Pembangunan Agrowisata Puncak Jalumarat Ciamis Terkendala Dana

Pembangunan Agrowisata Puncak Jalumarat Ciamis
Puncak Jalumarat, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat yang berpotensi menjadi agrowisata. Foto: Edji/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Pembangunan agrowisata Puncak Jalumarat, Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terkendala dana. 

Warga berharap Pemerintah Kabupaten Ciamis dapat membantu kelanjutan pembangunan agrowisata. Pasalnya kemampuan keuangan desa melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa masih terbatas.

Ihwan, warga Desa Dayeuhluhur mengatakan, Pemerintah Desa sedang mengembangkan agrowisata untuk mendongkrak Pendapatan Asli Desa (Pades) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Karenanya butuh dukungan Pemerintah Kabupaten. Terutama dalam pembangunan infrastruktur jalan menuju Puncak Jalumarat yang saat ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua,” katanya, Minggu (12/9/2021).

Puncak Jalumarat memiliki potensi apabila dikembangkan menjadi agrowisata. Namun memerlukan infrastruktur penunjang yang memadai seperti akses jalan.

“Dukungan dari Pemerintah Kabupaten sangat penting, terutama pada awal pengembangannya, sebab Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa sangat terbatas dan banyak diproyeksikan untuk sektor pembangunan lainnya,” katanya.

Ihwan, menambahkan, seandainya pembangunan agrowisata Puncak Jalumarat dapat segera terwujud selain dapat menjadi sektor wisata juga bisa menjadi andalan untuk membangkitkan ekonomi. 

“Kami berharap Pemkab bisa mendukung pengembangan agrowisata ini dengan membangun jalan dan infrastruktur lainnya agar akses menuju Puncak Jalumarat bisa dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)