Pemkab Ciamis Perjuangkan Pembangunan Jembatan Betmen

Pembangunan jembatan Betmen
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya. Foto: Ferry/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Jembatan Cirahong kini tertutup untuk akses kendaraan roda empat. Pemkab Ciamis kini berupaya untuk perjuangkan pembangunan Jembatan Betmen atau penghubung antara Benteng, Kabupaten Ciamis dan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan rencana pembangunan jembatan pengganti ini telah mendapat respon positif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Herdiat beberapa minggu yang lalu telah berkoordinasi dengan Pemprov Jawa Barat mengenai pembangunan Jembatan Betmen yang sudah sejak dulu menjadi wacana.

Dalam rencana pembangunannya, jembatan tersebut membutuhkan anggaran hingga Rp 600 miliar sampai tuntas. Anggaran tersebut tidak mungkin menggunakan APBD Ciamis.

“Alhamdulilah, ada respon positif dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Namun belum bisa memutuskan kapan progres pembangunan jembatan tersebut terlaksana,” tuturnya, Rabu (8/9/2021).

Herdiat mengatakan, akses utama dan terdekat menuju Manonjaya dari kabupaten Ciamis saat ini hanya bisa melewati Jembatan Cirahong. Namun, sekarang ada penutupan akses dan hanya boleh untuk roda dua serta pejalan kaki saja.

“Jembatan Cirahong ditutup untuk roda empat otomatis roda perekonomiannya terhambat baik dari Ciamis maupun Tasikmalaya,” tuturnya.

Herdiat menambahkan, pembangunan Jembatan Betmen nantinya akan menjadi akses alternatif kedua daerah tersebut. Sehingga, roda perekonomian bagi masyarakat disekitar jembatan tersebut bisa timbul.

“Mudah-mudahan saja Pemerintah Provinsi Jawa Barat bisa segera menindaklanjutinya. Agar geliat perekonomian bisa meningkat,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang