spot_imgspot_img
BerandaBerita CiamisBerita BanjarsariPembangunan Drainase di Sidaharja Ciamis Disambut Hangat Warga

Pembangunan Drainase di Sidaharja Ciamis Disambut Hangat Warga

- Advertisement -

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Warga Dusun Kertasari, Desa Sidaharja, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, sambut hangat pembangunan drainase oleh pemdes setempat. Pasalnya, saluran air tersebut sudah lama mereka nantikan.

Madiun, salah seorang pemuda, mengatakan, pihaknya sangat bergembira karena keberadaan drainase tersebut bakal berdampak baik pada ekonomi masyarakat.

Ia menyebut ada dua fungsi drainase itu, yakni sebagai tempat pembuangan air ketika hujan deras yang bisa meminimalisir terjadinya banjir cileuncang.

“Sedangkan yang kedua bisa menunjang perairan untuk areal sawah ketika musim kemarau. Sehingga nantinya petani tidak kesulitan lagi karena dengan mudah melaksanakan pompanisasi,” ujarnya, Rabu (15/9/2021).

baca juga: Ikuti Tes, Peserta Seleksi Calon PPPK di Ciamis Dilarang Buka Masker

Muntapangiatun, anggota BPD Sidaharja, menyebut pembangunan drainase tersebut masyarakat sudah lama menantikannya.

“Ini salah satu prioritas perencanaan Pemdes yang tertuang dalam Musdes. Memang warga mengajukan usulan ini. Mudah-mudahan manfaatnya dapat masyarakat nikmati dengan adanya saluran ini,” katanya.

Kades Sidaharja, Haris Munandar, mengungkapkan, pembangunan drainase tersebut bersumber dari anggaran bantuan Provinsi Jabar tahun 2021.

Sementara itu, panjangnya mencapai 115 meter dengan anggaran sebesar Rp 72.250.000.

“Ini sudah lama kita rencanakan sesuai usulan masyarakat. Alhamdulillah bisa terealisasi. Semoga ke depan di Dusun Kertasari terbebas genangan air dan para petani semakin mudah dalam menggarap sawah, terutama saat kemarau,” pungkasnya. (Suherman/R6/HR-Online)

- Advertisement -
- Advertisement -

Stay Connected

16,985FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

- Advertisement -

Related News

- Advertisement -