu lintas bisa terpantau,” ujarnya.

Menurut Uto, pemasangan CCTV untuk kepentingan masyarakat umum, dan tentunya sangat positif. Mengingat lokasi tersebut sering terjadi pencurian maupun kecelakaan lalu lintas. Dengan adanya CCTV akan lebih mudah untuk memonitor. (Ntang/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -