Senin, Oktober 18, 2021
BerandaBerita CiamisPemkab Ciamis Terima 2 Unit Smart Drop Box, Pertama di Indonesia

Pemkab Ciamis Terima 2 Unit Smart Drop Box, Pertama di Indonesia

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Kabupaten Ciamis menerima bantuan inovasi dua unit mesin Smart Drop Box Smash dari Mahasiswa Telkom Bandung, Sabtu (18/9/2021) di Aula Setda Ciamis. Mesin Drop Box ini adalah yang pertama kalinya di Indonesia.

Chief Marketing Officer Smash Yabes Cobriantoro Nangoi menjelaskan mesin kotak sampah pintar ini bisa membayar tunai melalui aplikasi. Buang sampah botol plastik bisa langsung jadi uang.

Jika ingin menggunakan mesin ini dan mendapatkan uang, maka harus menginstal aplikasi My Smash terlebih dahulu pada Google Play Store.

“Kemudian nanti mendaftar dan registrasi. setelah itu pada aplikasi My Smash juga ada berbagai fitur pilihan dari mulai harga sampah berbagai bentuk plastik dan lain-lain,” jelasnya.

Cara penggunaanya, nanti pengguna aplikasi My Smash bisa memasukan sampah botol minuman ke Smart Drop Box. Namun terlebih dahulu, pilih scan barcode yang ada pada sampah botol plastik tersebut di aplikasi.

Setelah itu, masukan lalu tunggu tiga detik. Kemudian sampah yang dimasukan ke Drop Box otomatis akan menjadi uang dan masuk ke saldo di aplikasi My Smash.

“Satu botolnya Rp 50 per botol. Itu juga sampah botol plastik yang ada barcode, kalau yang tidak ada sementara tidak bisa,” ucapnya.

Menurutnya, ini pertama kalinya di Indonesia launching Smart Drop Box di Kabupaten Ciamis. Ini berdasarkan pilihan dari Pemprov Jabar.

“Saya rasa dan nilai, Ciamis ini masyarakatnya peduli sekali terhadap lingkungan. Jadi kemunginan karena itu Ciamis yang pertama kalinya mendapatkan mesin Drop Box ini,” tuturnya.

Baru Ciamis yang Punya Smart Drop Box

Sementara itu, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, Drop Box itu merupakan bantuan inovasi dari mahasiswa Telkom Bandung. Menciptakan mesin dan bisa secara langsung menghasilkan uang setelah memasukan sampah botol plastik.

“Ini sangat membantu sekali bagi kami, dan inovasi mahasiswa Telkom Bandung yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kabupaten Ciamis,” katanya.

Menurutnya, ini pertama kalinya di Indonesia launching di Kabupaten Ciamis. Baru Ciamis yang punya mesin Drop Box ini.

“Sementara baru ada dua mesin, jadi kemungkinan akan kami simpan pada Bank Sampah Ciamis, dan Bank Sampah Induk Al Huda Rancah. Kita juga akan tambah lagi mesinnya supaya bisa mempermudah masyarakat. kalau bisa kita upayakan setiap Bank Sampah ada mesin Smart Drop Box ini,” pungkasnya. (Ferry/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -

Berita Terbaru

spot_img