Dari Hobi, Pemuda di Ciamis Ini Sukses Jualan Miniatur Pesawat Terbang

Pemuda di Ciamis Ini Sukses Jualan Miniatur Pesawat Terbang
Miniatur pesawat terbang buatan Arul, pemuda asal Desa/Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto : Feri Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Seorang pemuda asal Desa/Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Arul Ismail (21), sukses menjadi perajin miniatur pesawat terbang.

Arul menuturkan, membuat miniatur pesawat adalah hobinya. Kemudian, mulai memproduksi miniatur tersebut dari awal tahun 2021, atau sejak ia berhenti kuliah karena hanya belajar daring.

Karena banyak waktu senggang, ia pun mencoba buat miniatur pesawat terbang. Lalu, Arul mempostingnya ke akun media sosial miliknya.

“Saya buat pertama itu dari bahan baku pipa bekas dan kayu. Setelah jadi miniatur pesawat langsung diposting. Ehh, malah ada yang tanya-tanya berapa harganya, dan juga minta pesan,” tuturnya kepada HR Online, Minggu (12/9/2021).

Pesanan Miniatur Pesawat Terbang dari Lokal Sampai Luar Ciamis

Lebih lanjut Arul menambahkan, setelah ada yang pesan, maka ia langsung fokus untuk membuat miniatur tersebut.

Bahkan setiap bulannya, ada terus yang pesan miniatur pesawat buatannya itu dari beberapa daerah, baik lokal Ciamis maupun luar Ciamis.

“Alhamdulillah ada aja yang pesan,” ucapnya.

Sementara untuk bahan baku pembuatan miniatur pesawat terbang, Arul mengatakan, kalau dulu bahan bakunya hanya menggunakan limbah pipa bekas. Namun untuk sekarang, ia beli sendiri bahan bakunya, karena untuk menutupi banyaknya pesanan.

Sedangkan untuk modal membeli bahan baku tersebut, Arul mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah. Bahkan menurutnya sudah dua tahapan. Tahap pertama dapat bantuan sebesar Rp 2,4 juta dan tahap kedua Rp 1,2 juta.

“Saya langsung belikan peralatan seperti mesin bor, gerinda, pipa dan bahan baku lainya,” katanya.

Harga Miniatur Pesawat Terbang Buatan Pemuda Asal Ciamis

Arul mengaku, bahwa ia hanya belajar secara otodidak dari internet tentang tata cara membuat miniatur pesawat.

Akan tetapi, dengan keseriusan dan kegigihannya, Arul pun mampu menciptakan miniatur pesawat dari berbagai maskapai penerbangan, baik dari Indonesia maupun luar negeri.

Kemudian, hasil karya pesawat miniatur buatannya ini, ia patok dengan harga Rp 120 ribu itu untuk ukuran panjang 30 centimeter. Sedangkan untuk ukuran 40 centimeter harganya Rp 150 ribu.

“Saya biasa menjualnya di sosial media dan e-commerce. Dan alhamdulilah ada aja yang pesan. Bahkan, sebulan bisa 10 sampai 11 pesanan dari berbagai ukuran,” terangnya.

Arul mengajak kepada kaum milenial, agar terus berkarya jangan sampai putus asa meskipun saat ini pandemi. Karena, dari mulai hobi bisa menghasilkan uang jika mengerjakannya dengan sungguh-sungguh.

“Saya juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Ciamis, agar kedepannya ada bantuan bagi perajin UMKM, agar usahanya bisa berkembang,” harapnya. (Ferry/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto