Pemprov Jabar Akan Biayai Pendidikan Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Anak yatim piatu
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar dan pemerintah daerah akan dampingi serta membantu biaya pendidikan anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyampaikan hal tersebut setelah melakukan rapat komite penanganan Covid-19 Jawa Barat, Jumat (3/9/2021).

“Anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal saat terkonfirmasi positif Covid-19 akan kita urus terutama pendidikannya, minimal sampai SMK/SMA,” ujarnya.

Ridwan Kamil menjelaskan pada dasarnya sekolah di Jawa Barat gratis untuk biaya operasional dan SPP. Dari mulai tingkat SD dan SMP yang kewenangannya daerah kabupaten Kota, sampai SMA oleh Provinsi.

“Jadi kita akan rumuskan untuk kesehariannya selain biaya gratis SPP, atau biaya satuan pendidikan yang tidak gratis,” ungkapnya.

Ridwan Kamil pun menyatakan banyak perusahaan maupun masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam memberikan bantuan, termasuk menyantuni anak korban Corona. Pemprov Jabar pun terbuka untuk bantuan yang saat ini dalam perumusan mekanismenya.

“Kami sedang rumuskan, selain dari pemerintah yang menjamin pendidikan dan sosialnya ada banyak pihak yang ingin juga membantu,” ucapnya.

Berdasarkan data sementara dari Dinas Sosial Jabar, tercatat ada 5.642 anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. Agar tidak ada yang terlewat, pemerintah pun terus memverifikasi data tersebut. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang